twitter

Pages

Rabu, 26 Juli 2017

Mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Praktik Masak American Cuisine



Praktik Masak American Cuisine di Dapur Tristar Institute Kaliwaron   

22 Mahasiswa Culinary Class Kelas Pagi Diajarkan Buat American Pizza, Roast Duck & Garoupa with Maui BBQ Sauce

PADA pertemuan kali keempat, tepatnya Rabu (26/07/2017) pagi,  22 mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi praktik masak membuat tiga resep menu masakan Amerika (American Cuisine), yakni American Pizza, Roast Duck dan Garoupa with Maui BBQ Sauce.

Dalam praktik masak aneka kreasi makanan Amerika tersebut, mahasiswa diasuh oleh Dosen Culinary Tristar Institute Kaliwaron chef Afi Yasak, di Dapur Culinary Tristar Institute Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

22 mahasiswa Culinary Class itu dibagi lima kelompok, masing-masing kelompok anggotanya 4-5 orang. Kelompok 1 anggotanya terdiri dari Louis Oliver Hidayat Winatra, Rani July Andira, Ilafi, Albert dan Alfend Ruan. Kelompok 1 diminta memasak American Pizza.

Sedangkan Kelompok 2 yang beranggotakan Chentya, Nur Rofiah, Syahnaz dan Jerry juga mendapat tugas untuk membuat American Pizza, seperti yang dilakoni mahasiswa anggota Kelompok 1.  

Sementara itu, Kelompok 3 yang personelnya meliputi Priyanto, Erni Mei, Alicia dan Billy G., kebagian tugas masak Roast Duck. Begitu juga personel Kelompok 4 yakni Rodhina Qitma, Raynaldo Danny S.S., Amanda Devi dan Maha, kebagian membuat Roast Duck, seperti yang dikerjakan anggota Kelompok 3.

Sedangkan anggota Kelompok 5 yang terdiri atas Alfandi, Widiawati, Dimas, Kelvin dan Satria, memperoleh tugas dari chef Afi Yasak membuat Garoupa with Maui BBQ Sauce di Dapur Culinary Tristar Institute Kalirawon.

Masing-masing kelompok bahu membahu membuat tiga resep menu masakan American Cuisine yang ditugaskan dosen pembimbing. Mereka prepare mulai persiapan bahan masakan, proses memasak hingga mem-plating-nya, sebelum kreasi masakan itu disajikan dan dievaluasi oleh chef Afi Yasak.

Untuk membuat American Pizza yang enak, selain didukung adonan pizza-nya, juga racikan bumbu untuk topping-nya yang terdiri dari daging ayam, sosis, paprika dan keju mozzarella. Setelah semuanya siap pizza tersebut dioven pada suhu 200 *C selama 15-20 menit.

Sedangkan teknik membuat Roast Duck yang empuk dengan bumbu meresap sampai tulang, bebek (sudah dibelah separo, masing-masing untuk Kelompok 2 dan Kelompok 3) lalu dibumbui sampai merata. Sementara itu sayur dan buah (irisan paprika dan mangga) juga ditaruh dalam loyang untuk dioven bersama bebek yang telah dibumbui.

”Demi menghasilkan daging bebek yang empuk dan dagingnya matang sepurna, maka suhu pengovenan di-setting pada kisaran 180-185 *C selama satu jam (sekitar 60 menitan),” kata chef Afi kepada kru www.culinarynews.info, Rabu (26/07/2017) pagi.

Sementara itu, untuk membuat sajian Garoupa with Maui BBQ Sauce yang lezat, daging ikan kerapu yang telah di-fillet dibumbui sampai merata, baru digoreng hingga matang. Untuk menambah citarasa maka ditambahkanlah Maui BBQ Sauce. Setelah masakan tersebut di-plating, selanjutnya masakan itu disajikan di atas meja untuk dinilai oleh dosen pembimbing.

Sementara itu pada pertemuan hari kelima, Kamis (27/07/2017) pagi, mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi diajarkan chef Afi Yasak membuat Beef in Stout, Seafood Kebab with BBQ & Caesar Salad dan Baked Mustard Chicken with Wiliam Potato.

Sekadar informasi, sampai tatap muka hari kesepuluh, Kamis (03/08/2017) pagi mendatang, 22 mahasiswa Culinary Class Tristar Institute Kaliwaron Kelas Pagi masih akan diajarkan membuat tiga resep masakan Amerika lagi yakni Jambalaya, Chicken & Avocado Soup dan Crispy Fried Chicken di Dapur Culinary.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Institute, silakan datang langsung ke Kampus Tristar Institute Jl Kaliwaron No. 58-60 Surabaya, Telp. (031) 5999593, sekarang juga. (ahn)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar