twitter

Pages

Selasa, 25 Juli 2017

Mahasiswa Pastry Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi Praktik Foodpreneur



Praktik Foodpreneur di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron

Mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Praktik Buat Selai Buah Naga dan Selai Economical Strawberry Jam

PADA tatap muka pekan keempat bulan Juli 2017, tepatnya mulai Senin (24/07/2017) hingga Kamis (27/07/2017) pagi, giliran 20 mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi yang memperoleh pembelajaran teknik membuat selai buah naga dan selai economical strawberry jam (buah pepaya) dari Anastasia STP. Materi pembelajaran kali ini mengangkat tema Aneka Sirup, Selai Buah dan Es Krim.


20 mahasiswa yang mengikuti praktik membuat sirup dengan pendekatan Food Technology dibagi empat kelompok, msing-masing beranggotakan lima orang. Kelompok 1 anggotanya adalah Hulinda, Felicia, Irma, Fikri dan Vika. Sedangkan mahasiswa yang masuk Kelompok 2 terdiri dari Dicky Ardian, Sofia rahma, Abigail Gaby dan Devi Andri.

Sementara itu, anggota Kelompok 3 meliputi Olivia Brigitta Winatra, Andre Setiono, Olivia Giovanni, Grassiela Mumek dan Chrysilla Natalia, sedangkan personel Kelompok 4 terdiri atas Wenny Oktavia, Kezia Devinna, Hartatik dan Claudia.

Sesuai pembagian tugas dari chef Anastasia, Kelompok 1 dan Kelompok 3 membuat selai dari buah pepaya (economical strawberry jam), sedangkan Kelompok 2 dan Kelompok 4 membuat selai dari buah naga. Untuk pembelajarannya sendiri bertempat di Dapur Pastry Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

Sebelum mahasiswa praktik membuat selai buah naga dan selai buah pepaya (economical strawberry jam), pada tatap muka hari kedua, Selasa (25/07/2017) pagi, chef Anastasia lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat selai (dari buah asli) berikut teknik membuatnya.

Dosen mata kuliah Food Technology Tristar Institute ni juga menyinggung tentang penggunaan bahan pengawet makanan (benzoate) dan essence (pewarna tutti fruti dan pewarna merah essence strawberry) agar lebih menarik tampilan selai buahnya.

Bahan untuk membuat selai buah naga antara lain buah naga, gula pasir, pectin (pengental selai), pengawet makanan (benzoate), antioksidan, pemantap (KCl), air, essence tutti fruit secukupnya dan fruit acid (asam malat),.

Sedangkan bahan untuk membuah selai buah papaya (economical strawberry jam) diantaranya buah pepaya (menyiasati mahalnya harga buah strawberry), gula pasir, glukosa, pectin, fruit acid, antioksidan, pengawet makanan, air, pewarna merah (essence strawberry) secukupnya.

Kelompok 1 dan 3 fokus membuat selai buah papaya (economical strawberry jam), sedangkan Kelompok 2 dan 4 konsentrasi membuat selai buah naga seperti yang diminta dosen pembimbing. Setelah melalui proses pengolahan sekitar 1,5 jam, mulai mem-blender sampai memasaknya hingga matang kemudian selai buah itu didinginkan sekitar 10-15 menit.

Selai buah papaya (economical strawberry jam) dan selai buah naga yang dibuat mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi, selanjutnya dimasukkan botol kaca berukuran 250 ml dan diberi etiket (label) sesuai jenis produknya.

Selain diajarkan membuat sirup dan selai buah, pada pertemuan hari ketiga, Rabu (26/07/2017), mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi, diajarkan oleh chef Anastasia teknik membuat es krim ogura dan es krim soya. Selanjutnya pada tatap muka hari terakhir, Kamis (27/07/2017), mahasiswa kembali diajarkan cara membuat selai coklat dan selai kacang (tanah).

”Sementara itu pada pertemuan hari Jumat (28/07/2017) pagi, mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creation) dengan memadukan materi pembelajaran yang telah diajarkan,” terang chef Anas sapaan akrab Dosen Luar Biasa Tristar Institute  kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Pastry, Selasa (25/07/2017).

Selama empat kali tatap muka di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron, 20 mahasiswa Pastry Kelas Pagi dan 10 mahasiswa Pastry Kelas Siang belajar membuat dua resep sirup buah, empat resep selai dan dua resep es krim melalui pendekatan Food Technology.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar