twitter

Kursus di Surabaya

Tristar Jemursari
Telp: 031- 8480821-22.
031-8433224-25.
Simpati: 0813 3200 3300.
Satelindo: 085731804143
XL: 0817321024.
PIN BB: 2B4E0E95
Jln. Raya Jemursari 234 & 244.

Pages

Sabtu, 15 Juli 2017

Mahasiswa Advanced Culinary Class Adu Kreasi Buat Makanan Indonesian Healthy Food



Praktik Masak di Dapur Culinary Kampus J-5

Mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Adu Kreasi Buat Aneka Makanan Indonesian Healthy Food

DUA pekan pascaliburan Hari Raya Idul Fitri 1438 H, tepatnya pada Jumat (14/07/2017) pagi, empat mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit yang diasuh oleh chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes., mengikuti ujian praktik masak yang mengusung tema Indonesian Healthy Food di Dapur Culinary Jl. Raya Prapen Indah J-5 Surabaya.


Dalam ujian praktik membuat kreasi masakan sehat kali ini, Steven Yumanto fokus membuat nasi putih, kare tahu tempe, ayam bumbu rajam, urap-urap dan ikan asin, sedangkan Ryan Riffany Sukma menyiapkan menu andalannya yakni nasi putih, lodeh tahu tempe, bawang jagung dan ayam bakar kecap.

Sementara itu, Rionaldy Rizal Widyantono menyodorkan menu masakan unggulannya yaitu nasi putih, sayur bening, dadar jagung dan daging tumis kecap, sedangkan Yosef Yakup Ester Wijaya rmembuat masakan sehat berupa nasi merah, sup ayam klaten dan tahu bulat.

Sebelum mengikuti ujian praktik membuat aneka kreasi makanan Indonesian Healthy Food, empat mahasiswa Advanced Culinary Class tersebut juga telah mengikuti pembelajaran berupa praktik masak Indonesian Healthy Food selama empat hari terhitung mulai Senin (10/07/2017) hingga Kamis (13/07/2017).

Menurut chef Nadya Ratri, praktik masak yang diajarkan kepada mahasiswa Advanced Culinary Class kali ini menitikberatkan pada pentingnya aspek kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya terutama penderita Diabetes Mellitus (penyakit kencing manis). Oleh karena itu, penggunaan bumbu terutama gula pasir (sugar) dan garam (salt) dikontrol ketat (diminimalisir) dan diatur sesuai kebutuhan konsumen demi mengurangi risiko terkena diabetes.

”Selama empat hari tatap muka dengan mahasiswa, sedikitnya ada 14-20 resep masakan yang dibuat mahasiswa saat praktik masak di Dapur Culinary Kampus J-5. Di antaranya adalah kakap woku, bola-bola tempe, bola-bola tahu, ayam sereh (serai), udang cabe hijau, sate tempe, tumis udang pare, tumis manisah, kancang panjang cabe bawang,” kata chef Nadya  kepada kru www.culinarynews.info.

Dalam kesempatan itu, pihaknya juga menekankan kepada mahasiswa bahwa makanan sehat (Indonesian Healthy Food) per porsi yang dipraktikkan tersebut harus mengandung cukup energy (sekitar 200 kkal), 80-100 gram karbohidrat, 50 gram protein dan 30-45 gram lemak.  Angka yang disajikan ini bisa fluktuasi tergantung berat badan, usia dan kondisi kesehatan (riwayat kesehatan) penderita diabetes.

Ujian praktik masak di Dapur Culinary Kampus J-5 yang dihelat Jumat (14/07/2017) tersebut dimulai pukul 09.00-11.00 atau peserta ujian hanya diberi waktu dua jam, sejak persiapan memilih bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai oleh dosen.

Masing-masing peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh chef Nadya sapaan akrab Nadya Ratri S.Pd., M.Kes.

Setelah semua tahapan dari proses masak selesai, masakan hasil kreasi mahasiswa tersebut selanjutnya di-plating sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan aneka makanan sehat itu kemudian dinilai dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar