twitter

Pages

Jumat, 15 September 2017

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester III Diajarkan Teknik Meracik Kopi dan Buat Mocktail



Belajar Teknik Meracik Kopi Bersama Yoseph Agung Priyo Widodo

 12 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Diajarkan Teknik Meracik Kopi di Minibar Kampus

MEMASUKI perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik (TA) 2017/2018, 12 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III dikenalkan teknik meracik kopi dan membuat mocktail yang diasuh oleh Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Bar I di Minibar Kampus Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Kamis (14/07/2017) siang.


12 mahasiswa yang hadir pada saat itu adalah Hanna Sasmitha, Amanda Citra, Eva Titania, Elmy Herdian, Dhesy Hanifah, Nikko Rikky, A. Agus Triawan, Putra Wahyu, John Jesaya, Risfan, M. Dicky Hardiawan dan Veby Anastasia.
 
Menurut Yoseph Agung, pembelajaran mata kuliah Bar I kali ini lebih menitikberatkan pada praktik langsung dengan komposisi 30 persen pengenalan teorinya di kelas dan 70 persennya lagi dimanfaatkan untuk praktik. 

Bahkan penjelasan pengetahuan dasar seputar sisik melik mata kuliah Bar I juga disinggung kembali saat dosen mendampingi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III praktik di Minibar Kampus.

Oleh Yoseph Agung, mereka langsung dikenalkan sejumlah peralatan untuk meracik kopi di Minibar Kampus, seperti coffee syphon, coffee pressure, long bar spoon, tea spoon, jigger (ukuran 0,5 oz; 1,0 oz setara 30 ml dan 1,5 oz), cup (cangkir), tumbler glass, shacker, condiment, simple syrup, wrap plastic, stove (kompor gas), gelas ukur dan timbangan digital.

Selain itu, demi memudahkan proses pembelajaran, bahan-bahan untuk mendukung kegiatan pengenalan teknik meracik kopi dan membuat minuman ringan non alkohol (mocktail) juga telah disiapkan lebih dulu. Bahan yang disiapkan antara lain bubuk kopi robusta, fresh milk (susu segar), grenadine, soda, simple syrup (gula cair).

Pada praktik meracik kopi, mahasiswa antara lain dikenalkan hot coffee yang meliputi regular coffee, espresso coffee, cappuccino (mixing regular coffee with fresh milk) dan coffee late (mixing espresso coffee with fresh milk).

Selain diajarkan teknik meracik kopi, mahasiswa juga dikenalkan cara membuat minuman non alkohol (mocktail) seperti fruit punch, Shirley temple, virgin pinacolada, pink smooties, virgin strawberry daiquiri dan cocktail mint lime juice (jeruk nipis). 

Sesuai panduan Buku Ajar (Silabus) Bar I yang sudah dibagikan kepada mahasiswa, pengenalan teknik meracik kopi dan membuat mocktail dijalani dalam 16 kali tatap muka dengan dosen pembimbing, terhitung sejak Senin (04/09/2017) lalu hingga Desember 2017 mendatang. 

Pembelajaran praktik meracik minuman kali ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa ketika diajarkan teknik meracik minuman, aneka coffee dan mocktail sesuai panduan buku ajar mata kuliah Bar I yang telah diterangkan oleh dosen di ruang kelas.

Praktik meracik minuman ini juga bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam praktik meracik minuman tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) yang diaplikasikan di industri perhotelan. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar