twitter

Pages

Selasa, 20 Desember 2016

Profil Astri Wahyu Oqtavia, Mahasiswi D3 Prodi UPW Akpar Majapahit



Lebih Dekat dengan Astri Wahyu Oqtavia, Mahasiswi D3 UPW Akpar Majapahit 

Demi Menambah Pengalaman dan Menghargai Waktu, Putuskan Kuliah Sambil Kerja di Lazareta Resto

BAGI sebagian orang, keputusan untuk kuliah sambil kerja merupakan sebuah pilihan yang sulit. Bagaimana tidak, mereka harus pandai-pandai membagi waktu dengan sebaik-baiknya jika tidak ingin agenda perkuliahannya berhenti di tengah jalan. Pasalnya, tidak mungkin tempatnya bekerja mau dinomorduakan demi kepentingan kuliah seseorang, kecuali ada komiten lebih dulu antara pihak pemberi kerja dengan  pekerjanya.
Fenomena ini yang sekarang dilakoni Astri Wahyu Oqtavia, mahasiswa Semester I Prodi D3 Usaha Perjalanan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, yang kini bekerja di Lazareta Resto Jl Raya Gubeng dengan menyajikan menu utamanya makanan Timur Tengah (Middle East)  tidak lama setelah Astri menjadi mahasiswa baru Akpar Majapahit Oktober 2016 lalu.

Nah, keputusan bekerja dilakoni gadis berpenampilan energik ini sebelum masuk kuliah menjadi mahasiswa baru di D3 di Prodi UPW Akpar Majapahit, pada awalnya merupakan sebuah pilihan yang sulit. Pasalnya, dirinya harus bisa me-manage waktu dengan baik antara jam kerja di perusahaan tempatnya bekerja dengan waktu perkuliahan.

Sebelum memutuskan kuliah, perempuan langsing penyuka olahraga basket ini sempat magang kerja di Hotel Bumi Surabaya City Resort (BiSCR) pada 2015 lalu selama enam bulan. Selama magang di sana, Astri, sapaan akrabnya, ditempatkan di lobby longue hotel berbintang lima yang beroperasi di Jl Basuki Rakhmad Surabaya.

Selama bertugas di lobby longue Hotel Bumi, wanita kelahiran Jombang, 01 Oktober 1997 silam itu dirinya kenal baik dengan Nikita Kinanti, mahasiswi D3 UPW Akpar Majapahit Semester III, yang bekerja di hotel tersebut. 

Kedekatannya dengan Nikita, membuatnya tidak terlalu sulit menentukan pilihan Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), saat dirinya ingin melanjutkan kuliah. Dan sekarang Nikita Kinanti menjadi kakak kelasnya di kampus Akpar Majapahit.

Sebelum lulus sekolah dari SMK Negeri 1 Jombang Jurusan Akomodasi Perhotelan, Juli 2016 lalu, Astri sempat magang kerja enam bulan di Hotel Bumi pada 2015 silam. Usai magang, perempuan manis penyuka fashion show ini juga pernah kerja sebulan di PT BestProfit, kemudian pindah kerja ke Duck King Resto selama satu bulan, sebelum berlabuh di Lazareta Resto sebagai waitress, memasuki bulan keenam.

”Mengingat jam kerjanya siang hari (shift dua), mulai pukul 13.00  hingga malam pukul 22.00-an, maka jadwal kuliah pagi bisa saya lakoni dengan mulus. Namun kalau ada kegiatan kampus sampai sore, misalnya acara study tour ke Batu, Sabtu (03/12/2016) lalu, saya mesti minta ijin dulu kepada atasan yakni Manager Lazareta Resto,” tutur Astri kepada kru www.culinarynews.info, Selasa (20/12/2016) sore.

Anak  bungsu dari tiga bersaudara --semuanya perempuan-- dari pasangan Hariyanto dan Sugiati ini mengaku bersyukur karena punya rekan kerja yang saling support dan bisa diajak tukeran shift kerja. Sehingga, aktivitas kuliah bisa berjalan seiring dengan jadwal kerjanya di Lazareta Resto.

Penyuka busana casual nan modis ini semakin happy kerja di Lazareta Resto karena owner-nya juga baik terhadap karyawan. Hal lain yang membuatnya semakin betah kerja di restoran tersebut karena tingginya kebersamaan antarkaryawan dan semuanya itu layak diapresiasi juga. 

”Dengan demikian, seberat apapun pekerjaan akan terasa ringan kalau diselesaikan bersama. Ini semua merupakan upaya kami dalam membangun team work yang hebat sekalipun posisi kami hanya sebagai waitress,” tandasnya.

Di Lazareta Resto, menyajikan beberapa menu unggulan  khas Timur Tengah yang disuka konsumen. Untuk menu pembuka (appetizer)-nya adalah foulmudamas, sedangkan menu utama (main course)-nya ruzmandhi bil lahm dan menu penutup (dessert)-nya adalah oum Ali”Meskipun agak asing di telinga orang Indonesia, namun nama-nama menu di Lazareta Resto lucu-lucu juga ya…,” ujar cewek berkacamata yang tinggal bersama tantenya di Sidotopo Wetan Mulya No. 57 Kenjeran Surabaya.
 
Diakuinya, sejak dirinya memutuskan kuliah sambil bekerja, kini Astri bisa hidup mandiri. Astri sekarang bisa menghidupi diri sendiri tanpa bantuan ayah ibu di desa. Untuk uang saku sekarang tidak lagi dijatah orang tua karena gajinya dirasa sudah cukup untuk malam mingguan, beli pulsa, menambah koleksi busana casual-nya yang lagi nge-trend, traveling ala backpacker dan memenuhi kebutuhan pribadi yang lainnya.

”Untuk ke depannya, saya akan fokus menyelesaikan kuliah sambil tetap bekerja seperti biasa di Lazareta Resto. Namun tidak menutup kemungkinan suatu saat nanti impian saya ingin menjadi tour guide professional bakal terwujud,” kata Astri W. Oqtavia menutup interview dengan kru www.culinarynews.info. Selamat dan sukses. Good Bless You….! (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar