twitter

Pages

Rabu, 03 Mei 2017

Mahasiswa Culinary Class Kelas Siang Praktik Membuat Siomay, Sauce dan Lontong



Praktik Masak Bersama Chef Ari Purwanto di Dapur Culinary 1
Awalid9
10 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Culinary Class Kelas Siang Diajarkan Teknik Buat Siomay, Sauce dan Lontong

PADA  pekan pertama bulan Mei 2017, tepatnya hari Rabu (03/05/2017) siang, 10 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Siang praktik memasak Indonesian Authentic Food bersama chef Ari Purwanto SSt.Par., MM, Dosen Kuliner, di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


10 mahasiswa Culinary Class Kelas Siang tersebut adalah Febbry Nurrafdi, Nisrina Xaveria Dewi, Nur Kumala Sari, Melianus Louis Fernando K., Immaculata Michaela Utomo, Sonya Khatulistiwa, Ariefiana Nur Afiefah, Heryola Sarah Salsabila, Barep Nur Aziz dan Yuliani

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 12 mahasiswa Culinary Class Kelas Pagi dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Febby, Immaculata, Ariefiana dan Sari, sedangkan anggota Kelompok 2 adalah  Fernando, Nisrina dan Sonya.

Sementara itu, Kelompok 3 anggotanya terdiri dari Barep, Heryola dan Yuliani. Tiga kelompok itu tampil all out sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dosen pembimbing.

Praktik masak Indonesian Authentic Food di Dapur Culinary 1 bersama chef Ari Purwanto dan assistant-nya chef Ezra Abrian Prasetya pada Rabu (03/05/2017) merupakan tatap muka hari ke-15. Mahasiswa diajarkan membuat dua resep masakan yakni Siomay Bandung + Wrapper, Sauce (Kacang) dan Lontong di Dapur Culinary 1 Lantai 3 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Pada praktik kali ini, mahasiswa juga diajarkan chef Ari bagaimana teknik membuat lontong dari beras yang baik dan benar. Pasalnya, jika proses pembuatannya tidak diperhatikan betul, misalnya cara menaruh lontong saat dikukus (tegak tidak ditidurkan), maka hasilnya kurang baik karena lontong yang sudah matang cenderung mblotong.

Untuk memudahkan pembelajaran di dapur, mahasiswa juga dibekali buku ajar Aneka Praktik Kuliner, sehingga membantu mahasiswa mempelajari resep-resep masakan yang akan dibuat bersama anggota kelompoknya.

Berdasarkan panduan buku ajar, mahasiswa Culinary Class mengikuti praktik masak Indonesian Authentic Food selama 20 kali tatap muka (20 hari) dengan membedah sekitar 60-65 resep masakan tradisional Indonesia, mulai membuat Nasi Briani, Gulai Lemak Kuah Semak dan Ayam Sapit (hari ke-1) sampai Karedok, Bebek Goreng, Shrimp Cracker dan Nasi Sereh (hari ke-20).

”Setiap kali pertemuan, masing-masing kelompok (terdiri dari 2-3 mahasiswa) kami minta membuat 3-4 resep masakan,” kata chef Ari, sapaan akrab Ari Purwanto kepada kru www.culinarynews.info, di Dapur Culinary 1, Rabu (03/05/2017) siang.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar