twitter

Pages

Minggu, 13 Agustus 2017

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Buat Susu Almond dan Susu Sari Kedelai



Praktik Foodpreneur di Dapur Pastry 3, Lantai 2 Graha Tristar

Mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit Praktik Buat Susu Almond dan Susu Sari Kedelai

SETELAH diajarkan membuat aneka produk sirup selama tiga kali pertemuan, pada Senin (07/08/2017) hingga Rabu (10/08/2017) siang, 14 mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, kembali memperoleh pembelajaran teknik membuat susu nabati (sari kedelai dan almond) dari Anastasia STP, Dosen Food Technology Akpar Majapahit, di Dapur Pastry 3, Lantai 2 Graha Tristar.


Sesuai arahan chef Anas, sapaan akrab Anastasia, Kelompok 1 yang anggotanya meliputi Jennifer, Christine Adelia dan Hendriana Wijaya, dan anggota Kelompok 2 terdiri dari Yeda, Karin dan Christine Cahya, ditugaskan membuat susu sari kedelai.

Sementara itu, Kelompok 3 yang anggotanya terdiri atas Melissa, Delvira, Hana dan Tina, dan personel Kelompok 4 meliputi Liina, Sherry, Justine dan Mawar, kebagian tugas membuat susu almond. Untuk praktiknya sendiri masih mengambil tempat di Dapur Pastry 3 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sebelum mahasiswa praktik membuat susu sari kedelai dan susu almond, pada tatap muka hari keempat, Kamis (10/08/2017) pagi, chef Anastasia lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat susu nabati dari biji kedelai dan almond berikut teknik membuatnya.

Dosen mata kuliah Food Technology Akpar Majapahit ini tidak lagi menyinggung tentang penggunaan bahan pengawet makanan (benzoate) melainkan hanya essence vanilla (aroma vanilla) untuk susu almond dan essence daun pandan (aroma dan pewarna hijau muda) untuk susu sari kedelai.

Sesuai panduan Buku Ajar (Silabus) yang telah dibagikan kepada anak didiknya, chef Anas menerangkan, bahan untuk membuat susu sari kedelai diantaranya biji kedelai (yang sudah direndam semalaman --sekitar 24 jam-- dan dibuang kulit arinya), gula pasir, air, essence dan pewarna daun pandan secukupnya).

Sedangkan bahan untuk membuat susu almond di antaranya biji almond, gula pasir, air dan essence vanilla secukupnya. Seperti biji kedelai, biji almond sebelum diproses jadi susu almond  juga harus direndam semalaman (sekitar 24 jam).

Biji kedelai yang sudah dibuang kulit airnya kemudian di-blender. Selanjutnya disaring pakai kain halus hingga tinggal sarinya dan ampasnya dibuang. Sari kedelai itu kemudian dimasak hingga matang ditambahkan gula pasir dan essence daun pandan. Setelah masak, susu sari kedelai itu didinginkan dan dimasukkan dalam botol plastik berukuran 600 ml dan diberi etiket.

Sedangkan cara membuat susu almond, biji almond di-blender sampai halus dan disaring untuk diambil sarinya (ampasnya relatif sedikit dibanding ampas kedelai). Susu almond dimasak sampai matang, ditambahkan gula pasir dan essence vanilla. Setelah matang, susu almond didinginkan sebentar dan kemudian dimasukkan ke dalam botol plastik ukuran 600 ml dan dikasih etiket.

Sementara itu pada pertemuan hari Jumat (11/08/2017) pagi, mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creation) dengan memadukan materi pembelajaran yang telah diajarkan sebelumnya. ”Tema ujian praktik membuat kreasi makanan kali ini masih seputar sirup dan susu nabati,” chef Anas sapaan akrab Dosen Food Technology itu kepada kru www.culinarynews.info, akhir pekan lalu.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akapr Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25,  sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar