twitter

Pages

Kamis, 22 Juni 2017

Lebih Dekat dengan Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen Bartending Akpar Majapahit



Lebih Dekat dengan Dosen Bartending Yoseph Agung Priyo Widodo

Usai Malang Melintang Kerja di Kapal Pesiar, Kini Bergabung di Kampus Akademi Pariwisata Majapahit

MENJADI Dosen Luar Biasa di Prodi D3 Perhotelan Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit merupakan pilihan tepat bagi Yoseph Agung Priyo Widodo, setelah dirinya malang melintang kerja di kapal pesiar lebih dari 10 tahunan di mancanegara.

Pucuk dicinta ulam pun tiba. Keinginan untuk mengabdikan diri di lembaga pendidikan tinggi Akpar Majapahit sekaligus sharing ilmu dengan mahasiswa terutama dalam membagi pengalamannya saat bekerja di Bar (sebagai Bartender) di atas kapal pesiar ternyata diapresiasi oleh Kaprodi D3 Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par. 

”Ketika itu, saya diminta datang ke kampus untuk bertemu Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit di ruang kerjanya sekitar enam bulan lalu atau tepatnya usai liburan Tahun Baru 2017. Puji Tuhan, saya diberi kesempatan untuk mengajar mata kuliah Bar I dan Bar II (Bartending) pada awal bergabung di sini,” kata Agung, sapaan akrab Yoseph Agung Priyo Widodo, saat bincang santai dengan kru www.culinarynews.info, di Lantai 4 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, akhir pekan lalu.

Saat kali pertama tepatnya pada pekan kedua Januari 2017 (Triwulan I) dirinya mengajar mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary dan Pastry, dengan mengacu pada Buku Ajar (Silabus) Bar I. 

Pembelajarannya lebih dititik beratkan pada pengenalan peralatan dan bahan-bahan meracik minuman yang harus tersedia di sebuah bar hingga jenis-jenis minuman seperti mocktail, cocktail, aneka coffee, squash dan milk & cream.

”Kemudian pada Triwulan II (pekan keempat Maret 2017), mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit saya kenalkan teknik membuat aneka coffee dan fokus belajar meracik minuman non alkohol (mocktail) di mini bar Majapahit sesuai Buku Ajar (Silabus) Bar II yang diberikan oleh pihak Akademik,” terang Agung.

Pada praktik membuat aneka coffee, mahasiswa antara lain dikenalkan hot coffee yang meliputi regular coffee, espresso coffee, cappuccino (mixing regular coffee with freshmilk) dan coffee late (mixing espresso coffee with freshmilk).

Selanjutnya mahasiswa belajar meracik special coffee (hot & cold) yang meliputi avocado float (mixing float avocado fruit with regular coffee), coffee float (mixing float sweet cream with coffee regular + syrup), coffee freezer (mixing regular coffee with ice cream, flavour syrup caramel), coffee mocha (hot & cold) (mixing float/blended regular coffee, honey & mocha syrup).

Selain itu, mahasiswa juga diajarkan membuat coffee milk shake (mixing blended regular coffee, milk, syrup with flavor rum), caramel ice blended coffee (mixing blended espresso, saus caramel, milk), frapucino oreo (mixing blended oreo, espresso with syrup caramel) dan coffee mint cream (hot mixing regular coffee, milk, sugar with mint flavor).

Sementara itu, pada pembelajaran Jumat (31/03/2017), mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester IV, juga dikenalkan cara membuat minuman non alkohol (mocktail) seperti fruit punch, Shirley temple, virgin pinacolada, pink smooties, virgin strawberry daiquiri dan cocktail mint lime (jeruk nipis). 

Selain praktik membuat mocktail, mahasiswa juga belajar membuat aneka squash, yakni lemon (lime) squash, orange squash dan orange sprintzer. Berikutnya mahasiswa diajarkan meracik jenis minuman milk & cream seperti happy float, happy soda dan milk shake: vanilla, chocolate, strawberry.

Pembelajaran praktik meracik minuman kali ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa ketika diajarkan teknik meracik minuman, aneka coffee dan mocktail sesuai panduan Buku Ajar (Silabus) mata kuliah Bar II yang telah diterangkan oleh dosen di ruang kelas. 

Praktik meracik minuman ini juga bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan (termasuk kapal pesar). Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam praktik meracik minuman tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) yang diaplikasikan di industri perhotelan.

Seiring dengan berjalannya waktu, kepercayaan pihak Akademik terhadap dirinya pun semakin bertambah. Terbukti, dirinya juga diminta untuk mengajar mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute Kaliwaron Konsentrasi Culinary dan Pastry sejak April 2017 (Triwulan II). Tristar Institute Kaliwaron berkampus di Jl. Kaliwaron No. 58-60 Surabaya.

”Dalam berbagai kesempatan, saya juga diminta Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mendampingi mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute dalam acara talk show bertajuk Pemanfaatan Barang Bekas untuk Meminimalis Budget Dekorasi Restoran di Rock Hotel Surabaya,  Kamis (18/05/2017) siang, bersama Dosen Akomodasi Hotel Peter ST dan Dosen MKU Tristar Institute Kaliwaron Trully Nugroho, SPd.,”  ujarnya.

Ke depan, pihaknya bersama segenap civitas akademika Akpar Majapahit ingin mendidik mahasiswa menjadi pribadi-pribadi unggul demi menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional sesuai kompetensinya masing-masing. Semoga!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar