twitter

Pages

Kamis, 15 Desember 2016

Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Semester I Observasi KenPark Pantai Kenjeran



Untuk Mengaplikasikan Mata Kuliah Pengantar Pariwisata

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester I Observasi KenPark Pantai Kenjeran


DEMI mengaplikasikan mata kuliah Pengantar Pariwisata yang diajarkan oleh Dewi Mariyanah M.Par., Dosen Akpar Majapahit, 11 orang mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Surabaya, praktik studi observasi dengan mengunjungi KenPark Pantai Kenjeran, salah satu spot wisata di Surabaya, Kamis (15/12/2016) pagi.

11 mahasiswa yang mengikuti kegiatan studi observasi itu adalah Alfin Dwi Ardandi, Astri W. Oqtavia, Joniarto Ngadu B., Nabilah Salsabila, Nurul Hamida, Dicky Tri Darmawan, Rusydi Fawaid, Sheila Donita, Sofyan Efendi, Tasya Novita, dan Zakaria Latuputty.

Di Pantai Kenjeran Surabaya, ada beberapa spot wisata menarik dikunjungi tidak hanya Pantai Kenjeran Lama, seperti Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran Jl. Raya Pantai Lama Kenjeran, Bulak, Wisata Pantai Kenjeran Lama Jl. Raya Pantai Lama No. 12 Kenjeran dan yang terbaru Jembatan Suroboyo di Jl. Raya Pantai Lama No. 600 Kenjeran, Bulak. 

Jembatan Suroboyo yang dilengkapi air mancur menari, tampak indah dan eksotik di waktu malam hari. Jembatan tersebut diresmikan Walikota Surabaya Tri Rismaharini April 2016 lalu. Jembatan Suroboyo merupakan spot wisata terbaru di Kota Pahlawan yang melengkapi keberadaan Jembatan Suramadu, jembatan yang menghubungkan Jatim dan P. Madura.

Namun dalam studi observasi yang dikunjungi mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Semester I ini bukan spot wisata terbaru Jembatan Suroboyo melainkan meng-explore spot wisata KenPark Pantai Kenjeran Surabaya. 

KenPark singkatan dari Kenjeran Park, sering juga disebut sebagai pantai Kenjeran Baru. Letak antara Pantai Kenjeran Lama dan Baru tidak terlalu jauh, kurang lebih satu kilometer. Lokasi KenPark pantai Kenjeran Surabaya sangat luas dibandingkan dengan pantai Kenjeran Lama. Tapi sama-sama memiliki pantai yang merupakan satu terusan dan terbentang dari pantai Kenjeran Lama sampai dengan pantai Kenjeran Baru.

KenPark Pantai Kenjeran Surabaya memiliki banyak lokasi yang bisa dituju seperti lapangan futsal, kolam renang waterpark dan arena balap motor apabila sedang diadakan pertandingan. Selain itu bagi yang beragama Buddha dan Konghucu, di KenPark tersedia klenteng Sanggar Agung yang besar dan menarik karena terletak di pinggir laut. Harga tiket masuk Rp 10.000,- per mobil dan dua penumpang.

Persis di bagian belakang klenteng Sanggar Agung mengarah ke laut, terdapat patung Dewi Kwan Im. Pada saat-saat perayaan agama maka klenteng akan sangat ramai oleh karena banyaknya pengunjung yang akan melakukan ritual doa. Selain itu ada pula tiruan bangunan Temple of Heaven yang dibuat mirip dengan aslinya yang berasal dari daratan China, dan juga patung Buddha empat wajah.

Ketiga bangunan religius di KenPark ini belakangan juga menjadi salah satu wisata utama di kota Surabaya, yang sering dikunjungi wisatawan. Jadi jangan lupa sempatkan untuk berkunjung ke tiga bangunan ini di lokasi KenPark Pantai Kenjeran Surabaya, yakni Klenteng Sanggar Agung dengan patung Dewi Kwan Im di tepi laut, Patung Buddha empat wajah, yang berada di depan klenteng Sanggar Agung dan tiruan bangunan Temple of Heaven di Beijing, China.

Food Court Semi Outdoor KenPark
Di area food court terbuka (semi outdoor), pengunjung bisa mencoba naik sepeda becak yang dikayuh oleh penumpangnya sendiri. Sepeda becak ini bisa dinaiki dua orang dewasa dan satu anak. Dengan naik sepeda becak ini pengunjung bisa mengelilingi lokasi yang tersedia selama 30 menitan dengan harga Rp 5000,-perorang.

Di food court KenPark juga tersedia aneka makanan khas Kenjeran seperti Kupang Lontong, Sate Kerang dan Es Degan. Selain itu juga ada Soto Ayam, Bakso dan kuliner yang lainnya. Semua makanan bisa dinikmati di tempat sambil memandang laut lepas.

Di sana sudah tersedia kursi, meja, bahkan untuk duduk lesehan yang di bawahnya sudah diberi tatakan karpet sehingga pengunjung bisa langsung menikmati makanan yang dipesan. Untuk  yang hobi berbelanja, juga tersedia aneka krupuk  ikan, melinjo, terung, lurjuk, kulit ikan, kentang dan lainnya. 


Belum lengkap rasanya apabila Anda belum mencoba untuk mengunjungi Pantai Kenjeran Lama dan Kenjeran Baru karena kedua lokasi wisata itu memiliki daya tarik sendiri-sendiri. Dan jangan lupa membeli aneka cendera mata (souvenir) khas Kenjeran nan  cantik untuk oleh-oleh orang yang Anda kasihi di rumah. 


Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar