twitter

Pages

Sabtu, 16 September 2017

Mahasiswa Advanced Culinary Class Buat Beras Kencur Squash, Maitai, Liquid Tawa dan Whisky Sour di Minibar Kampus



Praktik Molecular Mixologist Bersama Donny Kuzuma 

Mahasiswa Advanced Culinary Class Belajar Buat Beras Kencur Squash, Maitai, Liquid Tawa dan Whisky Sour 

SEBELUM diuji membuat kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist pada Jumat (15/09/2017) pagi, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class),  diajarkan membuat tiga kreasi minuman Beras Kencur Squash, Maitai (minuman dari Hawaii) dan Liquid Tawa. Selain itu, juga dihelat demo meracik Whisky Sour bersama Donny Kuzuma, Dosen Molecular Mixologist Akpar Majapahit.

Praktik meracik minuman dengan teknik Molecular Mixologist itu dihelat di Minibar Kampus Akpar Majapahit, Lantai 4, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. Tatap muka hari keempat, Kamis (15/09/2017) pagi, dihadiri lima mahasiswa Advanced Culinary Class yakni Steven Yumato, Yosef Yakup Ester Wijaya, Ryan Riffanny Sukma, Timotius Rinaldo Sanusi dan Rionaldy Rizal Widyantono.

Dengan demikian pada tatap muka hari ketiga dan keempat, Rabu (13/09/2017) dan Kamis (14/09/2017), pihaknya berbagi pengalaman dengan mahasiswa bagaimana meracik sedikitnya tujuh jenis minuman (cocktail) dan satu lagi demo membuat cocktail (minuman beralkohol) Whisky Sour dengan sentuhan Molecular Mixologist di Minibar Kampus.

Pada pertemuan hari keempat, Kamis (15/09/2017) pagi, Ryan Riffany Sukma yang akrab disapa Ryan, diminta untuk tampil membuat Beras Kencur Squash (termasuk kelompok mocktail) dengan teknik Molecular Mixologist sesuai arahan dari dosen pembimbing.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Beras Kecur Squash adalah beras, ginger (jahe), kencur, kunyit, gula merah, daun pandan, lime juice (jeruk nipis), soda, ice cube. Untuk meng-garnish dan dekorasi agar tampilannya menarik, digunakan irisan jeruk nipis, daun pandan dan kelopak bunga mawar.

Giliran Timotius Rinaldo Sanusi, yang biasa dipanggil Timo, kebagian tugas membuat Maitai (minuman khas dari Hawaii). Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Maitai (termasuk kelompok cocktail) antara lain amaretto, brandy, lime juice (jeruk nipis), curacao, grenadine, bunga rosella (memberi warna merah) dan ice cube.

Menurut Donny Kuzuma, Maitai yang diracik mahasiswa Advanced Culinary Class di Minibar Kampus Akpar Majapahit bukan yang orisinil berupa minuman khas dari Hawaii, melainkan hasil pengembangan dengan sentuhan Molecular Mixologist.

Setelah Timotius, selanjutnya yang diberi tugas dosen untuk membuat Liquid Tawa –makanan yang bahannya dari biji kedelai diubah menjadi jenis minuman beralkohol (cocktail)--  dengan teknik Molecular Mixologist adalah Steven Yumato.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Liquid Tawa antara lain biji kedelai direbus untuk diambil saripatinya (bukan berupa kembang tahu yang dibuat dari saripati kedelai + agar-agar), ginger (jahe), gula merah, lemon grass (daun sereh), daun pandan, bunga rosella dan butiran coklat (untuk garnish dan dekorasi), brandy serta ice cube.

Setelah ketiga mahasiswa Advanced Culinary Class tampil all out membuat tiga kreasi minuman dengan sentuhan Molecular Mixologist, sekarang giliran Donny Kuzuma yang tampil untuk mendemonstrasikan cara membuat Whisky Sour, seperti yang dipraktikkan di K-Bar tempatnya bekerja.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Whisky Sour adalah whisky, rosella tea, lime juice, ice cube, pandan leaf (daun pandan). Bunga rosella direbus, diambil saripatinya kemudian diinjeksi dengan CO2 dalam alat yang disebut soda syphon. Sedangkan bahan-bahan yang lain dimasukkan shaker kemudian dikocok sampai rata.

Setelah di-shake beberapa menit, isinya lalu dituangkan ke dalam gelas, kemudian ditambahkan saripati rosella yang telah di-treatment dengan CO2  + ice cube. Sebelum minuman disajikan di-garnish dan dekorasi lebih dulu dengan daun pandan agar penampilannya semakin menarik.

Sebelumnya, pada pertemuan hari ketiga, Rabu (13/09/2017) pagi, Ryan kebagian membuat Coconut Strawberry Daiquiry, Rionaldy diminta meracik Whisky Sour, sedangkan Yosef ditugasi membuat Godfather dan Steven menyiapkan Beras Kencur (Indonesian Heritage) dengan teknik Molecular Mixologist.

Untuk informasi lebih lanjut seputar program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar