twitter

Kursus di Surabaya

Tristar Jemursari
Telp: 031- 8480821-22.
031-8433224-25.
Simpati: 0813 3200 3300.
Satelindo: 085731804143
XL: 0817321024.
PIN BB: 2B4E0E95
Jln. Raya Jemursari 234 & 244.

Pages

Rabu, 12 Juli 2017

Lebih Dekat dengan Mickey Gunawan, alumni Akademi Pariwisata Majapahit



Lebih Dekat dengan Mickey Gunawan, Alumni Akpar Majapahit

Pernah Mengabdi di Almamater, Sekarang Aktif Menjadi Tenaga Ahli Pastry di PT Smart Corporation Tbk

SOSOK Mickey Gunawan sebagai salah satu tenaga ahli bidang pastry dari PT Smart Corporation Tbk ini, belakangan mulai dikenal luas oleh pelaku bisnis tata boga khususnya yang bergerak di industri pastry (patisserie) yang buka usaha di Surabaya dan kota-kota besar di Jatim. 

Sepak terjang pria berkacamata kelahiran Surabaya, 17 Januari 1989 itu telah diakui oleh sejumlah kalangan terutama yang bergerak di bisnis tata boga, termasuk di antaranya dengan owner Akademik Pariwisata (Akpar) Majapahit Ir Juwono Saroso MM.

Keakraban Juwono Saroso dengan anak didiknya itu memang cukup beralasan karena Mickey Gunawan merupakan salah satu alumni D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Tahun Akademik (TA) 2012/2013 silam, yang digadang-gadang bakal ikut mewarnai kesuksesan perjalanan kampus Akpar Majapahit di masa mendatang.

Mickey, sapaan akrabnya, saat diwisuda lima atau enam tahun silam tercatat masih satu angkatan dengan chef Yuda Agustian AMd.Par., STP., yang kini dipercaya mengelola Tristar Institute Batu di Kota Wisata Batu sekaligus dosen Prodi S1 Teknologi Pangan, hasil kerjasama antara Tristar Institute dengan Unitomo Surabaya.

Sebelum kuliah di Akpar Majapahit, anak bungsu dari dua bersaudara ini telah lulus kuliah S1 Teknik Elektronika dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Surabaya. Namun karena hasratnya menyalurkan hobi di bidang kuliner tidak terbendung, maka Mickey pun memutuskan untuk melanjutkan kuliah di D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry.

Mungkin dari sinilah hokky-nya berawal. Sepak terjangnya di bidang tata boga khususnya Culinary dan Pastry mengantarkan Mickey Gunawan menjadi asisten dosen dan dosen muda di kampus Akpar Majapahit, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, usai diwisuda pada November 2013 silam.

Bahkan dalam suatu kesempatan, Mickey Gunawan dan Yuda Agustian, teman satu angkatan di Akpar Majapahit, ketika itu dipercaya oleh owner Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso membuka Hizteria Café & Resto di kawasan Rungkut Mapan, pertengahan 2014 silam.

Meski Mickey Gunawan sekarang telah berkarier sebagai tenaga ahli di PT Smart Corporation Tbk., namun dia tetap menjalin hubungan baik dengan almamaternya. Terbukti owner Akpar Majapahit Juwono Saroso, sejak 2015 lalu, menjalin kerjasama dengan pihak PT Smart Corporation Tbk, sebagai salah satu pemasok bahan masakan ke kampus Akpar Majapahit. Ini semua demi menunjang kelancaran kegiatan praktik masak mahasiswa.

Dalam suatu kesempatan, pihak Akademik juga mengundang chef Mickey Gunawan dan koleganya dari PT Smart Corporation Tbk., menjadi dosen tamu (guest lecture) di untuk berbagi ilmu seputar perkembangan dunia pastry era kekinian dengan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Konsentrasi Pastry dan mahasiswa Advanced Pastry Class Akpar Majapahit di Dapur Pastry 1.

Tidak hanya itu, panitia Cooking Mania 2017 di Grand City Convex Surabaya yang diketuai Hendriana Wijaya, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, juga mengundang chef Mickey Gunawan dari PT Smart Corporation Tbk dan chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate menjadi dewan juri untuk kategori Pastry

Acara Cooking Mania 2017 tersebut dihelat pada Minggu (16/04/2017) silam. Cooking Mania 2017 diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian Akpar Majapahit demi menyemarakkan gelaran tahunan Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 di Grand City Convex Surabaya 13-16 April 2017.

Gelaran acara Cooking Mania di Grand City Convex Surabaya pada 15-16 April 2017, untuk kategori Pastry yang dihelat pada Minggu (16/04/2017), Juara 1 dan 2 diboyong oleh dua tim dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa), sedangkan Juara 3 berhasil direbut oleh tim dari SMK Mater Amabilis Surabaya.

Pengumuman pemenang Cooking Mania kategori Pastry disampaikan Panitia pada Minggu (16/04/2017) sore, seusai acara gelaran Cooking Mania kategori Pastry di Grand City Convex Surabaya yang dihadiri ratusan pengunjung Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 dan peserta acara Cooking Mania.

Penyerahan tropi Juara 1 dari Akpar Majapahit, uang tunai Rp 1,5 juta, sertifikat dan souvenir cantik kepada tim dari Unesa diserahkan langsung oleh Ir Juwono Saroso MM, Direktur Akpar Majapahit.

Sedangkan tropi Juara 2 dari Best Western Papilio Hotel, uang tunai Rp 1,0 juta, sertifikat dan souvenir cantik kepada tim dari SMK Negeri 1 Cerme, Gresik diserahkan oleh perwakilan dari Best Wstern Papilio Hotel Surabaya.

Sementara itu tropi Juara 3 dari Luminor Hotel, uang tunai Rp 750 ribu, sertifikat dan souvenir cantik kepada tim dari Universitas Adhi Buana Surabaya diserahkan oleh perwakilan dari Luminor Hotel Surabaya.

Panitia Cooking Mania 2017 menghadirkan dua orang juri yakni chef Topan Irianto dari ChefMate Chocolate dan chef Mickey Gunawan dari PT Smart Corporation Tbk., untuk menjaga objektivitas penilaian selama lomba masak kategori Pastry yang diikuti 15 tim (setiap tim beranggotakan tiga orang) dari kalangan pelajar SMA, SMK dan mahasiswa dari lembaga pendidikan tinggi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Kediri.

Panitia membagi gelaran lomba masak kategori Pastry dalam dua sesi. Sesi pertama diikuti tujuh tim. Setiap tim menghias cake dengan tema Pewayangan dan Batik (Java Culture) yang telah ditetapkan oleh pihak Panitia. Untuk menyiapkan bahan hiasan cake, mengolah bahannya hingga menghias cake menjadi tampilan cantik dan menarik, waktu yang disediakan Panitia hanya 45 menit.

Tujuh tim yang tampil pada sesi pertama berturut-turut membuat kreasi cake decoration yang berjudul Wayang Arjuna Mega Mendung, Java Culture Cake, Bluetiful Surabaya, Garutkaca, Tumpeng Perkasa, Wayang Bagong dan Kebun Nenek.

Sedangkan delapan tim yang tampil pada sesi kedua, berturut-turut membuat kreasi cake decoration yang bertajuk Geber Wayangan, Merak Jawa, Indonesia Raya, The Colour of Indonesia, Wonderful Indonesia, Ramayana, Reog Ponorogo dan Parang Pusaka.

Secara umum, masakan hasil kreasi para peserta Cooking Mania mendapat apresiasi tinggi dari chef Topan Irianto dan chef Mickey Gunawan, dua orang juri yang didatangkan Panitia Cooking Mania 2017 berasal dari Chefmate Chocolate dan PT Smart Corporation Tbk. Dalam penjurian tersebut, ada lima kriteria penilaian yakni aspek kerapian dan kebersihan, tingkat kesulitan, warna, kreativitas dan penampilan, sesuai standar Industri Perhotelan.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar