twitter

Pages

Sabtu, 03 Juni 2017

Profil Dosen Akademi Pariwisata Majapahit Peter ST



Lebih Dekat dengan Peter ST, Dosen Akpar Majapahit

Setelah Malang Melintang Berkarier di Hotel, Sekarang Aktif Mengajar di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit  

SEBAGAI seorang staf pengajar di Kampus Akpar Majapahit., Peter ST termasuk dosen baru di lingkungan Tristar Group –yang merupakan pengelola Tristar Institute dan Akpar Majapahit, pemasok bahan kimia pangan dan kosmetik, peralatan masak dan mesin-mesin teknologi pangan. Tristar Group berkantor di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Peter, demikian dosen mata kuliah umum (MKU) di Prodi D3 Perhotelan dan D3 Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit ini biasa disapa, baru bergabung dengan lembaga pendidikan tinggi di bawah payung Tristar Group sekitar setahun lalu. Namun kiprahnya turut mewarnai aktivitas mahasiswa yang berkampus di Graha Tristar Surabaya.

Sebelum bergabung di Akpar Majapahit, Peter sudah lama malang melintang di industri perhotelan. Terakhir, Peter menduduki jabatan sebagai Food & Beverage Service (FBS) Manager di Hotel Satelit Surabaya. Setelah lama berkarirer di industri perhotelan, Peter kini tertantang untuk berbagi ilmu dan pengalamannya dengan mahasiswa Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron (salah satu jaringan lembaga pendidikan di bawah payung Tristar Group).

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Kedekatannya dengan R. Paulus W. Soetrisno M.Par, Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit, memantapkan langkahnya untuk bergabung dengan Akpar Majapahit. Peter mengenal Paul, sapaan karib R. Paulus W. Soetrisno sebagai asesor housekeeping di industri perhotelan yang andal dan namanya dikenal orang-orang hotel di Surabaya khususnya dan Jatim pada umumnya. 

”Karena itu, ketika Pak Paul mengajak saya untuk bergabung sekaligus mengabdi di lingkungan Kampus Akpar Majapahit, langsung saya respons dengan sebaik-baiknya,” kata Peter kepada kru www.culinarynews.info, seusai mengajar mahasiswa Akpar Majapahit di Lantai 4, Gedung Graha Tristar Surabaya.

Saat mengawali kiprahnya di dunia pendidikan tepatnya pada Semester Ganjil 2016/2017 lalu, Peter kali pertama dipercaya untuk mengajar mata kuliah Banquet & Food Service, kepada mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I. 

Kiprahnya makin bertambah ketika dirinya mendampingi mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Semester I praktik langsung seputar sisik melik Banquet & Food Service dan Table Manner di Hotel Cendana Surabaya bersama Kaprodi D3 Perhotelan R Paulus W. Soetrisno M.Par pada pertengahan November 2016 silam.

Kemudian pada Semester II 2016/2017, Peter ST selain diberi porsi mengajar Akomodasi Perhotelan (kepada Mahasiswa D1/D2 Perhotelan Tristar Institute Kaliwaron Kosentrasi Culinary & Pastry), juga Dasar-dasar Ilmu Komputer (kepada Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Semester II).

Pada pertengahan Mei 2017 lalu, pihaknya bersama Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Trully Nugroho ST.Par (Pengajar MKU dari Tristar Institute Kaliwaron) mengajak  38 orang mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute Kaliwaron Konsentrasi Culinary dan Pastry menghadiri acara talk show bertajuk ”Pemanfaatan Barang Bekas untuk Meminimalis Budget Dekorasi Restoran di Rock Hotel Surabaya.”

Selain itu, yang hadir di Rock Hotel Surabaya adalah Otje H. Wibowo SE., M.Par (Asisten Direktur II Bidang Umum dan Keuangan Akpar Majapahit), Dewi Mariyanah M.Par (Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata), Anita Wulandari STp., MP., Hardhita Kusdharyanto, M.Par., dan Yoseph Agung Priyo Widodo AMd.Par.

”Kami mengajak rombongan mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron di hotel budget yang mengusung tagline: confortable family hotel itu mendapat penjelasan langsung dari General Manager (GM) Rock Hotel Markus Ari S. Dimas seputar pemanfaatan barang bekas demi meminimalisir budget dekorasi di hotel budget termasuk budget untuk dekorasi restorannya,” terang dosen berkaca mata ini.

Pengalaman berharga yang di-share oleh GM Rock Hotel ketika itu, setidaknya dapat dijadikan pelajaran berharga bagi mahasiswa jika nantinya setelah mereka lulus dan ingin membuka café & resto sendiri dengan modal terjangkau, namun tampilan dekorasi di café & resto tersebut –hasil kreasinya sendiri-- tetap menarik dan tidak kalah dengan yang buka di hotel berbintang karena berani tampil beda. 

”Pembelajaran langsung dari pelaku industri perhotelan diharapkan semakin membuka wawasan mahasiswa dalam menyikapi pesat dan ketatnya persaingan bisnis di industri jasa perhotelan dan pariwisata akhir-akhir ini,” tandasnya mengakhiri interview dengan kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan Tristar Institute Kaliwaron, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar