twitter

Pages

Kamis, 29 Desember 2016

Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Terlibat dalam Outbound Training di PPLH Seloliman Trawas



Jejak-jejak Aktivitas Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Selama 2016

Terlibat dalam Outbound Training di PPLH Seloliman sebagai Implementasi dari Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2016/2017 (Naskah ke-1, dari Dua Tulisan)

JEJAK-JEJAK aktivitas pengurus dan anggota Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Surabaya selama 2016 tetap layak untuk diapresiasi, sekalipun kegiatan senat tersebut tidak sepadat jadwal perkuliahannya sendiri. Pihak Akademik terutama yang terkait dengan kegiatan kemahasiswaan senantiasa mengajak pengurus dan anggota senat untuk terlibat di dalamnya. 
 
Kepada kru www.culinarynews.info, Jumat (16/12/2016) di Dapur culinary 2, Ketua Senat Mahasiswa Akpar Majapahit, Yori Yonathan Cipta mengatakan, dalam berbagai kesempatan, pihak Akademik senantiasa melibatkan pengurus dan anggota Senat Mahasiswa Akpar Majapahit untuk berpartisipasi aktif di dalamnya.
Ketika menghelat kegiatan Masa Orientasi Mahasiswa (MOM) Baru 2016 di Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya pada 16 Juli 2016 lalu, misalnya, sejumlah pengurus dan anggota senat –sekitar 19 orang mahasiswa-- ikut proaktif dalam kepanitiaan demi menyukseskan MOM yang diikuti 145-an mahasiswa baru (maba).

Saat itu, peserta MOM antusias mendengarkan pencerahan langsung dari Asisten Direktur I Bidang Akademik Hedy W. Saleh SH, MBA, M.Si.Par., Asisten II Bidang Keuangan dan Umum Otje H. Wibowo SE, M.Par., serta Asisten III Bidang Kemahasiswaan Maftucha, Dipl.Hot. SE, M.Par.

Acara MOM itu juga dihadiri Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit R Paulus W. Soetrisno M.Par, Kaprodi D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Dewi Mariana M.Par, Kaprodi Konsentrasi Keahlian F&B Product Imania Ayu Wulandari S.St.Par., Kabag Humas Hendrik Adrianus SE. M.Par., Kabag Bursa Kerja Hardita M.Par., Kabag Administrasi Akademik (BAAK) Bambang Sutrisno SE dan Kabag Perpustakaan Soehardi Irawan AMd.Perpustakaan.

Kepanitiaan MOM Akpar Majapahit 2016/2017 itu juga didukung oleh anggota Senat Mahasiswa Akpar Majapahit sebanyak 19-an orang yang diketuai Ryan Halim. Mereka adalah mahasiswa senior dari prodi D3 Perhotelan Reguler, D3 Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Reguler, D3 Perhotelan Konsentrasi Culinary dan D3 Perhotelan Konsentrasi Pastry (Patisserie).

Selanjutnya pada pertengahan Oktober 2016 lalu, Akpar Majapahit mengirim dua orang delegasi mahasiswa, Adinda Anastasia dan Dewa Ayu Kade Utami Dewi, pada Kongres Nasional VI Himpunan Mahasiswa Pariwisata Indonesian (HMPI) di Makassar, 14-16 Oktober 2016. Dua orang delegasi itu adalah mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester III dan keduanya juga tercatat sebagai anggota senat mahasiswa Akpar Majapahit.

Dalam menyukseskan perhelatan itu, kata Yori Yonathan, Akpar Majapahit proaktif mengirim utusan untuk menghadiri Kongres Nasional VI HMPI di Gedung MULO Makassar, sebagai bentuk dukungan konkret dari lembaga pendidikan tinggi yang berkampus di Gedung Graha Tristar, Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, terkait kegiatan kemahasiswaan berskala nasional tersebut.

Senat Mahasiswa Akpar Majapahit sendiri mendukung suksesnya penyelenggaraan Kongres Nasional VI HMPI di Makassar pada pertengahan Oktober lalu dengan mengirim delegasi dan berpartisipasi pada salah satu lomba yang dihelat panitia. ”Pasalnya, sudah ada sejumlah mahasiswa Akpar Majapahit yang tercatat menjadi anggota dan pengurus HMPI Korwil IV Jatim,” tandas Yori, sapaan akrabnya. 

Sementara itu pada acara Outbound Training Akpar Majapahit di PPLH Seloliman Trawas, Mojokerto, 22-23 Oktober 2016 diikuti 140-an maba, 20-an orang anggota panitia PKKMB 2016/2017 yang terdiri dosen, pengurus senat mahasiswa dan personel dari Divisi Multimedia Akpar Majapahit.

Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan sekaligus Ketua Panitia PKKMB 2016/2017 Akpar Majapahit Mafthucha, Dipl Hot. SE, M.Par mengatakan, acara Outbound Training di PPLH Seloliman Trawas, Mojokerto itu diikuti 160-an orang yang terdiri dari 140-an maba dari Akpar Majapahit, Tristar Institute Kaliwaron, Prodi Tekpan Tristar Institute-Unitomo, Tristar Institute Batu dan sisanya 20-an orang adalah dosen, anggota senat mahasiswa dan tim dari multimedia Akpar Majapahit Surabaya.

Dalam kesempatan itu, Mafthucha menjelaskan seputar teknik pemberangkatan ke PPLH Seloliman Trawas, Mojokerto (Sabtu,  22 Oktober 2016), pembekalan selama di PPLH Seloliman hingga kembali ke Surabaya (Minggu, 23 Oktober 2016).
Pihak panitia juga membekali mahasiswa baru dengan tata tertib selama mengikuti rangkaian acara Outbound Training di PPLH Seloliman Trawas, Mojokerto. Pasalnya, yang menjadi instruktur (pemandu) acara tersebut semua personelnya dari PPLH Seloliman yang diketuai Samsul Arifin.
Dalam kegiatan Outbound Training tersebut, tim pemandu dari PPLH Seloliman selain menyampaikan jadwal kegiatan pada hari pertama (Sabtu, 22/10/2016) siang, yang wajib diikuti maba mulai  ice breaking (games dan refleksi), team building (yel-yel kelompok dan blind walk). Semua kegiatan tersebut menitikberatkan kerja sama tim (team work) dan setiap game yang menantang kedisiplinan dan kerja sama antaranggota tim.

 
”Acara berikutnya adalah kompetisi games yang dirotasi antarkelompok, yakni flying fox, elvis dance, ranjau hulahop, misteri borgol dan save water, dan malam harinya ditutup dengan acara api unggun,” ujar Cak Arifin, sapaan akrab Samsul Arifin. 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar