twitter

Pages

Senin, 17 Juli 2017

Mahasiswa Culinary Class Kelas Pagi Buat Aneka Kreasi Appetizer & Vegetarian Menu



Belajar Masak Bersama Chef Ari di Dapur Culinary 1  
Awalid9
12 Mahasiswa Culinary Kelas Pagi Triwulan II Praktik Masak Buat Aneka Kreasi Appetizer & Vegetarian Menu

SEBANYAK 10 kali tatap muka, tepatnya mulai Senin (17/07/2017) hingga Jumat (28/07/2017) mendatang, 12 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Pagi Triwulan II, praktik masak membuat aneka kreasi Appetizer & Vegetarian Menu bersama Ari Purwantoro SSt.Par., MM, di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


12 mahasiswa tersebut dibagi dalam empat kelompok kerja. Kelompok 1 anggotanya adalah Linda, Carlos dan Zikri, sedangkan Kelompok 2 personelnya terdiri dari Viola, Monica dan Meily. Sementara itu anggota Kelompok 3 meliputi Natasha, Felicia dan Budiarti, sedangkan Kelompok 4 personelnya terdiri atas Samuel, Arya dan Gundo.

Sebelum praktik masak di Dapur Culinary 1, chef Ari mengingatkan kembali kepada anak didiknya bahwa appetizer dalam sebuah acara jamuan makan resmi (table nanner)  adalah menu pembuka yang sifatnya tidak mengenyangkan tetapi merangsang nafsu makan. Appetizer biasanya berupa salad sayuran dan buah-buahan atau kombinasi keduanya yang disajikan dengan tampilan menarik.

Appetizer termasuk menu vegetarian yang cocok dikonsumsi oleh komunitas vegan yang memang menghindari mengonsumsi daging, telur dan susu (produk hewani) tetapi cenderung untuk memilih mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar yang menyehatkan tubuh.

Pada pembelajaran Appetizer & Vegetarian Menu, mahasiswa akan diajarkan membuat sekitar 20-an menu selama 10 kali tatap muka mulai Senin (17/07/2017) hingga Jumat (28/07/2017) mendatang oleh chef Ari bersama Azarya Rijadi, asistennya.

Selain itu mahasiswa Culinary Class Kelas Pagi Triwulan II –sesuai kelompoknya masing-masing-- yang belajar memasak di Dapur Culinary 1 juga wajib mem-plating hasil kreasi masakannya sebelum dinilai oleh dosen pembimbing. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek yakni citarasa, tekstur dan penampilan, yang semuanya mengacu pada standar industri perhotelan.

Pada tatap muka hari pertama, Senin (17/07/2017), mahasiswa diajarkan  membuat Nicoise dan Shrimp Cocktail, sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (18/07/2017), mahasiswa praktik masak membuat Fristo Misto dan Oriental Salad with Beef.

Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, Rabu (19/07/2017), mahasiswa diajarkan teknik Ice Carving, sedangkan pada pertemuan hari keempat, Kamis (20/07/2017), chef Ari akan mengajarkan tentang Sandwich, yang meliputi tiga menu yakni Monte Cristo, Finger Sandwich dan Triple Decker.

Sesuai panduan dari Silabus Culinary (Buku Ajar) berupa Kumpulan Praktik Culinary yang dibagikan kepada mahasiswa, pada tatap muka hari terakhir atau hari ke-10, Jumat (28/07/2017) mendatang, mahasiswa diajarkan membuat Huzarensia dan Devil Egg.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar