twitter

Pages

Jumat, 15 September 2017

Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Semester I Dikenalkan General Cleaning oleh R Paulus W. Soetrisno M.Par.


Terobosan Baru pada Semester Gasal Tahun Akademik 2017/2018

 18 Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I Dikenalkan ’General Cleaning’ di Hotel

MEMASUKI perkuliahan Semester Gasal Tahun Akademik (TA) 2017/2018, 18 orang mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I, dikenalkan pengetahuan tentang general cleaning di hotel oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Mata Kuliah Housekeeping  pada Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.

Untuk mengaplikasikan pengetahuan seputar general cleaning, setiap pagi hari –antara pukul 07.30-09.00 WIB—atau setiap Senin-Jumat per pekannya, mereka praktik general cleaning sesuai job desk-nya masing-masing. 

Sesuai arahan dari dosen pembimbing, 18 mahasiswa tersebut dibagi dalam delapan kelompok kerja, masing-masing kelompok beranggotakan 2-3 orang. Kelompok 1 yang beranggotakan Adinda, Aji dan Wahyu ditugaskan menata kamar hotel (room) di Lantai 4 Gedung Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Kelompok 2 yang personelnya terdiri dari Fajar, Selly dan Ruly mendapat tugas membersihkan lobi dan toilet luar di Lantai 4, sedangkan anggota Kelompok 3 yang meliputi Daniella dan Robert ditugaskan bersih-bersih front office (FO) di Lantai 4.

Sementara itu, anggota Kelompok 4 yang terdiri atas Benny dan Ferry kebagian tugas untuk menata meja dan kelengkapan table manner seperti aneka jenis sendok, pisau roti, gelas, serbet (napkin), vas bunga, taplak meja (F& B Service), sedangkan Dian dan Daniel, personel Kelompok 5 mendapat tugas dosen untuk membersihkan area minibar (Barista).

Selanjutnya, Kelompok 6 yang anggotanya terdiri dari Andro dan Zainul ditugaskan untuk membersihkan toilet kamar hotel, sedangkan anggota Kelompok 7 yakni Donny dan Kamal kebagian pekerjaan untuk membersihkan dan menata ruang kelas (class room) dan Kelompok 8 yang terdiri dari Ical dan Oddy dipercaya dosen menjadi Supervisor (SPV)-nya.

”Penugasan dosen kepada mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I untuk mempraktikkan general cleaning ini merupakan terobosan baru bagi mahasiswa, demi mengimplementasikan sistem pembelajaran 70 persen praktik dan 30 persen teori di kelas mulai TA 2017/2018,” kata Paulus W. Soetrisno kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Kamis (14/09/2017) siang.

Sebelum praktik general cleaning, pihaknya lebih dulu mengenalkan peralatan yang biasa dipakai housekeeper ketika membersihan kamar hotel, bahan kimia (chemical) dan cara mengaplikasikan alat-alat tersebut.

”Untuk lebih mantap, penjelasan ini kami sampaikan langsung di hadapan mahasiswa saat mereka praktik sesuai job desk-nya masing-masing. Tampaknya cara seperti ini lebih mudah dipahami mahasiswa daripada di-jlentreh-kan di depan kelas yang ujung-ujungnya mereka malah bosan. Dan job desk itu rencananya juga kami rolling setiap pekan,” terang R Paulus W. Soetrisno, yang sehari-hari juga menjabat Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit.

Sebelumnya, Paulus juga menghadirkan anak didiknya, R Nadhif Febrian Yudhistira, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester V, yang kini direkrut oleh pihak manajemen Hotel Premier Inn Juanda sebagai Daily Worker (Pekerja Harian) dengan jabatan Receiving & Storekeeper (Quality Control), untuk testimony di hadapan mahasiswa baru, Rabu (13/09/2017) pagi.

Selain R Nadhif Febrian Yudhistira, masih ada tiga rekannya yang juga sedang mengikuti program magang kerja di hotel atau melaksanakan On the Job Training (OJT) selama enam bulan di Hotel Premier Inn Juanda sejak empat bulan lalu dan OJT itu diperkirakan baru rampung pada akhir November atau awal Desember 2017 mendatang.

Dengan terobosan baru tersebut, pihaknya menaruh harapan agar mahasiswa lebih tahan banting dan kuat mentalnya dalam menghadapi ketatnya dunia industri khususnya industri pariwisata dan perhotelan.

Selain itu, pada saat sesi teori di ruang kelas, mahasiswa dapat menganalisis sesuai bahasa mereka sendiri. Dengan demikian, mereka sudah bisa menentukan departemen mana yang ingin digeluti demi kariernya di masa mendatang (tentunya setelah mereka lulus kuliah).

”Dengan demikian kami optimistis jika lulusan D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit tidak  lagi canggung untuk bekerja dan berkarier di industri jasa perhotelan sekalipun tingkat persaingannya sangat ketat,” pungkasnya. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar