twitter

Pages

Senin, 31 Juli 2017

Profil Rina-Rini, Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit



Lebih Dekat dengan Rina-Rini, Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akademi Pariwisata Majapahit

Usai Sidang Pra Skripsi, Rina-Rini Sekarang Fokus Meniti Karier di Biro Perjalanan Wisata dan Boutique Hotel

KAMPUS Akpar Majapahit memiliki mahasiswa dan mahasiswi kembar yang saat ini mengambil Program Studi (Prodi) D3 Perhotelan  dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Mahasiswi kembar yang pertama yakni Yoanesta Rina Putri Lorensa dan Yoanesta Rini Putri Lorensa dari Flores Nusa Tenggara Timur (NTB). 

Rina dan Rini, sapaan akrab mahasiswa kembar yang mengambil Prodi UPW Akpar Majapahit Semester VI ini, akhir pekan lalu, Sabtu (29/07/2017), mengikuti sidang pra skripsi Gelombang IV yang dihelat di lantai 4 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sedangkan mahasiswa kembar berikutnya adalah Yudha Pratama Susilo dan Yudhi Pratama Susilo dari Pekanbaru Provinsi Riau. Yudha dan Yudhi, sapaan akrab mahasiswa kembar itu, saat ini mengambil Prodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Triwulan III.

Dalam penulisan profil mahasiswa kali ini, www.culinarynews.info, fokus untuk mengulas kiprah Rina dan Rini selama kuliah D3 Prodi UPW Akpar Majapahit. Rina dan Rini, perempuan kelahiran Tarakan, 04 Desember 1996 silam, tercatat sebagai mahasiswi Prodi UPW Kelas Malam sejak 2016 lalu. Sebelum bergabung di Akpar Majapahit, Rina dan Rini tercatat sebagai mahasiswa D1 Prisma Professional.

Selama menempuh pendidikan D3 Prodi UPW Akpar Majapahit, Rina dan Rini pernah dilibatkan Kaprodi UPW Dewi Mariyanah M.Par dan Dosen Tour Programming & Guiding Drs Gatot Hardjoso sebagai tour leader (TL) dalam program One Day Tour Batu bersama mahasiswa UPW Semester I dan Semester III.

Sementara itu, saat Rina dan Rini menyiapkan penyusunan laporan pra skripsinya awal 2017, keduanya sibuk bimbingan dan berkonsultasi dengan masing-masing dosen pembimbing. Rina dibimbing oleh Dewi Mariyanah dan Bambang Sutrisno ST.Par., sedangkan saudara kembarnya, Rini, dibimbing oleh Dewi Mariyanah dan Peter ST.

Rina mengangkat judul laporan pra skripsinya Pengaruh Promosi terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan Nusantara di Balai Pemuda Surabaya, sedangkan Rini membuat laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Variasi dan Mutu Wahana terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung di Taman Remaja Surabaya (TRS).

Usai mengikuti sidang pra skripsi Gelombang IV di lantai 4 Graha Tristar, Sabtu (29/07/2017), Rina dan Rini memberi apreasiasi tinggi kepada dosen pembimbing dan dosen penguji –Hedy Wahidin Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Yanuar Kadaryanto SSt.Par, MM-- saat sidang akhir pekan lalu.

”Berkat dorongan dosen pembimbing maupun dosen penguji saat sidang pra skripsi Gelombang IV akhir pekan  lalu, kami bisa menyelesaikan laporan pra skripsi dan bisa menghadiri sidang pra skripsi di kampus dengan penuh percaya diri dan optimistis menatap masa depan. Saat diwisuda nanti, kami pun berhak menyandang gelar Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par),” kata Rina usai sidang di dampingi Rini, saudara kembarnya kepada kru www.culinarynews.info.

Dalam laporan pra skripsinya, Rina tertarik mengangkat kegiatan di UPT (Unit Pelaksana Teknik) Balai Pemuda Surabaya di bawah pengelolaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Sejumlah pementasan seni tradisional yang rutin dihelat di Balai Pemuda antara lain Wayang Orang, Ludruk, Reog Ponorogo.

Selain itu, di Balai Pemuda juga buka kelas seni tari, musik, olah vokal hingga teater, yang bisa mengapreasikan warga kota Surabaya dan sekitarnya untuk menyalurkan bakat dan talentanya di bidang kesenian. Rata-rata jumlah pengunjung –wisatawan nusantara—ke Balai Pemuda berkisar antara 14 ribu hingga 28 ribuan per tahun. 

Usai sidang pra skripsi ini, baik Rina maupun  Rini kembali fokus untuk meniti karier yang baru saja dilakoni. Rina sejak Desember 2016 lalu, atau tepatnya delapan bulan silam bekerja di Lovely Corpin Travel, Ruko Villa Bukit Mas Jl Dukuh Pakis Surabaya. 

Travel agent tempat saya bekerja, selain menawarkan layanan ticketing (domestik dan internasional), juga menjual out bound tour package kepada warga Surabaya dan sekitarnya yang ingin liburan ke mancanegara,” kata Rina. Sapaan akrab Yoanesta Rina Putri Lorensa.

Berbeda dengan Rina, saudara kembarnya, Rini selama menyusun laporan pra skripsinya lebih tertarik mengupas tuntas tingkat kepuasan pengunjung di Taman Remaja Surabaya (TRS). Salah satu wahana wisata yang menjadi ikon kebanggaan Surabaya tersebut beroperasi kali pertama 1971 silam dan hingga kini tetap eksis.

Dari 22 wahana yang tersedia di TRS dan menjadi andalan dalam menarik pengunjung datang antara lain mini coaster, typhoon coaster, monorail, rumah hantu, boom-boom car, family twist, twin dragon, twist talentin. Tiket masuk TRS pada hari biasa dipatok Rp 40 ribu perorang (semua wahana), sedangkan pada hari besar (libur) tiketnya naik menjadi Rp 50 ribu perorang. 

Meskipun keberadaan TRS digoyang oleh kehadiran wahana baru yang lebih modern milik kompetitor, namun TRS masih tetap eksis sampai sekarang. Hanya saja jumlah pengunjung dari tahun ke tahun kian merosot. Jika 2013 lalu dikunjungi 423.877 orang, maka pada 2014 silam turun menjadi 3 82.276 orang, selanjutnya pada 2015 lalu jumlah pengunjungnya merosot tinggal 354.250 orang. 

”Kami tentu saja prihatin melihat fakta tersebut. Makanya dalam laporan tulisan pra skripsi itu saya mengusulkan agar promosi ditingkatkan, wahana baru ditambah demi menarik pengunjung atau meremajakan wahana lama yang kurang diminati dengan wahana baru yang lebih modern,” cetus Rini, sapaan Yoanesta Rini Putri Lorensa.

Usai sidang pra skripsi, akhir pekan lalu, Rini kembali fokus menatap masa depan, karena sejak Februari 2017, dirinya sudah bekerja sebagai receptionist di Hotel Varna Culture (Boutique Hotel). ”Saya berusaha untuk mengedepankan sikap profesional setelah terjun di dunia kerja sekaligus merintis karier dari bawah di industri perhotelan dan pariwisata. Mohon doa restunya ya…,” pungkasnya. Good bless you….!!!

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar