twitter

Pages

Kamis, 03 Agustus 2017

Mahasiswa Akpar Majapahit Sukseskan Studi Observasi yang Dikemas dalam 4D3N Bali Insight Tour 2017



Demi Mengaplikasikan Mata Kuliah Studi Observasitudi

’4D3N Bali Insight Tour 2017’ Bersama Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata dan Perhotelan Akpar Majapahit

PADA pekan terakhir Juli 2017 lalu, tepatnya pada Minggu (30/07/2017) sampai Rabu (02/08/2017), sekitar 40-an mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Semester II, IV dan VI, serta mahasiswa Semester II D3 Perhotelan Akpar Majapahit, mengikuti program 4D3N Bali Insight Tour 2017, dengan agenda utama mengunjungi sejumlah objek wisata di Pulau Dewata, Bali.

Mereka itu berangkat ke Bali dengan di dampingi Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariana M.Par., Kaprodi Perhotelan R Paulus W. Soetrisno M.Par dan Kaprodi F&B Product Imania Ayu Wulandari SSt.Par., yang sekaligus juga dosen pembimbing mahasiswa pada mata kuliah Studi Observasi Pariwisata dan Perhotelan.

Dipilihnya sejumlah objek wisata Bali seperti objek wisata Pantai Pandawa, Bali Tourism Development Corporation (BTDC) dan kini berubah menjadi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua, Desa Wisata Panglipuran, Pusat Oleh-oleh Krishna dan Tanah Lot,  selain karena keindahan alam yang memikat juga keaslian budayanya masih terjaga dengan baik, menjadi daya tarik wisatawan asing maupun domestik.

Dengan demikian banyak pelajaran yang bisa dipetik oleh mahasiswa selama mengikuti program 4D3N Bali Insight Tour 2017 dan mengunjungi objek-objek wisata di Bali yang dirancang tour leader (TL) selama empat hari tiga malam.

Kegiatan studi observasi ini juga untuk mengaplikasikan antara teori di kelas dengan praktik di lapangan, mengingat Bali merupakan ikon industri pariwisata dan perhotelan andalan Indonesia, yang menghadirkan objek-objek wisata unggulan yang diminati turis dari seluruh penjuru dunia.

Rombongan mahasiswa D3 UPW dan Perhotelan Akpar Majapahit itu bertolak ke Bali dari area parkir Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, melalui jalur darat dengan menumpang bus pariwisata Titian Mas berkapasitas 45 tempat duduk.

Pada hari pertama (Minggu, 30/07/2017) pagi, bus rombongan mahasiswa itu berangkat ke Bali sekitar pukul 08.00 WIB dengan di dampingi tiga orang dosen pembimbing. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5-6 jam, bus merapat di Rumah Makan Hutama Raya Situbondo untuk makan siang bersama.

Setelah ishoma (istirahat, sholat dan makan siang) kira-kira satu jam, perjalanan dilanjutkan menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Di pelabuhan itu, bus-bus, truk dan kendaraan pribadi lainnya termasuk sepeda motor, diangkut kapal penyeberangan (feri) menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Setelah menempuh perjalanan darat selama 6-7 jam dari Situbondo, bus yang ditumpangi rombongan mahasiswa Akpar Majapahit merapat di Rumah Makan Bidadari Negara, sekitar pukul 19.15 WITA (Waktu Indonesia Tengah) atau 18.15 WIB, untuk menikmati sajian makan malam.

Usai makan malam di Negara, rombongan melanjutkan perjalanan langsung menuju Hotel Grand Zuri Jl. Raya Kuta No. 81 Kuta Bali, untuk beristirahat. Perjalanan darat dari Negara ke arah Kuta ditempuh sekitar 4-5 jam. Jadi total perjalanan dari Surabaya ke Kuta (Bali) memakan waktu sekitar 15-16 jam.

Selanjutnya pada hari kedua (Senin, 31/07/2017) pagi,  usai breakfast (sarapan) di hotel, rombongan menuju Pantai Pandawa lebih awal dari yang dijadwalkan Panitia sebelumnya. Pasalnya, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit dijadwalkan diterima pihak BTDC (ITDC) sekitar pukul 10.00-12.00.

Setelah diterima pihak BTDC/ITDC dan berdialog sekitar dua jam, perwakilan dari Kampus Akpar majapahit yang diwakili Kaprodi D3 UPW Dewi Mariyanah M.Par saling bertukar cendera mata dengan pihak BTDC/ITDC dengan disaksikan R. Paulus W. Soetrisno, Imania Ayu Wulandari dan mahasiswa peserta 4D3N Bali Insight Tour 2017.

Usai kunjungan ke Kantor BTDC/ITDC, rombongan menikmati sajian makan siang dengan nasi kotak (rice box). Agenda selanjutnya, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit diarahkan menuju Desa Wisata Panglipuran hingga sore hari. Setelah puas melihat berbagai keunikan Desa Wisata Panglipuran, perjalanan rombongan mahasiswa dilanjutkan menuju Restoran Jimbaran di Jimbaran, Bali, untuk makan malam. 

Dan objek wisata terakhir pada hari kedua yang paling ditunggu mahasiswa adalah belanja di Pusat Oleh-oleh Krishna (Kuta), sebelum bus yang ditumpangi rombongan mahasiswa Akpar Majapahit kembali ke Hotel Grand Zuri, Kuta, untuk beristirahat.  

Selama mengunjungi objek-objek wisata di Bali, pihak Panitia juga melibatkan tour guide profesional dari Bali yakni Made Agus Susila yang ikut mendampingi rombongan. Keberadaan guide lokal dari Bali ini diharapkan terjalin komunikasi dengan mahasiswa, sekaligus bisa dimanfaatkan untuk sharing ilmu tentang pariwisata dan bagaimana menjadi pramuwisata yang baik dan profesional. Bukan sekadar bercerita tentang Bali sebagai objek wisata.

Agenda pada hari ketiga (Selasa, 01/08/2017) pagi, setelah menikmati menu sarapan (breakfast) di hotel, rombongan sudah berkemas untuk check out hotel, dan siap-siap meneruskan perjalanan menuju Cening Ayu dan dilanjutkan ke Bedugul. Agenda makan siangnya juga dipilih pihak Panitia di restoran lokal (local resto) kawasan wisata Bedugul, Bali.
Usai puas menikmati sajian makan siang di Bedugul, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit mampir ke pabrik kata-kata Jogger untuk beli cendera mata kaos oblong dan souvenir cantik lainnya. 

”Setelah belanja souvenir khas Jogger, kemudian perjalanan dilanjutnya ke objek wisata terakhir Tanah Lot, sebelum bus diarahkan menuju Rumah Makan Bidadari Negara untuk makan malam, sekitar pukul 20.25 WITA,” kata Dewa Ayu Kadek Utami Dewi, mahasiswi D3 UPW Akpar Majapahit Semester IV peserta 4D3N Bali Insight Tour 2017 kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (03/08/2017) malam.

Usai makan malam di Negara, bus rombongan mahasiswa D3 UPW dan Perhotelan Akpar Majapahit melanjutkan perjalanan menuju ke Surabaya. Setelah menempuh perjalanan panjang lebih dari 10 jam, rombongan mahasiswa Akpar Majapahit tiba di Surabaya, pada hari Rabu (02/08/2017) sekitar pukul 05.56 WIB, dengan membawa pengalaman yang tak terlupakan, penuh kenangan dan kesan yang mendalam. Good bye..., see you tomorrow…!!!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Surabaya Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar