twitter

Pages

Kamis, 03 Agustus 2017

Profil Shella Yonatha, Mahasiswi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit



Lebih Dekat dengan Shella Yonatha, Mahasiswi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata Majapahit

Usai Sidang Pra Skripsi, Shella Yonatha Kini Fokus Meniti Karier di Cold Kitchen Rich Palace Hotel HR Muhammad

MAGANG KERJA di hotel berbintang ternyata membawa berkah. Itu bukan sekadar isapan jempol, melainkan mimpi yang menjadi kenyataan (dream come true). Kisah ini dialami Shella Yonatha, mahasiswi Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit yang berkampus di Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Dalam penulisan kali ini, www.culinarynews.info, mengangkat profil mahasiswi berparas cantik yang akrab disapa Shella. Perempuan kelahiran Jember, 21 Agustus 1996 itu tercatat sebagai mahasiswi Prodi D3 Perhotelan sejak 2014 silam.

Selama menempuh pendidikan D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, Shella mendalami bidang pastry  (patisserie) selama setahun dan tahun kedua belajar tentang culinary, sedangkan tahun ketiga fokus mengikuti perkuliahan reguler prodi perhotelan.

Sebelum maju sidang pra skripsi Gelobang IV yang dihelat, Sabtu (28/07/2017) lalu, mahasiswi berkaca mata ini sempat magang kerja (on the job training-OJT) lebih dulu selama enam bulan di Rich Palace Hotel Jl. HR Muhammad Surabaya, mulai 05/12/2016 hingga 05/06/2017.

Selama magang kerja di hotel bintang lima tersebut, dirinya ditempatkan di Cold Kitchen (Dapur Pastry). Tugasnya antara lain membuat salad, sandwitch, pasta, cake, cookies, pudding art, omelet (aneka menu breakfast) untuk tamu hotel. Menu sarapan tersebut tersedia di Emerald Restaurant Rich Palace Hotel.

Sementara itu, untuk menu makan siang (lunch) dan makan malam (dinner), pihaknya kebagian tugas menyiapkan bread & butter (BB), membuat appetizer dan dessert, terutama jika ada acara fine dining atau table manner yang dipesan oleh kastemer setia Rich Palace Hotel. Sedangkan teman-teman dari Hot Kitchen (Dapur Culinary) yang menyiapkan soup dan main course.

Selama bekerja di Dapur Pastry Rich Palace Hotel, pihaknya rata-rata menjalani pekerjaan di dapur selama sembilan jam perhari, terutama kena shift pagi mulai pukul 06.00-15.00 dan sesekali ditugaskan shift malam mulai pukul 14.00-23.00.

Saat magang kerja di Dapur Pastry Rich Palace Hotel, Shella dibimbing oleh Chef Departie (CDP) Soegianto dan Yohanes Wida. Posisi CDP berada di bawah Demi Chef (DC). Secara keseluruhan, penanggung jawab Cold Kitchen dan Hot Kitchen hotel berbintang lima tersebut dipegang oleh Joruston, yang menjabat Executive Chef.

Selama OJT di hotel tersebut tentu kinerjanya dinilai oleh atasan. Pucuk dicinta ulam pun tiba, jelang berakhirnya masa OJT, pihaknya ditawari gabung di Rich Palace Hotel oleh Joruston sebagai tenaga harian (daily worker) karena rapornya dinilai bagus dan memenuhi kualifikasi kerja di dapur pastry hotel berbintang tersebut.

Tentu saja penawaran lisan tersebut diterima dengan suka cita oleh Shella, yang memang sejak kali pertama masuk kuliah D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit bermimpi ingin berkarier di hotel dan sekarang menjadi kenyataan, setelah dirinya melakoni OJT selama enam bulan di Rich Palace Hotel.

Sejak memutuskan bergabung di hotel tersebut sebagai daily worker, Shella Yonatha sudah terbiasa mengikuti sistem kerja yang di-setting dua shift, yakni shift pagi dan shift malam seperti yang dilakoninya sejak awal magang kerja, Desember 2016 silam.

Sebagai daily worker, pihaknya juga harus pandai membagi waktu atara kerja dan kuliah teruma  saat menyusun laporan pra skripsi hingga agenda maju sidang pra skripsi akhir pekan  lalu. Untungnya, atasan langsung di Dapur Pastry Rich Palace Hotel juga memberi support agar dirinya bisa menyelesaikan kuliah secepatnya. Dengan demikian setelah diwisuda November 2017 nanti, pihaknya bisa semakin fokus bekerja all out di Rich Palace Hotel. 

Diakui Shella Yonatha, kerja di Dapur Pastry (Cold Kitchen) tidaklah ringan, makanya perempuan berkulit kuning ini masih bermimpi untuk berkarier di posisi lain terutama sebagai Front Office (FO), yang lebih mengedepankan personality dan kemampuan berkomunikasi yang baik dengan tamu hotel.

Opsi lain pasca wisuda nanti, dirinya boleh jadi mencari jobs lain di luar Rich Palace Hotel, senyampang ada penawaran dari user yang tentunya lebih baik dan menjanjikan kariernya di masa depan. Tidak menutup kemungkinan Shella juga ingin membuka usaha sendiri di Surabaya atau bersinergi dengan teman akrabnya semasa kuliah di Akpar Majapahit.

Shella pun  menyebutkan beberapa sahabatnya yang pernah satu tim mengaplikasikan mata kuliah Entrepreneur yang diajarkan chef Ari Purwantoro SSt.Par., MM. Ketika itu, Shella bersama Natasha Lilly Setiawan, Stephen Everardo Koeswanto, Clarissa, Claudia Wirawan dan Claudia, bahu membahu jualan nasi cumi dan cake gram selama tiga bulanan.

Berangkat dari pengalaman empiris inilah, saat menyusun laporan pra skripsi yang dibimbing Agus Soedharsono M.Par dan Santa Elizebeth S.Pd., pihaknya mengangkat laporannya yang berjudul Penerapan Standar Higiene dan Sanitasi terhadap Mutu Produk Makanan di Kitchen Pastry Rich Palace Hotel Surabaya.

Masih menurut Shella, pentingnya aspek higiene dan sanitasi di dapur hotel menjadi salah satu tolak ukur atas kualitas makanan yang akan disajikan kepada tamu hotel. Jika lingkungan dapur dijaga kebersihannya, tentu konsumen senang menyantap makanan yang disajikan karena makanan itu dijamin sehat dan menyehatkan badan.
  
Usai sidang pra skripsi, akhir pekan lalu, Shella Yonatha kembali fokus menatap masa depan, karena sejak 06 Juni 2017 lalu, dirinya sudah bekerja di Cold Kitchen Rich Palace Hotel Jl. HR Muhammad Surabaya.

”Saya berusaha untuk bersikap profesional setelah terjun di dunia industri perhotelan sekalipun hanya menjadi daily worker,” pungkasnya sambil bergegas pamit untuk kembali bekerja di hotel, setelah menyerahkan revisi laporan pra skripsi kepada pihak Akademik. Good bless you….!!!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar