twitter

Pages

Rabu, 22 Maret 2017

Chef Yanuar Kadaryanto Survei Lokasi Praktik Culinary di Kualalumpur, Malaysia



Dampingi Mahasiswa Tristar Institute Kaliwaron ke Kualalumpur

Yanuar Kadaryanto M.Par Bawa Misi Cari Lokasi Praktik Culinary di Berjaya University, KDU dan Cilantro Academy 

DISELA-SELA kesibukannya mendampingi 20-an orang mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute Kaliwaron mengikuti kelas internasional di Kualalumpur (Malaysia) selama sepekan pada Minggu (26/02/2017) hingga Sabtu (04/03/2017) lalu, Yanuar Kadaryanto SE, M.Par., Dosen Culinary Akpar Majapahit membawa misi melakukan survei mencari lokasi praktik masak bagi mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Konsentrasi Culinary di tiga lembaga pendidikan tinggi di Malaysia. 


Kelas internasional yang di-launching Tristar Institute Worldwide --unit usaha baru di bawah Tristar Group—pada Februari 2017 lalu, selain memberi kesempatan kepada mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Pastry Class belajar di Malaysia, juga dijadwalkan akan memberangkatkan puluhan mahasiswa Culinary Class untuk studi banding seputar perkembangan kuliner terkini di negeri jiran tersebut.

Tiga lembaga pendidikan tinggi di Kualalumpur, Malaysia yang dikunjungi Yanuar Kadaryanto dan anak didiknya itu sama-sama membuka program studi culinary, pastry dan perhotelan. Ketiga lembaga pendidikan tinggi tersebut adalah Kolej Dharmasal University (KDU), Berjaya University dan Cilantro Academy.  

Menurut Yanuar, jika pada kunjungan pertama dan kedua mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute Konsentrasi Pastry sebelumnya, ketiga lembaga pendidikan tinggi itu menjadi tempat  praktik pastry bagi tamunya dari Indonesia, namun untuk belajar sekaligus praktik masak bagi mahasiswa Culinary Class Tristar Institute hanya Berjaya University dan KDU yang membuka pintu. 

”Sedangkan Cilantro Academy tidak bersedia ketempatan karena chef yang akan membimbing mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute Konsentrasi Culinary  punya banyak kegiatan pada bulan April-Mei mendatang,” kata chef Yanuar kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, Selasa (22/03/2017) siang.
Nantinya, mahasiswa Culinary Class akan diajarkan pengetahuan memasak dengan sentuhan teknik Molecular Gastronomy yang barangkali belum diajarkan di kelas. Informasi ini diperoleh Yanuar saat mengawal mahasiswa Pastry Class berkunjung ke Kampus KDU University Kualalumpur, Malaysia, awal Maret 2017 lalu.

Sementara itu dari kunjungan ke kampus Berjaya University, pihaknya mendapatkan kepastian bahwa pengajar dari Berjaya University menyatakan kesiapannya untuk berbagi ilmu memasak Chinese Food dengan mahasiswa D1/D2 Prodi Perhotelan Tristar Institute Konsentrasi Culinary yang mengikuti kelas internasional di Malaysia, pada pertengahan April atau Mei 2017 mendatang.

Seperti diberitakan sebelumnya, chef Yanuar Kadaryanto bersama Yeremia Soebandi AMd.Par., pengajar pastry Tristar Institute Kaliwaron, staf marketing Tristar Institute Kaliwaron Vista Egidia dan Denny, kru multimedia Tristar Institute mengawal 20-an mahasiswa Pastry Class ke Malaysia.

Rombongan peserta kelas internasional gelombang kedua ini berangkat ke Kualalumpur, Malaysia,  pada Minggu (26/02/2017) pagi dengan menumpang pesawat AirAsia dari Terminal 2 Bandara International Juanda di Sidoarjo

Pembelajaran mahasiswa di kelas internasional itu hanya seminggu, terhitung mulai 26/02/2017 hingga 04/03/2017. Kedatangan rombongan mahasiswa di Bandara Kualalumpur International Airport (KLIA) 2 disambut oleh local guide untuk diajak makan siang bersama di local resto, sebelum mereka menikmati keindahan kawasan wisata Kualalumpur City Center (KLCC). 

Di KLCC terdapat bangunan mercusuar menara kembar Petronas Twin Towers sebagai ikon andalannya. Di kawasan KLCC juga berdiri megah pusat perbelanjaan modern yakni Suria KLCC. Pusat perbelanjaan itu sangat memanjakan wisatawan yang datang ke sana, selain karena barang-barang dagangannya tergolong branded dan cukup lengkap, juga harganya terjangkau kantong mahasiswa.

Setelah puas keliling Petronas Twin Towers sekaligus foto-foto bareng di sana dan menikmati wisata belanja di Suria KLCC, rombongan mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron melanjutkan perjalanan ke Cocoa Boutique. Cocoa Boutique ini mengklaim sebagai surganya coklat yang terbesar di Malaysia atau Malaysia Largest Chocolate Paradise.

Di Cocoa Boutique, rombongan mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron sudah tidak sabar untuk mengantre masuk butik coklat tersebut, sekaligus memborong sejumlah coklat dalam kemasan yang dipajang di rak-rak dengan penyajian yang sangat memikat pandangan mata. 

Puas keliling KLCC dan Cocoa Boutique di Kualalumpur, bus yang ditumpangi rombongan mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron merapat ke area parkir hotel untuk check in hotel. Setelah check in hotel, para peserta program 7 Day 6 Night (7D6N) Tour in Malaysia bermalam di hotel berbintang tersebut. 

Pada hari kedua, Senin (27/02/2017) pagi, tour guide sudah menunggu rombongan mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron di lobi hotel. Agendanya hari itu rombongan diajak ke Kolej Dharmasal University (KDU) untuk belajar sekaligus praktik membuat Choco Praline di Dapur Pastry KDU.

Pada pertemuan hari ketiga, Selasa (28/02/2017), mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron kembali diajarkan seputar sisik melik Barista oleh instruktur dari KDU. Begitu juga pada tatap muka hari keempat, Rabu (01/03/2017), mahasiswa D1/D3 Tristar Institute Kaliwaron mendapat pengetahuan tentang Cake Decoration oleh pihak KDU.

Usai belajar Choco Praline, Barista dan Cake Decoration di KDU selama tiga hari berturut-turut, maka pada tatap muka hari kelima, Kamis (02/03/2017), giliran mahasiswa D1/D2 Tristar Institute diajak ke Berjaya University, untuk mengikuti acara pembelajaran seputar cara membuat Sugar Art yang terkini di Dapur Pastry Berjaya University.

Pada kegiatan pembelajaran berikutnya, Jumat (03/03/2017), mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron meluncurkan ke Cilantro Academy, untuk mengikuti pembelajaran tentang cara membuat Pullet Sugar, di Dapur Pastry Cilantro Academy.

”Materi yang diajarkan oleh pihak Cilantro Academy ini merupakan materi pembelajaran yang betul-betul baru karena belum pernah diajarkan kepada mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron,” kata Direktur Tristar Institute Ir Juwono Saroso MM kepada kru www.culinarynews.info, baru-baru ini. 

Mengingat kelas internasional itu adalah program unggulan baru, maka biaya yang dipatok untuk setiap peserta selama tujuh hari sebesar Rp 10 jutaan, di mana yang separonya atau sekitar Rp 5 jutaan disubsidi oleh pihak kampus. Jadi setiap mahasiswa tinggal membayar sisanya atau sekitar Rp 5 jutaan.

Untuk kenyamanan selama belajar di Malaysia, mahasiswa D1/D2 Tristar Institute Kaliwaron diinapkan di hotel berbintang. Setiap kamar diisi dua orang sesuai standar tour ke luar negeri yang biasa ditangani oleh perusahaan tour & travel.

Selain praktik langsung di Dapur Pastry KDU, Berjaya University dan Cilantro Academy, mahasiswa juga diajak menikmati keindahan spot-spot wisata di Kualalumpur antara lain mengunjungi Genting Island, Batu Caves (spot wisata Goa), Chowkit (pusat perbelanjaan di Kualalumpur).

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Institute, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Institute cq Kampus Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar