twitter

Pages

Jumat, 31 Maret 2017

Mahasiswa Culinary Class Ujian Praktik Masak Bertema Mediterranean & Italian Food



Ujian Praktik Masak di Dapur Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar

Mahasiswa Culinary Class Triwulan I Ujian Praktik Masak dengan Angkat Tema Mediterranean & Italian Food

USAI liburan Hari Raya Nyepi, tepatnya pada Rabu (29/03/2017) dan Kamis (30/03/2017) pagi, 11 mahasiswa Culinary Class Triwulan I yang diasuh Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., mengikuti ujian praktik masak yang mengangkat tema Mediterranean & Italian Food di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada ujian praktik masak kali ini, 11 orang mahasiswa Culinary Class dibagi dalam enam pasangan, yang masing-masing beranggotakan dua orang. Pada ujian praktik hari pertama, Rabu (29/03/2017) pagi, ada tiga pasangan yang tampil.

Bagas Septiando Azhari dan Abdul Aziz Romadhoni (Kelompok 1), Desy Rizki Utami dan Yudhi Pratama Susilo (Kelompok 2) serta Yudha Pratama Susilo dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta (Kelompok 3).

Kelompok 1 praktik masak membuat Spaghetti Alfredo Sauce  + Milk Shake Chocolate, sedangkan Kelompok 2 menyiapkan Beef Grill with Apple Cream Sauce +  Lemon Squash dan Kelompok 3 membuat Tenderloin Steak with Mushroom + Orange Juice.

Ujian praktik masak di Dapur Culinary 2 dimulai pukul 09.00-10.30 atau peserta ujian hanya diberi waktu 1,5 jam, sejak persiapan bahan, proses memasaknya sendiri hingga mem-plating masakan sebelum hasil kreasinya itu disajikan di meja, untuk dinilai dewan juri.

Masing-masing kelompok yang menjadi peserta ujian praktik masak itu berupaya keras untuk tampil all out, sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari chef Nadya Ratri, chef Ari Purwanto, chef Yanuar Kadaryanto dan assistant chef Masario Wahyu Saputra.

Sementara itu pada ujian praktik masak hari kedua, Kamis (30/03/2017), hanya dua pasangan yang tampil, yakni Siti Saodah dan Giovanni Sandhika Pratama (Kelompok 4) serta Yuli Purwaningsih dan Adhi Fauzan Rafi (Kelompok 5).

Sedangkan satu mahasiswa Culinary Class yakni Aisyah Nadya Ambarsari, akan mengikuti ujian susulan, karena saat ini masih cuti (menunaikan ibadah Umrah) di Tanah Suci Mekkah mendampingi kedua orang tuanya.

Kelompok 4 menyiapkan masakan unggulannya yang bertajuk Creamy Fettuccine Carbonara + Orange Juice dan Kelompok 5 membuat Chicken Steak with Sauce Chasseur + Lemon Squash.

Ujian praktik masak pada hari kedua, Kamis (30/03/2017), pihak Akademik kembali menghadirkan empat orang juri, yakni chef Otje Herman Wibowo, chef Ari Purwanto, chef Yanuar Kadaryanto dan chef Nadya Ratri. Mereka bahu membahu memberikan penilaian terhadap masakan hasil kreasi anak didik chef Nadya di Dapur Culinary 2.

Setelah semua tahapan dari proses masak lima menu masakan hasil kreasi mahasiswa tersebut selesai, setiap kelompok diminta untuk mem-plating masakan tersebut sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai oleh juri dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan. Kriteria penilaian ini mengacu pada standar industri perhotelan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar