twitter

Pages

Jumat, 08 September 2017

Laporan BAP Hasil Visitasi Tim Asesor di Politeknik Surabaya Divalidasi Dulu di BAN-PT



Dari Visitasi Tim Asesor BAN-PT di Kampus Politeknik Surabaya

Sebelum Sertifikat Akreditasi Institusi Turun, BAP Hasil Visitasi Tim Asesor di Politeknik Surabaya Dharma Bakti Divalidasi Lebih Dulu di BAN-PT


BERKAS Laporan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dari hasil visitasi tim asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Kampus Politeknik Surabaya Dharma Bakti Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Kamis (07/09/2017), akan divalidasi lebih lanjut di Kantor BAN-PT Jakarta sebelum diplenokan.


Proses validasi berkas laporan BAP hasil  visitasi tim asesor BAN-PT tersebut melalui beberapa kali sidang pleno untuk dinilai dari berbagai aspek, sebelum hasil penilaian itu diumumkan (di-up load) melalui website resmi BAN-PT.

”Proses validasi tersebut memakan waktu sekitar 2-3 bulanan. Jika hasil penilaian itu sudah di-up load di website resmi BAN-PT, utusan dari Politeknik Surabaya Dharma Bakti bisa mengambil Sertifikat Akreditasi Institusi itu di Kantor BAN-PT Jakarta,” kata Dewi Ratnasari Si.Kom., Sekretaris BAN-PT menjawab kru www.culinarynews.info di sela acara visitasi tim asesor BAN-PT dalam rangka akreditasi institusi Politeknik Surabaya Dharma Bakti, Kamis (07/09/2017) sore.

Berkas laporan BAP dari hasil visitasi asesor BAN-PT sebelum dibawa ke Jakarta oleh Sekretaris BAN-PT, secara simbolis diserahterimakan kepada Direktur Politeknik Surabaya Dharma Bakti Drs Soetarko Rono Soewito MM oleh asesor senior BAN-PT Ir Suharyadi Pancono MT dari Politeknik Manufaktur Bandung.

Penyerahan berkas laporan BAP dari hasil visitasi asesor BAN-PT tersebut disaksikan anggota tim asesor BAN-PT Prof Dr Mahfud Solihin, Sekretaris BAN-PT Dewi Ratnasari Si.Kom., owner Politeknik Surabaya Dharma Bakti Ir Juwono Saroso MM, Pengurus Yayasan Dharma Bakti Drs Andrean L. Bandoro MBA, MM., Kepala LPM Effendi M.Pd.,, Ketua LPPM Peter ST, Kabag BAA Bambang Sutrisno ST.Par., Kaprodi D3 Komputerisasi Akuntansi, Kaprodi D3 Manajemen Informatika, Kaprodi D3 Teknik Komputer dan segenap jajaran di bawahnya.

Sementara itu dalam sambutan penutupnya, Prof Dr Mahfud Solihin, asesor BAN-PT dari UGM Jogjakarta merasa optimistis terhadap masa depan Politeknik Surabaya pasca alih kelola dari pemilik lama kepada pemilik baru di bawah Tristar Group mengingat owner yang baru –Ir Juwono Saroso MM-- sudah berpengalaman mengelola lembaga pendidikan dan pelatihan yakni Tristar Institute dan Akpar Majapahit.

Selain itu, pihaknya juga melihat bahwa SDM di jajaran Politeknik Surabaya Dharma Bakti cukup mumpuni untuk mengembangkan institusi ini, meski pada Tahun Akademik (TA) 2017/2018 ini harus kembali ke titik nol, pasca alih kelola lembaga pendidikan tinggi  tersebut pada awal 2017 lalu.

Makanya, sejumlah saran dan masukan dari tim asesor BAN-PT yang tersaji dalam BAP, menekankan bagaimana langkah ke depannya agar institusi ini tetap eksis dalam mengembangkan tiga jurusan unggulan yang selama ini diembannya, yakni Prodi D3 Komputerisasi Akuntansi, D3 Manajemen Informatika dan D3 Teknik Komputer.

Beberapa masukan itu antara lain menggerakkan tim marketing untuk mencari calon mahasiswa baru di sekolah-sekolah (SMA maupun SMK) melalui program pelatihan siswa di sekolah-sekolah, menjalin kerja sama dengan perusahaan-perusahaan sebagai mitra, membentuk bursa kerja di kampus untuk menjembatani para lulusan bisa tersalurkan dan bekerja di perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra kerja Politeknik Surabaya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Politeknik Surabaya Dharma Bakti, unit usaha baru di bawah Tristar Group yang berkampus di Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya all out menyambut visitasi asesor Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Prof Dr Mahfud Solihin dari UGM Jogjakarta dan Ir Suharyadi Pancono MT dari Politeknik Manufaktur Bandung pada Kamis (07/09/2017) pagi sampai petang kemarin.

Kehadiran dua orang asesor di Kampus Politeknik Surabaya Dharma Bakti tersebut di dampingi Sekretaris BAN-PT Dewi Ratnasari Si.Kom. Tiga orang tamu istimewa ini disambut owner Politeknik Surabaya Dharma Bakti Ir Juwono Saroso MM, Direktur Politeknik Surabaya Drs Soetarko Rono Soewito MM, Pengurus Yayasan Dharma Bakti Drs Andrean L. Bandoro MBA, MM bersama jajaran di bawahnya.

Momentum visitasi dua orang asesor dan sekretaris BAN-PT ke kampus Politeknik Surabaya Dharma Bakti ini dinilai tepat pasca alih kelola lembaga pendidikan tinggi swasta itu dari pemilik lama kepada pemilik baru di bawah Yayasan Dharma Bakti, salah satu yayasan di bawah payung Tristar Group, sejak awal 2017 lalu.

Visitasi asesor BAN-PT itu terkait dengan akreditasi institusi lembaga pendidikan tinggi swasta tersebut, mulai dari penilaian aspek kepengurusan, sarana dan prasarana perkuliahan, fasilitas kampus (ruang kuliah, ruang dosen, perpustakaan, lab komputer, lab bahasa asing), sistem rekrutmen dosen dan karyawan (SDM), jumlah dosen, karyawan, mahasiswa dan lulusan (alumni), program studi (jurusan), program penelitian dari dana hibah dikti, pemanfaatan program beasiswa hingga status kepemilikan kampus.
Anda tertarik menjadi calon mahasiswa baru pada Program Profesional Siap Kerja di kampus Politeknik Surabaya, silakan hubungi Tim Marketing Politeknik Surabaya Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar