twitter

Pages

Kamis, 28 September 2017

Mahasiswa Culinary Class Triwulan III Diuji Buat Kreasi Makanan Vegetarian Seafood



Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary Tristar Institute Kaliwaron

Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Triwulan III Diuji Buat Kreasi Masakan Bertema Vegetarian Seafood

UJIAN praktik masak di Dapur Culinary Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, hari kedua dihelat pada Selasa (26/09/2017) pagi. Pesertanya empat mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Triwulan III. Tema ujian praktik masak kali ini mengusung tema Vegetarian Seafood.

Empat mahasiswa Culinary Class yang menjadi peserta ujian masak membuat kreasi makanan vegetarian seafood adalah Maria Elena Morales Lat, Rani July Andira, Memet Widyawati dan Satria Yudhistira Adiputra. Khusus Satria baru maju ujian praktik masak pada Selasa (10/10/2017) mendatang karena yang bersangkutan masih sakit.

Sebelum maju ujian, setiap peserta ujian dibekali uang belanja dari pihak Akademik @ Rp 60 ribu. Dengan modal belanja hanya sebesar itu, maka setiap peserta ujian harus pandai membelanjakan bahan untuk masak vegetarian seafood.

Salah satu solusinya adalah mengumpulkan uang belanja itu jadi satu (totalnya sebesar Rp 180 ribuan), kemudian dibelanjakan bersama. Usai belanja bahan-bahan memasak kemudian di-share kembali sesuai tema masakan yang akan dibuat masing-masing peserta ujian di Dapur Culinary Tristar Institute Kaliwaron.

”Setiap peserta ujian juga kami minta membuat semacam proposal yang isinya antara lain menu masakan catering yang akan diolah di dapur, bahannya meliputi apa saja, cara memasaknya bagaimana hingga perhitungan biayanya (costing),“ terang chef Jojo, sapaan akrab Mario Alvin, Dosen Pastry Tristar Institute Kaliwaron kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Sesuai proposal yang dibuat setiap peserta uji8an berupaya membuat masakan vegetarian seafood seistimewa mungkin demi mendapatkan nilai terbaik. Peserta 1, Maria Elena membuat menu vegetarian yang berjudul Fish Teriyaki Sauce.

Selanjutnya, Peserta 2, Rani July menyiapkan masakan vegetarian andalannya yakni Ikan Vegan Lapis Nori dengan Sambal Mangga, sedangjan Peserta 3, Memet Widiawati yang akrab disapa Widiawati, antusias membikin kreasi makanan vegetarian yang bernama Kerapu Asam Manis.

Mengingat kreasi masakan yang dibuat oleh mahasiswa Culinary Class Triwulan III ini merupakan makanan vegetarian seafood, maka ada salah satu peserta, yakni Maria Elena, lebih dulu membuat gluten sebagai pengganti daging ikan, pada H-3 sebelum ujian. Untuk membuat gluten bahannya merupakan campuran dari tepung terigu, telur dan air.

Sedangkan dua peserta ujian yang lain –Widiawati dan Rani-- memanfaatkan tahu dan kembang tahu sebagai pengganti daging ikan. Olahan tahu dan kembang tahu dikreasi dengan nori untuk membuat Kerapu Asam Manis dan Ikan Vegan Lapis Nori dengan Sambal Mangga di Dapur Culinary Tristar Institute Kaliwaron.

Berbeda dengan mahasiswa Culinary Class Triwulan I dan II, ujian praktik masak bagi mahasiswa Culinary Class Triwulan III sifatnya individual bukan kelompokan dan waktunya pun dibatasi, hanya berdurasi sekitar 1,5 jam (mulai pukul 09.00-10.30).

Dengan waktu masak hanya 1,5 jam, maka setiap peserta ujian harus pandai me-manage waktu sejak persiapan bahan, mengolahnya di dapur hingga mem-plating masakan tersebut untuk selanjutnya dinilai oleh tim juri. Sedangkan mahasiswa Culinary Class Triwulan I dan II waktu ujian pada hari pertama, Senin (25/09/2017), bisa sampai tiga jam.

Masing-masing peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Trully Nugroho S.Pd., Novi Kumalasari STP dan Helmy Widyantara M.Kom., M.Eng.

”Penilaian tim juri meliputi aspek tampilan, tekstur, service dan cita rasa. Kriteria penilaian ini mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) di industri perhotelan. Oleh tim juri, setiap kelompok diminta presentasi dan menyajikan makanan tersebut di hadapan tim juri,” kata chef Jojo, sapaan akrab Mario Alvin.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar