twitter

Pages

Jumat, 04 Agustus 2017

Mahasiswa Baru Jurusan Pastry Kelas Siang Diajarkan Buat Praline & Stuffle oleh Chef Otje di Dapur Pastry 1



Praktik di Dapur Pastry 1, Lantai 2 Gedung Graha Tristar
Awalid9
18 Mahasiswa Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Belajar Buat ’Praline & Truffle’ Bersama Chef Otje H. Wibowo

PEMBELAJARAN pada pekan ketiga, tepatnya mulai Senin (31/07/2017) hingga Jumat (04/08/2017), 18 mahasiswa baru Jurusan Pastry Akpar Majapahit Kelas Siang Triwulan I praktik membuat Praline & Truffle yang diasuh oleh Otje Herman Wibowo SE., M.Par., di Dapur Pastry 1, Lantai 2 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

18 mahasiswa Pastry Class Kelas Siang tersebut dibagi dalam sembilan kelompok kerja. Masing-masing kelompok beranggotakan dua orang. Dengan demikian, setiap mahasiswa dalam satu kelompok tidak ada yang sampai idle (menganggur).

Demi hasil terbaik, keduanya mesti bahu-membahu menyelesaikan pekerjaan sejak persiapan bahan baku, memproses hingga menghias praline & truffle yang sudah jadi, sebelum dinilai chef Otje H. Wibowo dan chef Ita Suhervin, asistennya.

Pada pertemuan sebelumnya, chef Otje juga telah membekali anak didiknya praktik membuat aneka kreasi tartlet & pie (lima kali tatap muka dalam sepekan) dan membuat aneka kreasi muffin, cup cake dan quick bread (roti tawar), juga dirancang lima kali pertemuan dalam sepekan.

Materi praktik yang sama –sesuai Buku Ajar (Silabus)— juga diberikan kepada 22 mahasiswa baru Jurusan Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi yang diasuh chef Otje Herman Wibowo di Dapur Pastry 1, Lantai 2 Gedung Graha Tristar.

Sementara itu, 22 mahasiswa baru Jurusan Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi dan 18 mahasiswa Pastry Kelas Siang yang dibimbing chef Renny Savitri M.Par tempat praktik di Dapur Pastry 2, Lantai 2 Gedung Graha Tristar.

Dalam pembelajaran kali ini, kelompok kerja mahasiswa Jurusan Pastry tidak lagi diisi 3-4 orang per kelompok, melainkan dimampatkan menjadi dua orang per kelompoknya. Hal ini untuk memberi kesempatan setiap anak didik merasakan langsung praktik di Dapur Pastry dalam sebuah tim kecil.

”Setelah melakoni 15 kali tatap muka selama tiga pekan, dengan tiga materi yang berbeda, mulai aneka kreasi muffin, cup cake & quick bread, tartlet & pie dan praline & truffle, maka pada pekan keempat, mahasiswa akan kami uji membuat food creation secara individual. Tema ujian yang kami angkat masih seputar muffin & cup cake, tartlet & pie dan praline & truffle,” terang chef Otje Herman Wibowo kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (03/08/2017) siang.

Selain itu, dalam ujian praktik membuat food creation tersebut, setiap mahasiswa diminta menyusun nama produk berikut resepnya, bahan untuk menghias kue (topping) dan biaya produksi hingga HPP produk yang akan dibuat mahasiswa.

Cost control ini juga telah kami ajarkan di kelas, sehingga mahasiswa bisa tahu persis biaya pembuatan suatu produk pastry (patisserie), berapa harga jual per satuannya hingga besaran keuntungannya setelah dipasarkan,” tandasnya.

Sekadar informasi, ujian praktik membuat food creation bagi mahasiswa Jurusan Pastry Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang tersebut dihelat pada Senin (07/08/.2017) hingga Rabu (09/08/2017). 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar