twitter

Pages

Rabu, 26 April 2017

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Siang, Ujian Praktik Bartender di Mini Bar Kampus



Ujian Praktik Meracik Minuman Standar Industri Perhotelan

Giliran Mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Siang, Ujian Praktik Meracik Minuman di Mini Bar Kampus

SETELAH mengikuti pembelajaran teori dan praktik meracik minuman aneka coffee dan mocktail selama tujuh kali tatap muka, maka pada pertemuan terakhir hari kedelapan, Kamis (06/04/2017) siang, 16 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Siang diuji Dosen mata kuliah Bar II Akpar Majapahit, Yoseph Agung Priyo Widodo, meracik satu resep minuman sesuai kreativitas masing-masing di mini bar kampus, Lantai 4, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


16 dari 19 orang mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Siang yang mengikuti ujian tiga pekan lalu adalah Billy Bambang Ismanto, Laaurensia Jessica, Jessica Tarunajaya, Shintya Dewi, Ferliani Mulyono, Wahyu Tri Anggara, Redy Ardiansyah, Khusni Baihaqqi R., Syafiq Umar, Dina Febrina, Arditya Bagus Santoso, Andre William K., Fadhila Maharani R., Amelia Evita R., Fransiska Elvira Barut, Patricia Okky Hariyanto, Errina Tamara Dewi, Kristian Darmawan H., dan Resyta Aulia Chyntia.

Seperti mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Pagi, sebelum maju ujian praktik meracik minuman di mini bar kampus, setiap peserta menyiapkan bahan-bahan membuat minuman pada H-1 dengan lebih dulu memesan bahannya di store (Toko 9). Namun tidak menutup kemungkinan ada peserta ujian yang membawa bahan dari rumah untuk antisipasi jika salah satu bahan dari resep minuman yang akan dibuat tidak tersedia di store.
 
Selain itu, setiap peserta ujian praktik meracik minuman –sebagian besar memilih membuat mocktail dan squash-- juga diminta untuk menyodorkan resep minuman yang dibuat kepada dosen penguji berikut nama gelas yang dipakai untuk menyajikan minuman hasil racikannya tersebut sebelum kreasinya itu dinilai oleh pihak penguji. 

Kepada kru www.culinarynews.info, Dosen Bar II Yoseph Agung Priyo Widodo mengatakan, setelah 19 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Kelas Pagi, ujian praktik meracik minuman, maka pada siang harinya, Kamis (06/04/2017), giliran 16 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Kelas Siang yang mengikuti ujian praktik meracik minuman di mini bar kampus. 

Secara umum, ujian praktik meracik minuman ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana atensi mahasiswa ketika diajarkan teknik meracik minuman, aneka coffee dan mocktail sesuai panduan buku ajar mata kuliah Bar II yang telah diterangkan oleh dosen di ruang kelas.

Selain itu, ujian praktik meracik minuman kali ini juga bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. ”Oleh karena itu, dalam ujian praktik meracik minuman tersebut, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” tandasnya.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar