twitter

Pages

Senin, 06 Maret 2017

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Diajarkan Buat Arabian Lamb Curry



Masak Middle East Food bersama Chef Nadya Ratri, S.Pd., M.Kes

Mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit Praktik Buat Shorbat Khudra, Lebanese Potato dan Arabian Lamb Curry di Dapur Culinary 2

PADA pertemuan hari ke-35, Senin (06/03/2017) pagi, 11 mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit mendapat pengajaran membuat masakan Timur Tengah (Middle East) yang terakhir. Menu masakan Timur Tengah pamungkas yang dipraktikkan adalah Shorbat Khudra, Lebanese Potato dan Arabian Lamb Curry  yang diajarkan oleh chef Nadya Ratri S.Pd., M.Kes., di Dapur Culinary 2, Lantai 3, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Sesuai panduan dari Buku Ajar (Silabus) Kumpulan Resep Kuliner, pengajaran pada pekan kedelapan ini, tepatnya mulai Selasa (28/02/2017) hingga Senin (06/03/2017) mahasiswa Culinary Class kembali mempraktikkan tiga resep menu masakan Timur Tengah setiap kali tatap muka dengan chef Nadya Ratri.

Untuk memudahkan pekerjaan di dapur, 11 mahasiswa Culinary Class dibagi dalam dua kelompok. Kelompok 1, anggotanya adalah Yudha Pratama Susilo, Aisyah Nadia Ambarsari dan Giovanni Sandhika Pratama, sedangkan anggota Kelompok 2 adalah  Abdul Aziz Romadhoni, Bagas Septiando Azhari dan Siti Saodah.

Sementara itu, Kelompok 3 anggotanya terdiri dari Yudhi Pratama Susilo, Yuli Purwaningsih dan Antonius Wianditya Ivan Pradipta. Kelompok 4 anggotanya meliputi Desy Rizky Utami dan Adhi Fauzan Rafi. Empat kelompok itu tampil all out sejak persiapan memasak hingga mem-plating hasil masakannya, sebelum masakan tersebut disajikan dan dinilai oleh dosen pembimbing.

Menu pertama yang dibuat mahasiswa Culinary Class adalah Shorbat Khudra. Bahan yang dibutuhkan antara lain beef, salt, pepper, water, celery, carrot, spring onion, tomato, garlic, zucchini, rice dan persley.

Cara membuatnya sup ala Timur Tengah ini nasi yang sudah dimasak dimasukkan bersama dengan bahan-bahan seperti irisan wortel, tomat, daging sapi, daun seledri + bumbunya kemudian dipanaskan hingga matang. Sebelum Shorbat Khudra ini disajikan hangat di meja uji Dapur Culinary 2, mahasiswa mem-plating-nya lebih dulu agar penampilannya semakin menarik.

Sedangkan menu kedua yang dibuat mahasiswa Culinary Class Akpar Majapahit kelas pagi adalah Lebanese Potato. Untuk membuat Lebanese Potato bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain potato, butter, milk, salt, onion, lamb, cushewnut, button mushroom, all spice + seasoning dan bread crumb.

Sementara itu untuk membuat menu ketiga kare ala Timur Tengah, Arabian Lamb Curry, bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi onion, bayleaf, curry powder, lamb, water, soft flour salt, pepper dan white margarine.

Setelah semua tahapan dari proses masak Arabian Lamb Curry tersebut selesai, mahasiswa diminta mem-plating masakan tersebut sesuai kreasinya masing-masing. Hasil kreasi masakan itu kemudian dinilai oleh dosen pembimbing dari aspek citarasa, tekstur, penampilan dan kebersihan.

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar