twitter

Pages

Selasa, 11 April 2017

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi, Ujian Praktik Bartender di Mini Bar Kampus



Ujian Praktik Meracik Minuman Standar Industri Perhotelan

Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi, Ujian Praktik Meracik Minuman di Mini Bar Kampus

SETELAH mengikuti pembelajaran teori dan praktik meracik minuman aneka coffee dan mocktail selama tujuh kali tatap muka, maka pada pertemuan terakhir hari kedelapan, Kamis (06/04/2017) pagi, 19 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi diuji Dosen mata kuliah Bar II Akpar Majapahit, Yoseph Agung Priyo Widodo, meracik satu resep minuman sesuai kreativitas masing-masing di mini bar kampus, Lantai 4, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


19 dari 22 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi yang mengikuti ujian pekan lalu adalah Shintya Dewi, Ani Triwahyuni,  Anthony Sanjaya, Yasmine, Ariyana Westy, Vira Meyliana, Saraswati D.G., Renee Felicia R., Salimaa Izzatun Nisak, Jong Silvia Yolanda, Anis Khorisma, Gabriela Nathania, Nadila Mega Putri, Nining Febriani Lay, Ignasia Ora Etlatia R. Sidi, Andi Gunawan, Hafid Fitra, Yunianto Setyobudi dan Vania Valentisna.

Sebelum maju ujian praktik meracik minuman di mini bar kampus, setiap peserta menyiapkan bahan-bahan membuat minuman pada H-1 dengan lebih dulu memesan bahannya di store (Toko 9). Namun tidak menutup kemungkinan ada peserta ujian yang membawa bahan dari rumah untuk antisipasi jika salah satu bahan dari resep minuman yang akan dibuat tidak tersedia di store.
 
Selain itu, setiap peserta ujian praktik meracik minuman –sebagian besar memilih membuat mocktail dan squash-- juga diminta untuk menyodorkan resep minuman yang dibuat kepada dosen penguji berikut nama gelas yang dipakai untuk menyajikan minuman hasil racikannya tersebut sebelum kreasinya itu dinilai oleh pihak penguji. 

Dalam ujian praktik meracik minuman kali ini, Shintya Dewi membuat Milk Shake Chocolate Red Wine sebagai minuman andalannya, disusul Ani Triwahyuni yang menyodorkan kreasi minumannya berjudul Blueberry & Cream Sodas, sedangkan Anthony Sanjaya sukses meracik minuman  Green Crystal Mocktail, Yasmine membuat Orange Layers Squash dan Ariyana Westy menampilkan kreasi racikannya Frozen Ice Blue.

Minuman hasil kreasi mahasiswa berikutnya adalah Orange Fancy Squash yang dibuat oleh Vira Meyliana, sedangkan Saraswati dengan bangga mempersembahkan minuman Virgin Berry Blue Mugito, disusul persembahan Renee Felicia yang membuat Cranberry Cooler, Salimma Izzatun Nisak menyodorkan hasil kreasi minuman racikannya yang berjudul Smooties Frozen Banana dan Jong Silvia Yolanda membuat minuman kesukaannya yang bertitel Blue Sunrise

Giliran yang tampil adalah Anis Khorisma, yang menunjukkan hasil racikan minuman unggulannya yakni Red Beauty Smooties, disusul Gabriela Nathania yang mempersembahkan racikan minumannya yang bertajuk Chunky Monkey Shake, sedangkan Nadila Mega Putri menyajikan minuman kebanggaannya yang bertitel Strawberry Blue Punch , Nining Febriani Lay menyodorkan minuman andalannya Dragon Squash dan Ignasia Ora Etlatia mempersembahkan minuman kreasinya bertitel Orange Punch

Sementara itu, Andi Gunawan antusias menyodorkan minuman hasil racikannya berupa Strawberry  Agua Fresca, disusul hasil kreasi dari Hafid Fitra yang mempersembahkan Strawberry Lemonde, sedangkan Yunianto Setyabudi mengusung minumannya yang berjudul Watermelon Agua Fresca dan Green Tea Yakult merupakan racikan minuman terakhir persembahan dari Vania Valentisna.

Kepada kru www.culinarynews.info, Dosen Bar II Yoseph Agung Priyo Widodo mengatakan, setelah mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi, ujian praktik meracik minuman, maka pada siang harinya, Kamis (06/04/2017), giliran mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Siang yang mengikuti ujian praktik meracik minuman di mini bar kampus.

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Siang yang mengikuti ujian praktik pekan lalu adalah Billy Bambang Ismanto, Laaurensia Jessica, Jessica Tarunajaya, Shintya Dewi, Ferliani Mulyono, Wahyu Tri Anggara, Redy Ardiansyah, Khusni Baihaqqi R., Syafiq Umar, Dina Febrina, Arditya Bagus Santoso, Andre William K., Fadhila Maharani R., Amelia Evita R., Fransiska Elvira Barut, Patricia Okky Hariyanto, Errina Tamara Dewi, Kristian Darmawan H., dan Resyta Aulia Chyntia.

Secara umum, ujian praktik meracik minuman ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa ketika diajarkan teknik meracik minuman, aneka coffee dan mocktail sesuai panduan buku ajar mata kuliah Bar II yang telah diterangkan oleh dosen di ruang kelas.

Selain itu, ujian praktik meracik minuman kali ini juga bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. ”Oleh karena itu, dalam ujian praktik meracik minuman tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” tandasnya.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar