twitter

Pages

Senin, 10 Juli 2017

Mahasiswa Baru Akpar Majapahit Dikenalkan Basic Culinary oleh Chef Yanuar di Dapur Culinary 3



Pengenalan Dasar Masak di Dapur Culinary 3 Akpar Majapahit
Awalid9
17 Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Culinary Kelas Pagi Dikenalkan Pengantar Dasar Memasak

PADA  pekan kedua Juli 2017, tepatnya mulai Senin (10/07/2017) hingga Jumat (14/07/2017), 17 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Pagi dikenalkan pengetahuan dasar memasak oleh Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM, Dosen Pengantar Dasar Masak, di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


17 mahasiswa baru tersebut dibagi dalam empat kelompok kerja. Kelompok 1 anggotanya adalah Nicholas Anderson, Alfonso Senomurti Atmoko, Timothy Jesse S. dan Yonatan Wellyanto, sedangkan Kelompok 2 personelnya terdiri dari Ronaldo Dimas Julianto, Tassya Tesalonika A.W., Nikolas Gerika Yedryatama, Steven Bambang Susetya dan Muhammad Rizky Brillyan.

Sementara itu anggota Kelompok 3 meliputi Noor Ainun, Ardy Mahat, Eriawan Purnama dan Andi Firmansyah, sedangkan Kelompok 4 personelnya terdiri atas Griselda Jane L., Iversen Riky DJ., Qalam Luthfi Qois dan M. Rizqy Tahrizi.

Dalam kuliah perdana itu, chef Yanuar Kadaryanto, menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak. Mahasiswa juga dikenalkan dengan teori-teori memasak Prancis klasik termasuk prinsip-prinsip resep dan menu dari Escoffier.

”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang chef Yanuar.

Pada tatap muka hari pertama itu, mahasiswa diajarkan bagaimana membuat schrambled & vegetable cutting, juga aneka jenis kaldu yang terdiri dari brown stock, chicken stock, fish stock dan beef stock.

Mahasiswa baru diajarkan bagaimana cara membuat kaldu yang benar. Kelompok 1 membuat kaldu yang bahannya dari tulang sapi yang disangrai lebih dulu sebelum dimasak sekitar 24 jam (brown stock), sedangkan Kelompok 2 membuat kaldu dari tulang dada ayam (chicken stock).

”Sementara itu, Kelompok 3 mendapat tugas untuk membuat kaldu dari tulang ikan (fish stock), sedangkan Kelompok 4 diminta membuat kaldu dari daging sapi (beef stock),” ujarnya. di dampingi dua orang asistennya, Masario Wahyu Saputra dan Excel Bayu kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Culinary 3, Senin (10/07/2017) siang.

Chef Yanuar bersama dua orang assistant-nya mengenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat sunny side up & vegetable cutting yang terdiri dari béchamel, veloute, tomato concasse, espagnol dan tomato sauce.

Selain itu mahasiswa juga dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat omelette & vegetable cutting yang meliputi chasseur, demiglaze, supreme dan allemande.

Sementara itu pada pertemuan hari berikutnya, mahasiswa dikenalkan tentang kebersihan dan keselamatan kerja. Untuk memahami ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat poach egg & fitting chicken yang terdiri dari Italian sauce, piquante, lyonnaise dan diable.

Selanjutnya mahasiswa baru juga diajarkan tentang pentingnya aspek kebersihan dan keselamatan kerja (hygiene & sanitation), khususnya bagaimana cara membuat  vegetable salad & filleting fish yang meliputi mayonnaise, tartar, 1000’s island dan vinalgrette, dengan menggunakan bahan-bahan seperti onion, lettuce, avocado, cucumber, cronton dan gurami fish.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)








Tidak ada komentar:

Posting Komentar