twitter

Pages

Selasa, 31 Januari 2017

Mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo Maju Sidang Skripsi



Demi Raih Gelar Sarjana Teknologi Pangan dari Unitomo Surabaya

Enam Mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo Sidang Skripsi di Kampus Unitomo

PADA Kamis (26/01/2017) siang, pekan lalu, empat dari enam orang mahasiswa S1 Teknologi Pangan (Food Technology) mengikuti sidang skripsi di Kampus Unitomo Surabaya. Sidang skripsi itu merupakan sidang perdana bagi mahasiswa Tristar Institute, setelah lembaga pendidikan di bawah Group Tristar itu bekerjasama dengan Unitomo Surabaya.

Sidang skripsi ini merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo, sebelum meraih gelar akademik Sarjana Teknologi Pangan (STP) dari pihak Unitomo Surabaya.

Empat dari enam orang mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo Surabaya itu adalah Lia Emanuela Agustin, Niken Sintya, Novi Kumalasari dan Yuda Agustian, sedangkan Fathurrozy dan Jiurike Alvionita baru maju sidang skripsi dua pekan kemudian.

Sesuai perencanaan pihak Akademik, dua mahasiswa yang maju sidang skripsi, Kamis (26/01/2017) siang, pekan lalu, yakni Yuda Agustian dan Lia Emanuela Agustin diuji oleh Ir Restu Tjiptaningdyah M.Kes., Ir Nunuk Hariyani MP dan Ir Bambang Sigit MP., di ruang sidang satu.

Sedangkan di ruang sidang dua, dua mahasiswa lain yang maju sidang skripsi adalah Novi Kumalasari dan Niken. Kedua mahasiswa ini diuji oleh Ir Restu Tjiptaningdyah M.Kes., Ir Bambang Sigit MP dan Ir Arlin Besari MP.

Sebelum maju sidang skripsi di ruang sidang satu dan dua, mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo ini mendapat pengarahan akademik dari Ir A. Kusyairi MS, Dekan Fakultas Pertanian Unitomo Surabaya dan Ir Bambang Sigit MP, Kepala Program Studi (Kaprodi) Teknologi Pangan Unitomo Surabaya.
”Sidang skripsi ini merupakan hal biasa di lingkungan akademik Unitomo. Sidang skripsi kali ini menjadi istimewa karena ini merupakan sidang perdana dari hasil kolaborasi antara Tristar Institute (Akpar Majapahit) dengan pihak Unitomo,” kata Ir A. Kusyairi MS., di hadapan Kaprodi Teknologi Pangan, Dosen Penguji dan mahasiswa di Ruang Sidang Satu Lantai 2 Gedung Utama Unitomo, Kamis (26/01/2017), pekan lalu.

Sidang skripsi ini sebagai jembatan bagi mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo Surabaya untuk meraih gelar akademik Sarjana Teknologi Pangan (STP). Jadi sebelum mahasiswa dinyatakan lulus sidang skripsi, untuk mengikuti yudisium dalam acara wisuda April 2017 mendatang, setiap mahasiswa diuji lebih dulu laporan hasil penelitiannya oleh dua dosen pembimbing dan satu dosen penguji dari luar.

Menurut Kusyairi, ujian pada sidang skripsi itu meliputi berbagai aspek mulai maksud dan tujuan penelitian, landasan ilmiah dan daftar pustaka yang melatarbelakangi penelitian, metodologi, prosedur penelitian, teknik pengolahan data (analisis data statistik), tata cara penulisannya hingga kesimpulan dan saran dari penguji maupun penelitinya sendiri.

Tak menutup kemungkinan jika resume hasil penelitian mahasiswa ini menarik dan punya kebaruan (up to date), idenya betul-betul orisinal dan hasil penelitiannya bermanfaatkan bagi masyarakat, maka resume-nya layak masuk jurnal ilmiah dan internet. Upaya memasukkan resume (ringkasan) hasil skripsi mahasiswa ini di jurnal ilmiah dan internet sekaligus untuk mencegah kasus plagiat di lingkungan kampus.

”Makanya jika usai sidang skripsi tersebut masih ada revisi di sana sini, maka itu merupakan hal logis di lingkungan akademik. Koreksi dari dosen pembimbing maupun dosen penguji jangan dianggap momok karena tujuannya juga demi kebaikan Anda sendiri,” terang Dekan Fakultas Pertanian Unitomo, pekan lalu.

Di ruang sidang satu, mahasiswa S1 Teknologi Pangan Tristar Institute-Unitomo yang mendapat giliran pertama untuk mempresentasikan laporan skripsinya adalah Yuda Agustian. Yuda, sapaan akrabnya, memaparkan laporan skripsinya yang berjudul Pengaruh Penambahan Activated Charcoal Powder terhadap Sifat Organoleptik dan Tingkat Keasaman Es Krim Yoghurt  di hadapan tiga dosen penguji.

Sebelum maju ujian, Yuda Agustian mendapatkan support langsung dari Kaprodi Teknologi Pangan Unitomo Ir Bambang Sigit MP sekaligus dosen pembimbingnya, serta beberapa rekan sejawat yang menunggu giliran maju sidang skripsi.

Dalam kesempatan itu, Bambang Sigit menyempatkan diri memberikan arahan dan pembekalan kepada mahasiswa sebelum maju ujian, bagaimana mempresentasikan laporan skripsi yang baik, etika dalam menjawab pertanyaan dosen penguji dan tetap tersenyum sekalipun penulisannya itu dikritisi dosen penguji.

Setelah Yuda Agustian, giliran Lia Emanuela Agustin yang dipanggil panitia untuk memasuki ruang sidang skripsi di Lantai 2 Gedung Utama. Lia, demikian ia biasa disapa, pada sidang pekan lalu, mempresentasikan laporan skripsinya berjudul Pengaruh Konsentrasi Ragi yang Berbeda terhadap Kualitas Tape Singkong.

Dalam penyusunan laporan skripsinya tersebut, Lia dibimbing oleh Ir Bambang Sigit MP dan Ir Restu Tjiptaningdyah M.Kes. Mahasiswi cantik asal Jember tersebut mengaku lega setelah sukses mempresentasikan laporan skripsinya di hadapan tiga orang dosen penguji.

”Rasa capai saya menyusun laporan skripsi ini  terbayar lunas usai ujian ini, meski tulisan saya harus direvisi demi sempurnanya penulisan laporan skripsi tersebut,” ujar Lia Emanuela Agustin usai sidang kepada kru www.culinarynews.info, Kamis (26/01/2017), pekan lalu.

Selanjutnya yang mendapat giliran maju ke ruang sidang dua adalah Novi Kumalasari. Novi, demikian mahasiswi  ini akrab disapa, mempresentasikan laporan skripsinya yang berjudul Pengaruh Konsentrasi Tepung Beras dalam Pembuatan Roll Cake di hadapan tiga orang dosen penguji.

Untuk menyusun laporan tersebut, mahasiswi berkaca mata ini dibimbing oleh Ir Arlin Besari MP dan Ir Bambang Sigit MP. ”Demi menyelesaikan laporan skripsi itu, saya butuh waktu sekitar enam bulanan sejak pengajuan judul proposal sampai laporan skripsi ini disetujui oleh dosen pembimbing, sebelum maju sidang skripsi Kamis (26/01/2017),” terang Novi kepada kru www.culinarynews.info.

Setelah Novi Kumalasari, yang maju sidang skripsi adalah Niken Sintya. Mahasiswi berpenampilan kalem ini mempresentasikan laporan skripsinya berjudul Pengaruh Konsentrasi Asam Cuka dan Penambahan Susu (Fresh Milk) terhadap Tekstur dan Rasa pada Tahu Susu di hadapan tiga orang dosen penguji.

Dalam menyusun laporan skripsinya itu, perempuan yang akrab disapa Niken ini dibimbing oleh Ir Arlin Besari MP dan Ir Bambang Sigit MP. ”Terus terang info maju sidang skripsi yang relatif mepet, membuat saya harus melekan demi menyelesaikan laporan skripsi dan pontang panting mempersiapkan diri maju sidang skripsi tersebut,” ungkap Niken pasrah karena harus merevisi laporan tulisannya usai sidang skripsi, Kamis (26/01/2017), pekan lalu.

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa S1 Teknologi Pangan di kampus Tristar Institute-Unitomo dan ingin mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di kampus tersebut, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Institute-Unitomo Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar