twitter

Pages

Rabu, 09 Agustus 2017

Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Semester IV Dipercaya menjadi Tour Leader



Sukseskan Bali Gathering Tour PT Multi Bintang Indonesiau
di
Tiga Orang Mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Dipercaya Jadi ’Tour Leader’

PADA pertengahan Juli 2017 lalu, tepatnya pada Jumat (14/07/2017) sampai Minggu (16/07/2017), tiga orang mahasiswi D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Semester IV dipercaya Drs Gatot Harjoso, Dosen Guiding Technics, menjadi tour leader (TL) demi suksesnya acara 3D2N Bali Gathering Tour 2017 PT Multi Bintang Indonesia, perusahaan bir terkemuka di Mojosari, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

Tiga mahasiswi itu adalah Dewa Ayu Kadek Utami Dewi, Ida Ira Issah dan Sari Juliati Ningrum yang kini masih duduk di Semester IV pada Prodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit yang berkampus di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Keberangkatannya ke Bali bersama 314 karyawan PT Multi Bintang Indonesia (MBI) dengan di dampingi Drs Gatot Harjoso, yang juga Direktur PT Vivo Tour & Travel. Momentum tersebut dimanfaatkan betul oleh mahasiswa sebagai media pembelajaran dalam mengaplikasikan mata kuliah Guiding Technics yang telah diajarkan di kelas dan membandingkannya dengan kondisi riil di lapangan.

Dewa Ayu Kadek Utami Dewi yang akrab disapa Div menuturkan, kalau dirinya diminta menjadi tour leader bersama Ira dan Sari, dua rekannya satu kelas di D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester IV, pasca Lebaran, akhir Juni 2017 lalu. 

”Oleh dosen pembimbing, saya, Ira dan Sari ditunjuk jadi tour leader dan bergabung bersama empat orang tour leader lainnya dari PT Vivo Tour & Travel. Tugasnya antara lain mengawal tujuh bus yang mengangkut 314 karyawan PT Multi Bintang Indonesia tur ke Bali dalam program 3D2N Bali Gathering Tour 2017,” terang Div kepada kru www.culinarynews.info di lobi Gedung Graha Tristar, Senin (07/08/2017) siang.

Selain dipercaya menjadi tour leader, pihaknya juga ditugaskan mendokumentasikan acara 3D2N Bali Gathering Tour 2017 karena momentum tersebut sangat berharga bagi mahasiswa, pihak travel agent maupun perusahaan yang menjadi klien PT Vivo Tour & Travel sendiri.

Sejumlah objek wisata Bali seperti Tanah Lot, Pusat Oleh-Oleh Agung di Nusa Dua Bali, Bedugul, Danau Bratan (Bedugul), dan Toko Souvenir Jogger di Kuta menjadi pilihan karyawan PT Multi Bintang Indonesia selama turnya di Bali pertengahan Juli 2017 lalu.

Hingga saat ini, keeksotikan Bali dengan keaslian budayanya yang masih terjaga dengan baik dan keindahan pantainya, menjadi daya tarik siapa pun yang berkunjung ke Pulau Dewata, baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. 

Pada hari pertama (Jumat, 14/07/2017) pagi, rombongan tujuh unit bus pariwisata yang mengangkut 314 karyawan PT Multi Bintang Indonesia dan keluarganya itu bertolak ke Bali dari area parkir pabrik bir PT Multi Bintang Indonesia di Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 7-8 jam, bus rombongan sampai di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Di pelabuhan itu, bus-bus, truk dan kendaraan pribadi lainnya termasuk sepeda motor, diangkut kapal penyeberangan (feri) menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Perjalanan lewat jalur darat dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi, akhirnya rombongan merapat di Rumah Makan Bidadari Negara, sekitar pukul 14.00 WITA (Waktu Indonesia Tengah) atau 13.00 WIB, untuk menikmati sajian makan siang bersama.

Usai makan siang di Negara, rombongan melanjutkan perjalanan langsung menuju objek wisata pantai Tanah Lot. Puas ber-selfie ria bersama peserta tur lainnya di Tanah Lot, bus rombongan karyawan PT Multi Bintang Indonesia itu pun kembali bergerak menuju Pusat Oleh-Oleh Agung di Nusa Dua.
 
Setelah membeli oleh-oleh dan souvenir, bus rombongan merapat di Hotel Infinity Nusa Dua, Bali, untuk meramaikan acara gathering berupa Penyerahan Piagam Penghargaan Karyawan Terbaik yang diwakili 20-an orang karyawan. Acara gathering yang dihelat malam hari itu, intinya berupa penyerahan SK Kenaikan Pangkat dan Piagam Penghargaan dari Pimpinan Perusahaan. Mereka yang mendapat reward dari perusahaan itu posisinya mulai staf biasa hingga level manager

Selanjutnya pada hari kedua (Sabtu, 15//07/2017) pagi,  usai breakfast (sarapan) di hotel, rombongan check out hotel untuk siap-siap menuju Bedugul untuk meng-explore spot wisata di Bedugul termasuk menikmati keindahan Danau Bratan, dari pagi hingga sore hari. Untuk agenda makan siang rombongan dipilih lokal resto yang berada di kawasan Bedugul.

Puas menikmati spot wisata di kawasan Bedugul, bus rombongan --sebelum bertolak kembali ke Mojosari pada hari ketiga (Minggu, 16/07/2017) pagi-- dibelokkan menuju Jogger, untuk membeli aneka souvenir cantik dan aneka kreasi t-shirt untuk oleh-oleh dan kenang-kenangan.

Sekitar satu jam belanja souvenir dan berburu t-shirt cantik di outlet-nya Jogger, bus yang ditumpangi rrombongan kemudian melanjutkan perjalanan pulang dan sesampai di Rumah Makan Bidadari Negara, Kabupaten Jembrana, rombongan menikmati sajian makan malam bersama.

Selama mengunjungi objek-objek wisata di Bali, pihak Panitia juga melibatkan tour guide profesional dari Bali yang ikut mendampingi rombongan. Keberadaan guide lokal dari Bali ini diharapkan terjalin komunikasi dengan mahasiswa yang menjadi tour leader (TL), sekaligus bisa dimanfaatkan untuk sharing ilmu tentang pariwisata dan bagaimana menjadi pramuwisata yang baik dan profesional. 

”Dengan demikian, seorang tour guide tidak sekadar bercerita tentang Bali sebagai objek wisata, melainkan bisa diskusi tentang hal lain yang lagi trend biar semuanya bisa happy & enjoy. Jadi seorang tour guide pun perlu up date informasi,” kata Dewa Ayu Kadek Utami Dewi kepada kru www.culinarynews.info.

Usai makan malam di Rumah Makan Bidadari Negara, bus rombongan melanjutkan perjalanan menuju ke Mojosari. Setelah menempuh perjalanan panjang lebih dari 10 jam, rombongan karyawan PT Multi Bintang Indonesia tiba di Mojosari pada Minggu (16/07/2017) pagi sekitar pukul 06.30 WIB, dengan membawa pengalaman yang tak terlupakan, penuh kenangan dan kesan yang mendalam. Good bye..., see you tomorrow…!!!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Surabaya Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar