twitter

Pages

Rabu, 13 September 2017

Mahasiswa Advanced Culinary Class Belajar Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma di Minibar Kampus



Belajar Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma 

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Racik Minuman dengan Sentuhan Molecular Mixologist

PADA perkuliahan Triwulan II Tahun Akademik (TA) 2017/2018, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), kembali memperoleh pembelajaran seputar sisik melik Molecular Mixologist dari Donny Kuzuma, di Minibar Kampus Akpar Majapahit, Lantai 4, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sesuai jadwal perkuliahan Advanced Culinary Class, pada tatap muka Senin (11/09//2017) dan Selasa (12/09/2017), lima mahasiswa Advanced Culinary Class, yakni Steven Yumato, Yosef Yakup Ester Wijaya, Ryan Riffanny Sukma, Timotius Rinaldo Sanusi dan Rionaldy Rizal Widyantono dibekali pengetahuan seputar sisik melik tentang Molecular Mixologist.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (11/09/2017) pagi, mahasiswa dikenalkan tentang Molecular Mixologist yang kali ini mengangkat tema Indonesian Heritage, perbedaan antara mixologist dengan bartender, teknik dasar dan pengembangannya, cara membuat produk sendiri (home made) mulai bir, soda, sirup, pure, bitter, tincture dan spirit.

”Selain itu, mahasiswa juga kami bekali bagaimana memahami kualitas minuman, teknik meng-garnish dan membuat dekorasi yang baik. Pasalnya, penampilan yang bagus ketika minuman tersebut disajikan kepada tamu merupakan sebuah keniscayaan dan memainkan peranan penting,” kata Donny Kuzuma, Dosen Luar Biasa Molecular Mixologist Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (13/09/2017) siang.

Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Selasa (12/09/2017) pagi, Donny sapaan akrab Donny Kuzuma, menerangkan seputar pemanfaatan es dalam praktik meracik minuman di bar, a step to heaven, konsep minuman, cocktail klasik, garnish dan dekorasi, cerita dan pesan, presentasi di depan publik dan dilanjutkan dengan praktik di Minibar Kampus.

”Pada praktik kali ini, kami menekankan cara membuat minuman dengan menggunakan bahan sesuai musim, tips dan trik membuat kreasi minuman baru, mengangkat tema Indonesian heritage, garnish dan dekorasi serta kiat sukses saat presentasi di depan publik,” ujar Donny yang sehari-hari menjadi Manager K-Bar di Jl. Kartini 12 Surabaya.

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga dan keempat, Rabu (13/09/2017) dan Kamis (14/09/2017), pihaknya berbagi pengalaman dengan mahasiswa bagaimana meracik sedikitnya delapan jenis minuman (cocktail) dengan sentuhan Molecular Mixologist di Minibar Kampus.

Pada pertemuan hari ketiga, Rabu (13/09/2017) pagi, setiap mahasiswa tampil untuk meracik satu jenis minuman dengan di dampingi dosen pembimbing. Ryan kebagian membuat Coconut Strawberry Daiquiry, Rionaldy diminta meracik Whisky Sour, sedangkan Yosef ditugasi membuat Godfather dan Steven menyiapkan Beras Kencur (Indonesian Heritage) dengan teknik Molecular Mixologist.

Sementara itu pada tatap muka hari keempat, Kamis (14/09/2017) pagi, mahasiswa Advanced Culinary Class kembali dibekali ketrampilan meracik empat jenis minuman oleh Donny Kuzuma, sebelum mereka diuji membuat kreasi minuman sendiri dengan teknik Molecular Mixologist pada Jumat (15/09/2017).

”Pada ujian praktik nanti, mahasiswa Advanced Culinary Class diminta membuat kreasi minuman baru berdasarkan pengembangan dari cocktail klasik (minuman beralkohol) yang sudah dijelaskan pada pokok bahasan ke-10 berikut cerita dan inspirasi kenapa minuman itu Anda buat,” terangnya.

Oleh karena itu, melalui mata kuliah Molecular Mixologist ini, pihaknya kembali mengajak mahasiswa untuk belajar memadukan ilmu Fisika dan Kimia minuman sehingga terciptalah aneka kreasi minuman dengan tampilan dan citarasa yang berbeda daripada teknik meracik minuman  secara klasik (konvensional).

Untuk informasi lebih lanjut seputar program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar