twitter

Pages

Kamis, 29 Desember 2016

Peserta Outbound di PPLH Seloliman Antusias Nikmati Aneka Games dari Tim Pemandu



Jejak-jejak Aktivitas Senat Mahasiswa Akpar Majapahit Selama 2016

Peserta Outbound Training di PPLH Seloliman Trawas Antusias Menikmati Aneka Games dari Tim Pemandu (Naskah ke-2, dari Dua Tulisan)

SEBANYAK 140-an mahasiswa baru yang terbagi dalam 12 kelompok pada Outbound Training di PPLH Seloliman Trawas, Mojokerto, antusias menikmati games seru dan menantang yang disuguhkan tim pemandu, sejak hari pertama (Sabtu, 22 Oktober 2016) hingga hari kedua (Minggu, 23 Oktober 2016).

Keseruan acara Outbound Training di PPLH Seloliman itu tampak sejak dihelat pada hari pertama, yang dimulai dari acara ice breaking, yang mengajak seluruh peserta outbound untuk berolah gerak, refleksi dan relaksasi sebagai pemanasannya.
Agenda acara selanjutnya adalah team building. Ini diawali dengan pembentukan kelompok. Oleh tim pemandu dari PPLH Seloliman dengan di dampingi 10 anggota panitia Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2016/2017 dari Senat Mahasiswa Akpar Majapahit, masing-masing kelompok diminta menampilkan yel, yel kelompoknya.
Untuk memudahkan pelaksanaannya di lapangan, setiap kelompok dibedakan dengan warna pita yang disematkan di dada peserta outbound. Pita berwarna-warni itu telah disiapkan sebelumnya oleh pemandu.
Begitu juga pada saat peserta diajak mengikuti permainan blind walk (berjalan dengan mata tertutup, dipandu ketua kelompoknya yang diskenariokan orangnya tuna wicara). Sebelum blind walk dilaksanakan, masing-masing ketua kelompok diundang untuk mengambil pita berwarna hitam sebagai penutup mata peserta outbound.
Blind walk yang dilakoni masing-masing kelompok adalah menyusuri area pelatihan di PPLH Seloliman Trawas Mojokerto. Tim pemandu dari PPLH Seloliman, membatasi waktu untuk acara ice breaking dan team building itu hanya satu jam, 13.00-14.00 karena games berikutnya yang lebih seru dan menantang kekompakan anggota kelompok sudah menunggu seluruh peserta outbound.
Sesuai dengan run down acara, pukul 14.00-16.15, peserta outbound kemudian diajak kompetisi games yang pelaksanaannya harus dirotasi. Sehingga, masing-masing kelompok kebagian untuk menikmati permainan yang disiapkan tim pemandu dari PPLH Seloliman. Kompetisi games yang wajib diikuti peserta outbound meliputi flying fox & elvis dance, ranjau hulahop, misteri borgol dan save water.
Setiap peserta outbound mendapat giliran satu persatu untuk menikmati flying fox di area pelatihan PPLH Seloliman.  Usai meluncur di seling besi sepanjang 300-an meter dari ketinggian 10 meter, peserta kemudian diajak untuk meniti tali yang di bawahnya ada aliran kali selebar tiga meteran.
”Inilah permainan elvis dance ala PPLH Seloliman, yang mengajarkan bagaimana pentingnya Anda menjaga keseimbangan saat meniti tali agar tidak kecebur kali,” kata Cak Samsul kepada kru www.culinarynews.info di sela-sela memantau pelaksanaan Outbound Training maba Akpar Majapahit.
Usai menikmati permainan flying fox & elvis dance, peserta outbound mendapat giliran untuk menjajal permainan ranjau hulahop, kemudian dilanjutkan memainkan misteri borgol dan diakhiri dengan menikmati permainan save water yang betul-betul menuntut kesabaran, kedisiplinan, kekompakan dan team work yang baik.
Tidak terasa waktu yang ditetapkan panitia habis, setelah seluruh peserta outbound menikmati aneka games yang disuguhkan tim pemandu dari PPLH Seloliman Trawas Mojokerto.
Setelah beristirahat dan menikmati makan malam secara prasmanan (buffet) sederhana, pihak panitia sudah menunggu di area pelatihan untuk menikmati pesta api unggun. Agenda pesta api unggul tersebut dihadiri Asisten Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akpar Majapahit Mafthucha Dipl.Hot., M.Par., Kaprodi Perhotelan R Paulus W. Soetrisno M.Par dan Dosen D3 Prodi Perhotelan Hardhita Kusdharyanto M.Par.
Keesokan harinya, Minggu (23 Oktober 2016) pagi, pukul 06.00-07.00, peserta outbound sudah ditunggu tim pemandu dari PPLH Seloliman untuk berolah raga (senam pagi), ice breaking (refleksi) dan menikmati games seru yang disiapkan oleh tuan rumah.
Usai mengikuti kegiatan senam pagi, peserta outbound mengisi energi yakni sarapan (breakfast) secara prasmanan di kantin PPLH Seloliman. Untuk sarapan, tim pemandu memberi waktu peserta outbound hanya satu jam, yakni antara pukul 07.00-08.00.
Setelah puas menikmati sajian makan pagi, tim pemandu mengajak peserta outbound untuk mengaplikasikan makna dari leadership (kepemimpinan) yang sesungguhnya. Permainan tersebut merupakan kompetisi games. di mana masing-masing kelompok menampilkan dua anggotanya yang diposisikan sebagai jodoh dan pasangan.
Usai permainan jodoh dan pasangan, selanjutnya peserta outbound diajak untuk jelajah alam Seloliman. Agendanya adalah menyusuri hutan dan ke sungai maron. Jelajah hutan di lereng Gunung Penanggungan pagi itu juga diiringi hujan gerimis, sehingga menambah seru kegiatan tersebut.
Selama menjelajahi alam Seloliman tersebut, peserta outbound meniti di atas jembatan bambu, menikmati permainan pecah balon dan melintasi kedung. Perjalanan jelajah alam Seloliman itu hanya berjarak 10-an kilometer, yang bisa ditempuh selama tiga jam, mulai pukul 09.00-12.00.
Setelah mengikuti jelajah alam di luar kawasan PPLH Seloliman, panitia PKKMB 2016/2017 sudah menunggu di pinggir sungai maron. Sebelum agenda makan siang (lunch) bersama di pinggir sungai dilakukan, peserta outbound kembali diajak mengikuti kompetisi games mengisi tong kosong yang sudah dilubangi.
Supaya air tidak bocor, setiap peserta outbound dalam satu kelompok berupaya keras untuk menutup lubang tong dengan jari tangannya. Peserta games ini semakin antusias mengisi tong dengan air dari pinggir sungai secepat-cepatnya hingga penuh, demi mengalahkan kelompok lain yang menjadi lawan tandingnya. Amazing banget. Serulah!
Setelah puas mengikuti rangkaian kegiatan yang disusun tim pemandu dari PPLH Seloliman, giliran setiap peserta outbound mendapat jatah nasi bungkus dengan lauk ikan mujair, tahu, tempe dan sayuran + sambal terasi untuk dinikmati bersama-sama di pinggir sungai maron. Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan. Momen indah itu juga diabadikan dengan foto bareng seluruh peserta outbound. Sayonara….!
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar