twitter

Pages

Kamis, 08 Desember 2016

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Praktik Meracik Minuman

Belajar Meracik Minuman Bersama Yoseph Agung Priyo Widodo

12 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III Praktik Meracik Minuman di Mini Bar Kampus

PADA hari Rabu (07/12/2016), 12 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester III praktik meracik minuman dengan didampingi Yoseph Agung Priyo Widodo, Dosen mata kuliah Bar I di Mini Bar Lantai 4 Gedung Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

Yoseph, sapaan karibnya, mendampingi anak didiknya membuat enam resep minuman seperti yang tersaji pada buku ajar Bar I, yakni Lychee Tea, Coffee Cappucino, Margarita, Tom Collin, Long Island dan Wiskey Sous.

12 mahasiswa tersebut dibagi dalam tiga kelompok masing-masing beranggotakan 4-5 orang. Kelompok I anggotanya terdiri dari Valentina Febricha, Dinda Debby Natalia, Levin Sugianto dan Rochim.  Kelompok I mendapat tugas membuat Lychee Tea dan Coffee Cappucino.

Sedangkan anggota Kelompok II meliputi Rizky Alfianto, Regita Klara Kinanti, Angela Merici Intan, Glenn Chaniago dan R. Nadhif Febrian Yudhistira, kebagian tugas meracik minuman Margirita dan Tom Collin. Sementara itu, mahasiswa yang tergabung di Kelompok III adalah Fikri Haekal, Koko Fitri Hariyanto dan Nur Sakinah Septiani. Kelompok III ditugasi dosen meracik minuman Long Island dan Wiskey Sour.

Sebelum praktik meracik minuman di mini bar kampus, Rabu (7/12/2016), Yoseph antara lain memperkenalkan minuman non alkohol (aneka juice) dan alkohol. Khusus untuk minuman beralkohol termasuk jenis-jenis spirit seraya menunjukkan beberapa botol minuman yang telah tersedia di meja mini bar kepada mahasiswa.

Untuk kelompok minuman beralkohol misalnya rum, vodka, gin, tequila, triple sec, bourbon, whisky, scoth, dry vermouth, sweet vermouth, lime juice dan grenadine. Sedangkan jenis-jenis spirit (termasuk juga minuman beralkohol) adalah whisky, vodka, cognac (brandy), gin, rum, tequila, absinthe, akvarct, liqueur dan bitter.

Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan aneka juice antara lain orange juice, pineapple juice, cranberry juice, sweet & sour dan grape fruit juice. Juga beberapa jenis wine (anggur). Di bar juga harus tersedia air mineral dan ice cube.

Yoseph juga menunjukkan peralatan yang wajib tersedia di bar mulai aneka jenis gelas (glassware), meja, ice maker, tools bar seperti shacker, blender, bottle opener, wine opener, stainer, bar spoon. Selain itu ada rak gelas, stow, deterjen, korek api, alat tulis kantor (stationaries) seperti captain order, kertas, drink list, ball point.

Dalam kesempatan itu Yoseph juga mengambil contoh minuman beralkohol yang dituang dalam gelas piala untuk dicium aromanya oleh mahasiswa. Dari aroma alkoholnya diharapkan mahasiswa tahu jenis-jenis (nama) minuman termasuk merek dagangnya. Sehingga saat meracik minuman yang dipesan kastemer, mereka tidak keliru saat menyajikan minuman itu kepada tamu atau pengunjung bar.

Secara umum kegiatan tersebut bertujuan mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri perhotelan. Hal ini sekaligus untuk membandingkan antara teori dan praktik di kelas dengan praktik nyata di dunia kerja. Oleh karena itu, dalam meracik minuman yang ada di buku ajar Bar I, semuanya mengacu pada standard operational procedure (SOP) di industri perhotelan.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar