twitter

Pages

Rabu, 26 Juli 2017

Mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Belajar Foodpreneur



Praktik Foodpreneur di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron

Mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi, Praktik Buat Es Krim Ogura dan Es Krim Soya

PADA pertemuan hari ketiga, Rabu (26/07/2017) pagi, 20 mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi giliran memperoleh pembelajaran teknik membuat es krim ogura (kacang merah) dan es krim soya (kacang kedelai) dari Anastasia STP. Praktik membuat es krim ini merupakan rangkaian dari materi pembelajaran tentang Foodpreneur yang mengangkat tema Aneka Sirup, Selai Buah dan Es Krim.


20 mahasiswa yang mengikuti praktik membuat es krim dengan pendekatan Food Technology dibagi dua kelompok, masing-masing beranggotakan sepuluh orang. Kelompok 1 anggotanya adalah Hulinda, Felicia, Irma, Fikri, Vika, Dicky Ardian, Sofia rahma, Abigail Gaby dan Devi Andri.

Sementara itu, anggota Kelompok 2 meliputi Olivia Brigitta Winatra, Andre Setiono, Olivia Giovanni, Grassiela Mumek, Chrysilla Natalia, Wenny Oktavia, Kezia Devinna, Hartatik dan Claudia.

Sesuai pembagian tugas dari chef Anastasia, Kelompok 1 membuat es krim ogura sedangkan Kelompok 2 membuat es krim soya. Mereka praktik membuat es krim  di Dapur Pastry Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

Sebelum mahasiswa praktik membuat es krim ogura dan es krim soya, pada tatap muka hari kedua, Rabu (26/07/2017) pagi, chef Anastasia lebih dulu menjelaskan beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim ogura dan es krim soya berikut teknik membuatnya.

”Sebelum diproses lebih lanjut di Dapur Pastry, ogura (kacang merah) dan soya (kacang kedelai) diredam dalam wadah berisi air pada H-1 (Selasa, 25/07/2017),” kata chef Anas, sapaan akrab Anastasia kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Bahan untuk membuat es krim ogura antara lain kacang merah, gula pasir, gelatin, whipping cream, garam, santan dan air, sedangkan  bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim soya meliputi kacang kedelai, gula, gelatin, CMC (bahan pengental), whipping cream, garam dan air.

Kelompok 1 fokus membuat es krim ogura, sedangkan Kelompok 2 konsentrasi membuat es krim soya seperti yang diminta dosen pembimbing. Setelah melalui proses pengolahan sekitar 1,5 jam, mulai mem-blender, menyaring, membuat adonan es krim hingga memasaknya sampai matang. Selanjutnya masing-masing adonan es krim (ogura dan soya) dimasukkan dalam mesin pemroses es krim selama 30-60 menit.

Selain diajarkan membuat sirup, selai buah dan es krim, pada tatap muka hari terakhir, Kamis (27/07/2017), mahasiswa Pastry Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi, kembali diajarkan oleh chef Anastasia teknik membuat membuat selai coklat dan selai kacang (tanah).

”Sementara itu pada pertemuan hari Jumat (28/07/2017) pagi, mahasiswa diuji untuk membuat kreasi makanan (food creation) dengan memadukan materi pembelajaran yang telah diajarkan. Setiap kelompok yang anggota terdiri dari tiga mahasiswa membuat satu kreasi makanan,” terang Dosen Luar Biasa Tristar Institute  di Dapur Pastry, Rabu (26/07/2017) pagi.

Selama empat kali tatap muka di Dapur Pastry Tristar Institute Kaliwaron, 20 orang mahasiswa Pastry Kelas Pagi dan 10 mahasiswa Pastry Kelas Siang belajar membuat dua resep sirup buah, empat resep selai dan dua resep es krim melalui pendekatan Food Technology.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar