twitter

Pages

Kamis, 31 Agustus 2017

Adu Kreasi Buat Masakan Indonesia dengan Teknik Modern Gastronomy



Ujian Praktik Modern Gastronomy III Bersama Chef Della

Mahasiswa Advanced Culinary Class Adu Kreasi Buat Masakan Indonesia dengan Sentuhan Modern Gastronomy 

PADA hari Senin (28/08/2017) pagi, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary (Advanced Culinary Class), ujian praktik membuat kreasi masakan Indonesia (Indonesian Authentic Foods) melalui pendekatan teknik Modern Gastronomy III di Laboratorium Praktik Culinary Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.


Ujian praktik ini dilaksanakan setelah sepekan sebelumnya mahasiswa diajarkan membuat sejumlah memasak kekinian dengan sentuhan Modern Gastronomy III oleh chef Adeline Nadya Daniel, Dosen D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary Akpar Majapahit.

Empat mahasiswa Advanced Culinary Class yang mengikuti ujian praktik masak dengan teknik Modern Gastronomy III tersebut adalah Steven Yumanto, Yosef Yakup Ester Wijaya, Ryan Riffanny Sukma dan Rionaldy Rizal Widyantono.

Steven membuat kreasi masakan Indonesia dengan nama Salmon Tinombru (Smoke Effect), Yosef mengkreasi masakan andalannya yang bertajuk Ayam Bumbu Rujak Lalapan Puree (Foam), sedangkan Ryan mengangkat kreasi masakannya dengan titel Bubur Ayam (Sphere) dan Rionaldy membuat kreasi masakan unggulannya dengan nama Indonesian Lamb Curry (Gelatine).

Sebelum mengolah bahan masakan menjadi sajian masakan kekinian dengan teknik Modern Gastronomy, mereka prepare dulu bahan-bahan untuk memasak kepada pihak  Store (Toko 9) sejak akhir pekan lalu.

Mengingat ujian praktik masak ini berbeda dengan ujian membuat masakan konvensional –atau istilah chef Della, sapaan akrab Adeline Nadya Daniel masakan klasik—maka waktu yang disediakan dosen penguji sekitar 3-4 jam, sedangkan umumnya kalau mahasiswa ujian praktik masak konvensional waktunya dibatasi tidak lebih dari 1,5 jam saja.

Setelah berjuang keras mengeluarkan kemampuannya selama 3-4 jam di Laboratorium Praktik Culinary Tristar Institute, masing-masing peserta ujian mem-plating hasil kreasi masakannya untuk disajikan di hadapan dosen. Ada tiga kriteria penilai yang dibuat oleh chef Della, yakni dari aspek cita rasa, tekstur dan tampilan (kreativitas penampilan) sesuai standar industri perhotelan.

Sementara itu, sebelum dihelat ujian praktik masak dengan sentuhan Modern Gastronomy III, pada pekan sebelumnya atau tepatnya pada pertemuan hari pertama, Selasa (22/08/2017) hingga Jumat (25/08/2017) mahasiswa Advanced Culinary Class dibekali cara membuat 8-12 masakan Indonesia dengan sentuhan Modern Gastronomy, sesuai silabus dalam Buku Ajar yang telah dibagikan sebelumnya.

Menurut chef Della, melalui mata kuliah Molecular Gastronomy ini, pihaknya kembali mengajak mahasiswa untuk terus belajar memadukan ilmu fisika dan kimia makanan, sehingga terciptalah hasil kreasi makanan dengan tampilan dan citarasa yang berbeda (modern kekinian) daripada cara-cara masak secara konvensional (klasik).

Aplikasi Modern Gastronomy pada masakan (Culinary) yang diajarkan kepada mahasiswa meliputi Basic Molecular Gastronomy (Spheres, Caviar, Smoke Effect, Foam, Nitrogen Effect dan lain-lain) dengan menggunakan mesin dan peralatan modern seperti SousVide, Vacuum Packaging, Induction Cooker, Dehydrator, Smoking Gun, Cream Charger, Soda Syphon dan lain-lain.

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan program Advanced Culinary Class di Kampus Akpar Majapahit, Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, silakan Anda menghubungi Telp. (031) 8433224-25, 8480823, Faksilimi (031) 8432050, BB 2AICE131, 25D164CF, 53B4EFD8, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar