twitter

Pages

Sabtu, 26 Agustus 2017

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik 'Fruit & Vegetables Carving' di Dapur Pastry 3



Belajar Menghias Sayur dan Buah Bersama Chef Otje H. Wibowo

SEBANYAK 14 mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit belajar seni menghias sayur dan buah selama lima kali tatap muka mulai Senin (21/08/2017) sampai Jumat (25/08/2017). Pelajaran Fruit & Vegetables Carving ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Advanced Pastry Class yang kuliah di lembaga pendidikan tersebut.


Mereka antusias mengikuti teori dan praktik seni menghias sayur dan buah yang diasuh chef Otje Herman Wibowo SE, M.Par., Dosen Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Pastry di Dapur Pastry 3, Lantai 2, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya. 

Sebelum praktik seni menghias sayur dan buah dimulai, mahasiswa lebih dulu dikenalkan teori menghias sayur dan buah di kelas. Chef Otje Herman Wibowo juga mengenalkan satu set pisau (peralatan) untuk menghias sayur dan buah. 

Setelah itu mereka langsung diajak praktik Fruit & Vegetables Carving yang bahannya berupa sayur dan buah-buahan segar seperti lobak, wortel, pepaya, semangka, pumpkin (labu). 

”Kalian tidak perlu takut kalau salah atau hasil menghias sayur dan buah  kurang bagus, yang penting bisa memeragakan bagaimana menghias sayur dan buah secara baik dan benar dengan hasil yang memuaskan," terang chef Otje, yang cukup telaten mengajari dan membagi ilmunya kepada anak didiknya. 

Selain seni menghias bahan makanan utamanya sayur dan buah-buahan (fruit & vegetables carving), mahasiswa juga diajari seni memahat es (ice carving). Boleh dikata seni menghias es dan bahan makanan ini hasilnya amat mengagumkan. 

Tak salah jika hampir di semua perayaan besar yang ada di dunia, hampir pasti ditemukan ”seni dari makanan” apakah itu berbentuk patung cokelat, naga dari buah semangka dan lainnya. 

Hasil kreasi tangan-tangan trampil inilah yang membuat penampilan pesta pernikahan, misalnya, jadi sangat berbeda dari biasanya. Pada gilirannya membuat tamu dan undangan pun senang berkat penampilan eksotik dari sebuah karya seni memahat es (ice carving) serta menghias sayur dan buah (fruit & vegetables carving). 

”Kami mengajarkan mahasiswa Advanced Pastry Class bagaimana menghias buah pepaya dan semangka menjadi bunga mawar yang cantik. Buah semangka dan wortel dikreasi menjadi bunga teratai nan indah. Juga buah pepaya bisa disulap menjadi seekor ikan hias dan aneka kreasi lainnya,” kata chef Otje di Dapur Pastry 3, Kamis (24/08/2017). 

14 mahasiswa Advanced Pastry Class yang mengikuti praktik fruit & vegetables carving itu adalah Christine C. Natalia, Justine J. Lioe, Yeda Y. Mahitakel, Melissa L. Cahyadi, Hendriana Wijaya, Eunike A. Prasetyo, Liina Afifah, Sherry Gondosaputro, Christina Florentia, Tri Mawarni, Karina P. Damayanti, Christine A. Gunawan, Jennifer Marcal dan Delvina Probowati.
Anda tertarik belajar tentang seni menghias sayur dan buah (fruit & vegetables carving) seperti yang diajarkan kepada mahasiswa Advanced Pastry Class dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp.8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar