twitter

Kursus di Surabaya

Tristar Jemursari
Telp: 031- 8480821-22.
031-8433224-25.
Simpati: 0813 3200 3300.
Satelindo: 085731804143
XL: 0817321024.
PIN BB: 2B4E0E95
Jln. Raya Jemursari 234 & 244.

Pages

Sabtu, 15 Juli 2017

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Maju Sidang Pra Skripsi Gelombang III di Graha Tristar



Demi Raih Gelar Ahli Madya Pariwisata dari Akpar Majapahit

Empat Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Maju Sidang Pra Skripsi Gelombang III di Gedung Graha Tristar

SETELAH rehat sekitar satu bulan, sidang ujian pra skripsi gelombang III kembali dilaksanakan pada Sabtu (15/07/2017) pagi. Sebanyak empat mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit mengikuti sidang pra skripsi gelombang III di lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Sidang ujian pra skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa, baik Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) maupun Prodi Perhotelan, sebelum meraih gelar akademik Ahli Madya Pariwisata (AMd.Par) dari Akpar Majapahit.

Empat mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu adalah Natasha Lilly Setiawan, Safira Putri Maharani, Sugiono Wijaya dan Stephen Everardo Koeswanto. Dalam sidang pra skripsi kali ini mereka diuji oleh Hedy W. Saleh SH, MBA, MSi.Par dan Andrean L. Bandoro MBA, MM.

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan pra skripsinya adalah Natasha Lilly Setiawan. Tasha, sapaan akrabnya, memaparkan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Performa Resepsionis terhadap Mutu Pelayanan Front Office di Hotel Luminor Surabaya di hadapan dua orang dosen penguji.

Sebelum maju presentasi, perempuan cantik kelahiran Jember 1996 silam itu mendapatkan support langsung dari Agus Soedharsono  M.Par, dosen pembimbing utama, Bambang Sutrisno ST.Par., Peter ST dan beberapa rekan sejawat dari Prodi Perhotelan yang menunggu giliran maju sidang pra skripsi gelombang III. 

”Kehadiran dosen pembimbing dan rekan sejawat tersebut membangkitkan semangat dan menumbuhkan kepercayaan diri saya sebelum menghadapi sidang ujian pra skripsi gelombang III,” kata Natasha usai sidang kepada kru www.culinarynews.info, Sabtu (15/07/2017). Dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, Natasha dibimbing Agus Soedharsono M.Par dan Santa Elizabeth S.Pd.

Dalam kesempatan itu, Natasha juga menunjukkan catatan dari dosen penguji terhadap laporan pra skripsinya berupa revisi penulisan. ”Plong rasanya, setelah sebelumnya harus melekan di rumah guna mempersiapkan ujian pra skripsi tersebut,” ujar Tasha yang sejak dua bulan lalu bergabung dengan manajemen Hotel Luminor Surabaya di Front Office Department.

Usai Natasha Lilly Setiawan, giliran Safira Putri Maharani yang maju sidang dengan mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Pengaruh Cake Decoration terhadap Daya Tarik Konsumen di The Gallery Restaurant Hotel Ciputra World Surabaya.

Selama menyusun laporan tersebut, gadis berhijab kelahiran Surabaya 1996 silam itu dibimbing oleh Otje Herman Wibowo SE, M.Par dan Imania Ayu Wulandari ST.Par. ”Selain itu untuk menyelesaikan laporan pra skripsi itu, saya butuh waktu setahun lebih sejak pengajuan judul proposal sampai disetujui oleh dosen pembimbing sepekan sebelum maju sidang hari ini (Sabtu, 15/07/2017),” terang anak bungsu dari dua bersaudara, sebelum diuji Hedy W. Saleh dan Andrean L. Bandoro.

Molornya penyusunan laporan pra skripsi ini karena dirinya harus menyelesaikan On the Job Training (OJT) di Hotel Ciputra World Surabaya lebih dulu. OJT di hotel bintang lima yang masuk dalam jaringan manajemen Swiss Bell Inn Hotel tersebut dilakoninya sejak April-Oktober 2016 lalu.

Usai diwisuda November 2017 nanti, Safira Putri Maharani --atas support dari kedua orang tuanya-- ingin melanjutkan jenjang pendidikan S1 (Strata-1) di Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Jakarta. Niat melanjutkan kuliah di Jakarta karena dirinya ingin meningkatkan kompetensi bidang perhotelan dan pariwisata demi meniti karier yang lebih cerah di masa mendatang.

Selanjutnya Sugiono Wijaya, yang akrab disapa Sugiono ini, mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul Standar Penyimpanan dan Pengolahan Daging terhadap Mutu Produk di Java Paragon Hotel dan Residence Surabaya di hadapan dosen penguji. 

Sementara itu, dalam menyusun laporan pra skripsinya itu, mahasiswa berkaca mata minus kelahiran Makassar 1996 silam tersebut dibimbing oleh Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM dan Peter ST.

Sugiono termotivasi mengangkat standar penyimpanan dan pengolahan daging (sapi) impor di hotel berbintang karena pihaknya melihat masih banyak kekurangan. Selama ini penyimpanan dan pengolahan daging (sapi) impor kurang benar sehingga perlu pembenahan lagi.

Untuk menyimpan daging sapi impor untuk kebutuhan sehari-hari di hotel yang benar ditaruh di freezer  pada suhu 0 sampai -4*C, sedangkan untuk penyimpanan lebih lama maka suhu ideal untuk menyimpan daging sapi impor itu sekitar -18*C hingga 0*C. Kisaran suhu itu dinilai paling aman dan kualitas daging tetap terjamin karena tekstur daging tidak mudah rusak.

Daging sapi impor beku –jenis tenderloin dan sirloin—yang dipesan pihak Java Paragon Hotel sekitar 90 persennya didatangkan dari Negeri Paman Sam (Amerika Serikat), sedangkan sisanya disuplai oleh pemasok daging sapi impor beku (suhu -18*C) dari Australia. Daging sapi beku dalam kemasan itu beratnya rata-rata tiga kilogram.

Setelah Sugiono, giliran Stephen Everardo Koeswanto yang terakhir dipanggil masuk ruang sidang guna mempresentasikan laporan pra skripsinya yang berjudul  Pengaruh Pengolahan Standar Resep terhadap Mutu Produk Makanan di Hotel Sheraton Bali Kuta Resort di hadapan Hedy W. Saleh dan Andrean L. Bandoro, dosen penguji.

Selama menyusun laporan pra skripsinya itu, mahasiswa kelahiran Madiun 1995 silam itu dibimbing oleh Ari Purwantoro SSt.Par., MM dan Bambang Sutrisno ST.Par. ”Saya tertarik mengangkat judul penulisan pra skripsi tersebut karena ingin mengetahui sejauh mana standar bahan baku di resep diaplikasikan di kitchen demi menjaga mutu produk makanan agar tetap prima saat disajikan ke konsumen (para tamu hotel) yang sebagian besar adalah turis dari mancanegara,” jelas Stephen.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan di kampus Akpar Majapahit dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar