twitter

Pages

Minggu, 13 Agustus 2017

Mahasiswa Advanced Pastry Class Praktik Buat Sirup Buah dan Sirup Herbal



Praktik Foodpreneur di Dapur Pastry 3, Lantai 2 Graha Tristar

Chef Anastasia Ajarkan Mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit Buat Sirup Buah dan Sirup Herbal

PADA tatap muka pekan kedua bulan Agustus 2017, tepatnya mulai Senin (07/08/2017) hingga Kamis (10/08/2017) siang, 14 mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit memperoleh pembelajaran teknik membuat aneka produk sirup dan susu nabati (sari kedelai dan almond) dari Anastasia STP, Dosen Food Technology. Materi pembelajaran kali ini mengangkat tema Aneka Sirup dan Susu Nabati.


Untuk memudahkan pelaksanaan di dapur, 14 mahasiswa yang mengikuti praktik membuat aneka produk sirup dan susu nabati dengan pendekatan Food Technology tersebut dibagi empat kelompok, masing-masing beranggotakan 3-4 orang.

Kelompok 1 anggotanya adalah Jennifer, Christine Adelia dan Hendriana Wijaya, sedangkan mahasiswa yang masuk Kelompok 2 terdiri dari Yeda, Karin dan Christine Cahya.

Sementara itu, Kelompok 3 anggotanya meliputi Melissa, Delvira, Hana dan Tina, sedangkan mahasiswa yang menjadi personel Kelompok 4 adalah Liina, Sherry, Justine dan Mawar. Untuk pembelajarannya sendiri bertempat di Dapur Pastry 3 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sebelum mahasiswa praktik membuat sirup buah strawberry dan sirup buah anggur, pada tatap muka hari pertama, Senin (07/08/2017) pagi, chef Anastasia lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat sirup (dari buah asli) berikut teknik membuatnya.

Dosen mata kuliah Food Technology Akpar Majapahit ini juga menyinggung tentang penggunaan bahan pengawet makanan (benzoate) dan essence (pewarna merah strawberry dan pewarna ungu anggur) agar lebih menarik tampilan sirupnya.

Bahan untuk membuat sirup buah strawberry antara lain strawberry, gula pasir, CMC, sirup fruktosa, sirup glukosa, fruit acid (asam malat), buffet sitrat “S”, antioksidan, pengawet makanan, air dan pewarna merah (essence strawberry) secukupnya.

Sedangkan bahan untuk membuah sirup buah anggur diantaranya buah anggur lokal (harganya murah), gula pasir, CMC, sirup fruktosa, sirup glukosa, fruit acid (asam malat), buffer sitrat “S”, antioksidan, pengawet makanan, air, pewarna ungu (essence anggur) secukupnya.

Kelompok 1 dan Kelompok 2 ditugaskan chef Anas membuat sirup buah strawberry, sedangkan Kelompok 3 dan 4 diminta membuat sirup buah anggur. Setelah melalui proses pengolahan sekitar 1,5 jam, mulai mem-blender sampai merebusnya hingga matang kemudian didinginkan sekitar 10-15 menit.

Sirup buah strawberry dan anggur yang dibuat mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, selanjutnya dimasukkan botol plastik berukuran 600 ml dan diberi etiket (label) sesuai jenis produknya.

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (08/08//2017), mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit, kembali diajarkan oleh chef Anastasia teknik membuat sirup herbal dari bunga rosela dan jahe.

Sementara itu pada pertemuan hari ketiga, Rabu (09/08/2017), chef Anastasia berbagi ilmu dengan mahasiswa Advanced Pastry Class, teknik membuat sirup orange squash dan sirup special grade di Dapur Pastry 3.

Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, Kamis (10/08/2017) pagi, pihaknya kembali berbagi ilmu dengan mahasiswa Advanced Pastry Clas seputar cara membuat susu sari kedelai dan susu almond.

”Sementara itu pada pertemuan hari Jumat (11/08/2017) pagi, mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creation) dengan memadukan materi pembelajaran yang telah diajarkan,” terang chef Anas sapaan akrab Dosen Food Technology itu kepada kru www.culinarynews.info.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akapr Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25,  sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar