twitter

Pages

Rabu, 19 April 2017

Lomba Cooking Mania Kategori Culinary, Tim dari Unesa, SMKN 1 Cerme Gresik dan Universitas Adhi Buana Sabet Juara 1, 2 dan 3



Dari Acara Cooking Mania di Grand City Convex 15-16 April 2017
Awalid9
Tim dari Unesa, SMK Negeri 1 Cerme Gresik dan Universitas Adhi Buana Jadi Juara 1, 2 dan 3 Kategori Culinary (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)

GELARAN acara Cooking Mania di Grand City Convex Surabaya pada 15-16 April 2017, akhir pekan lalu, untuk lomba masak kategori Culinary yang dihelat pada Sabtu (15/04/2017) siang, berhasil dimenangkan oleh tim dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) sebagai Juara 1, sedangkan Juara 2 dan 3 direbut oleh tim dari SMK Negeri 1 Cerme Gresik dan Universitas Adhi Buana Surabaya.

Pengumuman pemenang Cooking Mania kategori lomba Culinary disampaikan Panitia pada Minggu (16/04/2017) sore, seusai acara gelaran Cooking Mania kategori Pastry di Grand City Convex Surabaya yang dihadiri ratusan pengunjung Majapahit Travel Fair (MTF) 2017 dan peserta acara Cooking Mania.

Penyerahan tropi Juara 1 dari Indonesia Chef Association (ICA), uang tunai Rp 1,5 juta, sertifikat dan souvenir cantik kepada tim dari Unesa diserahkan langsung oleh Ir Juwono Saroso MM, Direktur Akpar Majapahit.

Sedangkan tropi Juara 2 dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jatim, uang tunai Rp 1,0 juta, sertifikat dan souvenir cantik kepada tim dari SMK Negeri 1 Cerme, Gresik diserahkan oleh Chef  Fahriansyah, Wakil Ketua ICA DPD Jatim.

Sementara itu tropi Juara 3 dari LSP-Pariwisata Nasional, uang tunai Rp 750 ribu, sertifikat dan souvenir cantik kepada tim dari Universitas Adhi Buana Surabaya diserahkan oleh Maftucha SE, Dipl.Hot., M.Par., Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akpar Majapahit.

Panitia Cooking Mania 2017 menghadirkan dua orang juri dari ICA DPD Jatim, yakni Chef Mudji dan Chef Fahriansyah untuk menjaga objektivitas penilaian selama lomba masak kategori Culinary yang diikuti 20 tim (setiap tim beranggotakan empat orang) dari kalangan pelajar SMA, SMK dan mahasiswa dari lembaga pendidikan tinggi di Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Kediri.

Panitia membagi gelaran lomba masak kategori Culinary dalam dua sesi. Sesi pertama diikuti 10 tim. Setiap tim membuat menu makanan andalan dengan tema olahan sayur pari dan telur bebek (Indonesian Authentic Food) yang telah ditetapkan oleh pihak Panitia. Untuk menyiapkan bahan masakan, memproses masakan hingga mem-plating masakan yang sudah jadi tersebut, waktu yang disediakan Panitia hanya 45 menit.

10 tim yang tampil pada sesi pertama berturut-turut membuat kreasi masakan yang berjudul Lontong Lodeh Pare Telur Asin, Lodeh Pare Telur Bebek, Are-Are Lava, Telur Balur Bumbu Merah, Pesmol Pare, Scramble Pare Bumbu Jowo, Pare Lodho Isi, Momoh Pare Ngadi Luwih, Sambal Tempong Telur Bebek dan Sautee Pare with Kuah Pedas in Bowl.

Sedangkan 10 tim yang tampil pada sesi kedua, berturut-turut membuat kreasi masakan dari olahan kerang yang bertajuk Lodho Kerang Pepaya (Kokepe), Kare Tumis Kerang, Saute Mussell with Young Papaya, Tumis Kerang Bumbu Mengkuning (Tukeng), Mis Parang, Krengsengan Kerang & Tumis Pepaya Muda dengan Kacang Panjang, Lontong Kerang Bumbu Rica-Rica, Lodho Kenyel, Lontong Kerang Bumbu Rempah dengan Tumis Pepaya Muda Manis dan Tumis Kerang dengan Sambal Pepaya Muda.

Secara umum, masakan hasil kreasi para peserta Cooking Mania mendapat apresiasi tinggi dari Chef Mudji dan Chef Fahri, dua orang juri yang didatangkan Panitia Cooking Mania 2017 dari ICA DPD Jatim. Dalam penjurian tersebut, ada lima kriteria penilaian yakni aspek kerapian dan kebersihan, citarasa, tektur, kreativitas dan penampilan, sesuai standar Industri Perhotelan.

Sementara itu, Ketua Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Yori Jonathan Cipta menyampaikan terima kasih atas support dari Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM, bimbingan dari Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akpar Majapahit Maftucha SE, Dipl.Hot., M.Par, dan dukungan dari para sponsor, sehingga penyelenggaraan acara Cooking Mania di Grand City Convex Surabaya, akhir pekan lalu, berjalan lancar dan sukses.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari Civitas Akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar