twitter

Pages

Senin, 08 Mei 2017

Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Dikenalkan Table Manner di Best Western Papilio Hotel



Kunjungi Best Western Papilio Hotel Surabaya

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester II dan IV Dikenalkan Table Manner

UPAYA mengetahui lebih dekat sistem kerja di industri perhotelan dan menghadiri acara Table Manner, 20-an orang mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester II dan Semester IV mengunjungi  Best Western Papilio Hotel Surabaya Jl. A. Yani pada Sabtu (29/04/2017) pagi.

Mahasiswa UPW Akpar Majapahit Semester II yang menyukseskan gelaran kegiatan tersebut adalah Alfin Dwi Ardandi, Astri W. Oqtavia, Nabila Salsabila, Sofyan Effendi, Zackaria Latuputty, Nurul Hamidah, Tasya Novita Iskandar, Dicky Tri Darmawan, Rusydi Fawaid, Sheila dan Joniarto Ngadu B.

Sedangkan mahasiswa UPW Akpar Majapahit Semester IV yang turut berpartisipasi menyukseskan gelaran Table Manner di Best Western Papilio Hotel adalah Anita Permatasari, Olga Claudia, Nikita Kinanthi, Diza Faiqotus, Sarah Ferina, Rocky Alexander, Sari Julianti Ningrum, Dewa Ayu Kade Utami Dewi dan Eka Yuliany Kurniawati.

Mereka di dampingi Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Dewi Mariyanah M.Par., Kabag Food & Beverage Product Imania Ayu Wulandari Sst.Par dan Kristian Faskahariyanto SE., Dosen Pastry Akpar Majapahit.

Sebelum mengikuti acara inti yakni acara Table Manner, mahasiswa diajak tour hotel oleh perwakilan dari Best Western Papilio Hotel antara lain mengunjungi sejumlah fasilitas hotel bintang empat yang mengoperasikan 226 kamar (212 deluxe room, 12 superior room dan 4 suite room), mahasiswa UPW Akpar Majapahit diajak keliling melihat fasilitas hotel yang lain.

Fasilitas  yang ditunjukkan kepada mahasiswa antara lain suite room di lantai 36 yang bertarif Rp 1,5 jutaan permalam, Batimurung Sky Pool (swimming pool), Gym dan Spa & Beauty Care di lantai 8, Mariposa Restaurant dan Meeting & Business Room yang berada di lantai 7.

Setelah puas melihat sejumlah fasilitas hotel, rombongan kembali ke lobi hotel untuk mendapat penjelasan seputar layanan Barista, Pastry Box, Charger Smarphone Box, self service minuman selamat datang kepada tamu dan konter Front Office (FO) Best Western Papilio Hotel. 

Mahasiswa UPW Akpar Majapahit juga diajak melihat dari dekat kesibukan chef dan krunya menyiapkan aneka makanan di main kichen hotel yang berlokasi di Jl. A. Yani Surabaya. Setelah puas keliling fasilitas hotel, mahasiswa UPW Akpar Majapahit tersebut kembali ke tempat acara Table Manner.

Pengertian umum Table Manner adalah tata cara dan etika dalam perjamuan makan. Biasanya orang yang menghadiri acara Table Manner di hotel atau Gedung Grahadi, misalnya, sudah lebih dulu mendapat undangan dari panitia (pihak yang punya hajat 

Atas dasar undangan itu, pihak tamu sudah tahu kapan waktu hajatan itu digelar, dress code-nya apa (bisa mengenakan busana batik atau stelan jas) dan sebagainya.Saat hadir di tempat jamuan makan, sikap duduk juga mesti diperhatikan dan dijaga yakni duduk tegak dengan sikap sempurna. 

Kedua tangan juga tidak diperkenankan menempel di meja. Bicara pun juga harus diatur sedemikian rupa dan tidak boleh terlalu keras karena aturan ini terkait dengan etika sebuah jamuan makan resmi.

Pada acara Table Manner, meja makan sudah di-set up untuk jamuan makan resmi. Ada gelas piala, berbagai ukuran sendok (sendok makan, sendok garpu dan sendok sup), pisau, napkin (celemek), dan tissue.

Keberadaan napkin (celemek) biasanya ditaruh di paha tamu. Saat tamu menikmati makanan yang disajikan, celemek ini boleh dipakai untuk membersihkan mulut jika ada sisa makanan yang masih menempel. 

”Sekalipun di meja makan sudah tersedia tissue, napkin atau celemek tetap boleh dipakai membersihkan mulut karena Standard Operation Procedure (SOP)-nya memperbolehkan hal itu atas pertimbangan faktor higienis dan etika.” 

Dalam acara jamuan makan resmi yang dikemas ala Table Manner biasanya tersaji Bread & Butter (BB), Appetizer (makanan pembuka yang tidak mengenyangkan tetapi merangsang orang untuk makan), Soup (sup), Main Course (menu makanan utama) dan Dessert (makanan penutup).

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar