twitter

Pages

Jumat, 14 April 2017

HMPI Kenalkan Visi, Misi dan Program Kerja kepada Pengunjung MTF 2017 di Grand City Convex



Dari Majapahit Travel Fair (MTF) ke-18 di Grand City Convex

Berbekal Semangat Adventure, HMPI Kenalkan Visi, Misi dan Program Kerja kepada Pengunjung MTF 2017


PERHELATAN Majapahit Travel Fair (MTF) ke-18 yang digelar di Grand City Convex 13-16 April 2017, menjadi jembatan bagi pengurus dan anggota Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Jatim untuk mengenalkan visi, misi dan program kerjanya kepada masyarakat umum.

Dengan berbekal semangat East Java Adventure Tourism, HMPI Jatim berupaya keras untuk tampil all out selama penyelenggaraan MTF ke-18 demi mendekatkan diri kepada masyarakat, terutama pelaku usaha pariwisata di Jatim karena HMPI juga berkomitmen sekaligus proaktif mendukung kemajuan industri pariwisata di Indonesia umumnya dan Jatim pada khususnya.

Sebelumnya, pengurus HMPI Jatim juga getol menyosialisasikan program kerjanya dari satu kampus ke kampus yang lain di Jatim –terutama yang membuka Program Studi (Prodi) Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata-- terkait upaya HMPI mengajak mahasiswa proaktif mendukung kemajuan industri pariwisata di Tanah Air.

Melalui sosialisasi intensif, sekarang telah terjalin persaudaraan antarmahasiswa pariwisata se-Indonesia, sekaligus terbangun jaringan (networking) untuk demi mengaplikasikan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bentuk kegiatan yang nyata dan konstrukrif yang diamanatkan kepada pengurus dan anggota HMPI Jatim.

Untuk mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi, HMPI juga bekerjasama dengan para stakeholder pariwisata mulai Kementerian Pariwisata hingga Dinas Pariwisata (Provinsi maupun Kota/Kabupaten) se-Indonesia, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), ASITA, Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI), Kelompok Sadar Wisata Indonesia (POKDARWIS), Himpunan Lembaga Tinggi Pariwisata Indonesia (HMTPI), Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia (INACA) dan organisasi yang terkait lainnya.

Melalui kerjasama yang apik dengan para stakeholder pariwisata di Indonesia, mahasiswa yang menjadi anggota HMPI bisa mengunjungi objek daya tarik wisata berbiaya murah, karena mereka bisa menggunakan link HMPI se-Indonesia yang telah di-back up oleh para stakeholder tersebut.

”Dengan demikian mahasiswa pariwisata bisa berkontribusi lebih banyak demi kemajuan industri pariwisata di Indonesia,” kata Olga Claudia dan Sarah Ferina, mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester IV kepada kru www.culinarynews.info, di booth HMPI Jatim , Kamis (13/04/2016) siang.

Selain kedua aktivis HMPI itu, juga hadir sejumlah anggota HMPI Jatim seperti Anita Permatasari, Diza Faiqotus, Sarah Ferina, Rocky Alexander, Sari Julianti Ningrum, Dewa Ayu Kade Utami Dewi dan Andi Ira Isah (Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Semester IV.

Sejumlah mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Semester II, yakni Sofyan Effendi, Dicky Tri Darmawan, Tasya Novita Iskandar,  Nabila Salsabila, Nurul Hamidah, Alfin Dwi Ardandi dan Astri W. Oqtavia pun dilibatkan demi semaraknya booth HMPI Jatim selama gelaran Majapahit Travel Fair (MTF) ke-18 yang dihelat di Grand City Convex selama empat hari, mulai 13-16 April 2017.

Mahasiswa yang menjadi anggota HMPI Jatim, antara lain berasal dari  Akpar Majapahit, STP Satya Widya, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Ciputra, UK Petra, Universitas Brawijaya (UB), Poltekom Malang serta sejumlah perguruan tinggi dan akademi yang membuka Prodi Pariwisata dan Perhotelan di Jatim.

Program kerja HMPI memang dirancang untuk mendorong kemajuan industri pariwisata dan diselaraskan dengan Tridharma Perguruan Tinggi, sehingga pihak kampus pun apresiatif terhadap kegiatan HMPI Jatim yang dinilai positif tersebut. 

”Pihak Akademik memberikan support terhadap mahasiswa Akpar Majapahit khususnya, yang  sudah maupun yang belum menjadi anggota HMPI demi kemajuan industri pariwisata di Tanah Air,” tandas Dewi Mariyanah M.Par, Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit,  saat mengunjungi booth HMPI Jatim, Kamis (13/04/2017) siang.

Seperti diberitakan sebelumnya, demi menyukseskan penyelenggaraan Majapahit Travel Fair (MTF) ke-18 yang dihelat di Grand City Convex Surabaya, 13-16 April 2017, Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesia (HMPI) Jatim siap meramaikan gelaran tahunan MTF 2017 sebagai peserta aktif bersama ratusan partisipan yang lain dari kalangan pemerintahan, hotel, restoran, travel agent, penerbangan, pengelola daya tarik wisata dan lembaga pendidikan tinggi. 

Dalam gelaran MTF 2017 yang mengusung tema East Java Adventure Tourism ini, HMPI Jatim pun tampil all out dalam mendadani stan pameran dengan suasana petualangan menikmati indahnya panorama di gunung dan hutan panjat tebing, climbing, outbound hingga wisata arung jeram (rafting).

Stan HMPI yang berukuran 3x3 M2 itu dihias sedemikian rupa agar tampak unik demi menarik minat pengunjung pameran terutama kalangan pelajar dan mahasiswa sekaligus mengajak pengunjung untuk mencintai petualangan sekaligus menikmati berbagai keindahan alam Indonesia dan Jatim khususnya.

Untuk memberi kesan beda, mahasiswa yang terlibat menjaga stan HMPI Jatim berbusana pakaian adat, mengenakan caping (topi khas petani) dan men-display foto-foto kegiatan HMPI Jatim seperti bakti sosial (baksos) bersih-bersih pantai di kawasan Malang Selatan, pelatihan kepada pelaku UKM, bagi-bagi takjil kepada pemotor, kompetisi video klip pariwisata, dan lain-lain. ”Di stan HMPI, kami juga menyediakan tempat untuk photo booth bagi pengunjung,” kata Dewa Ayu Utami Dewi, Humas HMPI Jatim.

Menurut Dewa Ayu, yang akrab disapa Div, penyelenggaraan MTF kali ini merupakan momentum bagi mahasiswa Prodi Pariwisata maupun Prodi Perhotelan yang menjadi anggota HMPI Jatim untuk tampil sekaligus unjuk kreativitas demi menyukseskan Program Sapta PesonaPesona Indonesia-- yang telah dicanangkan Pemerintah cq Kantor Kementerian Pariwisata RI.

Dewa Ayu juga mengucapkan terima kasih atas perhatian Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akpar Majapahit Maftucha,SE., Dipl.Hot., M.Par, Kaprodi Perhotelan R. Paulus W. Soetrisno M.Par dan Kaprodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Dewi Mariyanah M.Par., yang tiada henti men-support anak didiknya menjadi anggota dan mendukung kegiatan HMPI Jatim.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar