twitter

Pages

Jumat, 31 Maret 2017

Mahasiswa Culinary Class Ujian Praktik Masak Usung Tema European Food



Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Class Triwulan II Ujian Praktik Masak dengan Mengusung Tema Masakan European Food

SELEPAS liburan Hari Raya Nyepi, tepatnya pada Rabu (29/03/2017), Kamis (30/03/2017) dan Jumat (31/03/2017) pagi, 16 mahasiswa Culinary Class Triwulan II yang diasuh oleh Ari Purwanto Sst.Par, MM., mengikuti ujian praktik masak yang mengusung tema European Food di Dapur Culinary 1, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Berbeda dengan mahasiswa Culinary Class Triwulan I, pada ujian praktik masak kali ini, 16 orang mahasiswa Culinary Class Triwulan II harus tampil sendiri-sendiri, tidak lagi berpasang-pasangan. Selain itu, pihak Akademik memberi subsidi berupa uang belanja sebesar Rp 50.000,- kepada setiap peserta ujian. 
Artinya setiap peserta ujian harus membelanjakan uang tersebut untuk membeli bahan masakan di pasar swalayan terdekat. Jika uang belanjaan itu dinilai masih kurang mencukupi, maka peserta ujian tersebut yang harus nomboki sendiri.

”Ini merupakan tantangan tersendiri bagi mahasiswa Culinary Class Triwulan II pada ujian praktik masak kali ini. Pasalnya, bahan masakan untuk ujian tidak lagi disediakan oleh pihak store (Toko 9), sedangkan mahasiswa Culinary Class Triwulan I dan Triwulan III bahan-bahannya dari kampus,” terang Masario, sapaan akrab assistant chef Masario Wahyu Saputra AMd.Par., SKG kepada kru www.culinarynews.info, kemarin.

Pada ujian praktik hari pertama, Rabu (29/03/2017) pagi, diikuti lima orang peserta yakni Vicky Gunawan, Fina Milah Kamilah, Dicky Abdullah Ibnu Mas’ud, Fadjar Firdausy Asyrul dan Wahdah Farini.

Sedangkan ujian praktik hari kedua, Kamis (30/03/.2017) pagi giliran yang tampil empat orang mahasiswa, yaitu Frensiana Bangepatty, Jeremy Alexander S., Gregory Dave Nicky E.W., dan Egha Larasari. Sementara itu pada ujian praktik masak hari terakhir, Jumat (31/03/2017) pagi, diikuti tujuh mahasiswa Culinary Class Triwulan II.

Vicky antusias membuat Chicken Sauce Appleberry, Fina sibuk menyiapkan Sidro e Le Date Di Piccano, Dicky membuat masakan bertajuk Green Risotto Mushroom with Grilled Prawn & Fried Squid, Fadjar membuat Chicken Kiev dan Wahdah Farini membikin masakan andalannya berjudul Roasted Dorry with Mediterranean Pasta.

Ujian praktik masak di Dapur Culinary 1 dimulai pukul 08.30-10.00 atau peserta ujian hanya diberi waktu 1,5 jam, sejak persiapan bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai oleh dewan juri.

Masing-masing peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari chef Nadya Ratri, chef Ari Purwanto, chef Yanuar Kadaryanto dan assistant chef Masario Wahyu Saputra.

Sementara itu pada ujian praktik masak hari kedua, Kamis (30/03/2017), diikuti empat mahasiswa. Frensiana menyiapkan masakan yang bertajuk Chicken with Rattatoulle, Jeremy membuat Spicy Spencer Gulf Kingprawn, Gregory sibuk untuk membikin masakan berjudul Rose in the Grass Field dan Egha Larasati mengusung masakan unggulannya dengan nama Chicken Alfredo Baked Ziti.

Ujian praktik masak pada hari kedua, Kamis (30/03/2017), pihak Akademik kembali menghadirkan empat orang juri, yakni chef Otje Herman Wibowo, chef Ari Purwanto, chef Yanuar Kadaryanto dan chef Nadya Ratri. Mereka bahu membahu memberikan penilaian terhadap masakan hasil kreasi anak didik chef Ari di Dapur Culinary 1.

Sementara itu pada ujian praktik masak hari terakhir, Jumat (31/03/2017) pagi, tujuh mahasiswa Culinary Class Triwulan II beradu kreasi membuat tujuh kreasi masakan European Food di Dapur Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Setelah semua tahapan dari proses masak 16 menu masakan hasil kreasi mahasiswa tersebut selesai, setiap peserta diminta untuk mem-plating masakan tersebut sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai oleh juri dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar