twitter

Pages

Selasa, 11 April 2017

Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Culinary Class Praktik Masak Indonesian Food



Pengenalan Dasar Masak di Dapur Culinary 3 Akpar Majapahit
Awalid9
11 Orang Mahasiswa Baru D3 Prodi Perhotelan Culinary Class Praktik Masak Indonesian Authentic Food

PADA  pekan kedua April 2017, tepatnya mulai Senin (10/04/2017), 11 mahasiswa baru D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary Kelas Siang dikenalkan praktik dasar memasak Indonesian Authentic Food oleh Yanuar Kadaryanto SSt.Par., MM, Dosen Pengantar Dasar Masak, di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Gedung Graha Tristar, Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

11 mahasiswa baru Culinary Class tersebut adalah Aditya Kevin D.P., Martha Ayu Indira Putri, Try Hartono, Muhammad Raga Fahmi, Patrisius Fransiskus Nirin, Richard Adrianto Wonowijoyo, Gina Aulia, Yefta Ardinevada, Gloria Hana Tuhuleruw dan Barka Wikaputra.

Sebelum praktik masak di Dapur Culinary 3, chef Yanuar sapaan akrab Yanuar Kadaryanyo, membekali mahasiswa baru Culinary Class seputar konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak. Mahasiswa juga dikenalkan dengan teori-teori memasak Prancis klasik termasuk prinsip-prinsip resep dan menu dari Escoffier.

”Tidak hanya itu, mahasiswa juga kami kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang chef Yanuar di dampingi asistennya, Masario Wahyu Saputro SKG kepada kru www.culinarynews.info di Dapur Culinary 3, Senin (10/04/2017) siang.

Dalam kesempatan itu mahasiswa diajarkan bagaimana membuat schrambled & vegetable cutting yang meliputi brown stock, chicken stock, fish stock dan beef stock. Selain itu mahasiswa juga dikenalkan metode memasak tentang bagaimana cara membuat sunny side up & vegetable cutting yang terdiri dari béchamel, veloute, tomato concasse, espagnol dan tomato sauce.

Selanjutnya mahasiswa dikenalkan seputar pengaruh panas terhadap bahan masakan. Dalam hal ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat omelette & vegetable cutting yang meliputi chasseur, demiglaze, supreme dan allemande.

Tidak hanya itu, mahasiswa juga diajarkan tentang kebersihan dan keselamatan kerja. Untuk memahami ini mahasiswa diajarkan bagaimana membuat poach egg & fitting chicken yang terdiri dari Italian sauce, piquante, lyonnaise dan diable.

Di samping itu, mahasiswa baru kembali diajarkan tentang pentingnya aspek kebersihan dan keselamatan kerja, khususnya bagaimana cara membuat  vegetable salad & filleting fish yang meliputi mayonnaise, tartar, 1000’s island dan vinalgrette, dengan menggunakan bahan-bahan seperti onion, lettuce, avocado, cucumber, cronton dan gurami fish.

Dengan bekal pengetahuan dasar memasak pada pekan sebelumnya, maka pada pekan kedua, Senin (10/04/2017) siang, sembilan dari 11 mahasiswa Culinary Class langsung praktik masak Indonesian Authentic Food di Dapur Culinary 3 bersama chef Yanuar dan assistant-nya chef Masario.

Mereka dibagi tiga kelompok, Kelompok 1 anggotanya adalah Aditya, Martha dan Barka, sedangkan Kelompok 2 terdiri dari Yafta, Richard dan Patrisius. Sementara itu, anggota Kelompok 3 meliputi Gina, Ronald dan Raga.

Pada praktik hari pertama, Senin (10/04/2017) siang, setiap kelompok diwajibkan memasak tiga resep masakan yakni Nasi Briani, Gulai Lemak Kuah Semak dan Ayam Sapit. Untuk memudahkan pembelajaran di dapur, mahasiswa juga dibekali buku ajar Aneka Praktik Kuliner, sehingga membantu mahasiswa mempelajari resep-resep masakan yang akan dibuat bersama anggota kelompoknya.

Sedangkan praktik hari kedua, Selasa (11/04/2017) siang, mahasiswa Culinary Class membuat tiga resep masakan yakni Gulai Wader Daun Singkong, Nasi Kebuli (Medan) dan Sate Kerang di Dapur Culinary 3, Lantai 3 Gedung Graha Tristar.

Berdasarkan panduan buku ajar, mahasiswa Culinary Class akan mengikuti prakjtik masak Indonesian Authentic Food selama 20 kali tatap muka (20 hari) dengan membedah sekitar 60-65 resep masakan tradisional Indonesia, mulai membuat Nasi Briani, Gulai Lemak Kuah Semak dan Ayam Sapit (hari ke-1) sampai Karedok, Bebek Goreng, Shrimp Cracker dan Nasi Sereh (hari ke-20). Setiap kali pertemuan, masing-masing kelompok (terdiri dari 2-3 mahasiswa) diminta membuat 3-4 resep masakan.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar