twitter

Pages

Jumat, 29 September 2017

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan I dan II Diuji Buat Kreasi Makanan Catering



Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary Lantai 3 Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan I dan II, Diuji Buat Aneka Kreasi Makanan Catering  

PEKAN terakhir bulan September 2017, tepatnya pada Senin-Rabu (25-27/09//2017), mahasiswa Culinary Class Triwulan I dan II baik Kelas Pagi maupun Kelas Siang yang diasuh chef Ari Purwantoro, chef Yanuar Kadaryanto dan chef Masario W. Saputra, mengikuti ujian praktik masak yang mengusung tema Menu Makanan Catering di Dapur Culinary 1, 2 dan 3, Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Ujian praktik masak  mahasiswa Culinary Class Triwulan I Kelas Pagi dan Kelas Siang dibagi beberapa kelompok, masing-masing beranggotakan 3-4 orang per kelompoknya. Mereka all out membuat sajian menu makanan catering (main course).

Pihak Akademik menyediakan semua bahan untuk praktik masak membuat kreasi menu makanan catering. Fasilitas ini hanya diberikan kepada mahasiswa Culinary Class Triwulan I Kelas Pagi dan Kelas Siang, baik yang diasuh chef Ari Purwantoro dan chef Yanuar Kadaryanto.

Namun bagi mahasiswa Culinary Class yang tidak bisa hadir sesuai jadwal ujian yang ditetapkan dosen pembimbing, mereka bisa mengikuti ujian susulan pada hari ketiga (Rabu, 27/09/2017) atau keempat (Kamis, 28/09/2017) dengan biaya pengadaan bahan masak-memasak ditanggung sendiri oleh mahasiswa.

”Dalam ujian susulan itu mahasiswa diminta membuat satu resep masakan saja dengan tetap mengusung tema menu makanan catering,” kata chef Yanuar kepada kru www.culinarynews.info, di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Graha Tristar, Rabu (27/09/2017).

Chef Yanuar pun mencontohkan Putri Nanda Sari. Mahasiswa Culinary Class Triwulan I Kelas Pagi ini harus melakoni ujian susulan sendiri karena pada hari H ujian praktik tepatnya pada hari Senin (25/09/2017), gadis berhijab ini tidak bisa hadir karena sakit. Pada ujian susulan tersebut, Putri tampil all out saat memasak Semur Ayam dan Nasi Putih di Dapur Culinary 3, Lantai 3, Gedung Graha Tristar.

”Sebetulnya Putri Nanda Sari merupakan anggota Kelompok 2 bersama dua rekannya, Defries H. Yudhanto dan Chaterina Eka Chandra yang membuat Nasi Ubi Ungu dan Bandeng Bumbu Kuning. Saya mencatat bahwa kreasi makanan yang dibuat Kelompok 2 berhasil meraih nilai tertinggi, yakni nilai rata-ratanya 82,2,” kata chef Yanuar di ruang kerjanya, kemarin.

Sementara itu, Viola Regita dan Budiarti Wilujeng Putri Rahayu, dua mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan II Kelas Pagi yang diasuh chef Ari tampil secara individual pada ujian praktik hari ketiga (Rabu, 27/09/2017) di Dapur Culinary 1, Lantai 3, Gedung Graha Tristar.

Untuk mahasiswa Culinary Class Triwulan II Kelas Pagi dan Siang yang menjadi peserta ujian masak, mendapat subsidi @ Rp 50 ribuan per orang untuk belanja bahan memasak, karena pihak Akademik tidak menyediakan bahan masak memasak seperti halnya mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Triwulan I Kelas Pagi dan Kelas Siang.

Dalam ujian praktik masak hari terakhir itu, Viola berupaya tampil all out saat memasak Paru Goreng Lengkuas, Balado Buncis Udang dan Nasi Liwet, sedangkan Ayu sapaan akrab Budiarti Wilujeng Putri Rahayu antusias membuat Kakap Dabu-Dabu, Stire Fry Cassava (Oseng-oseng Daun Singkong) dan Nasi Putih.

Ujian praktik masak di Dapur Culinary 1 maupun Dapur Culinary 3 dimulai pukul 08.30-10.00 atau peserta ujian hanya diberi waktu 1,5 jam, sejak persiapan memilih bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja untuk dinilai oleh tim juri.

Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai oleh tim juri dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan. Tim juri itu terdiri dari chef Nadya Ratri, chef Ari Purwantoro, chef Yanuar Kadaryanto dan chef Masario W. Saputra.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar