twitter

Pages

Senin, 19 Desember 2016

Dosen Prodi UPW Akpar Majapahit Didorong Buat Paket Wisata Belanja



Pesatnya Pertumbuhan Pusat-Pusat Grosir di Kota Pahlawan

 Ir Juwono Saroso MM Dorong Dosen Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Buat Paket Wisata Belanja

DIREKTUR Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM mendorong Dosen D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit untuk membuat paket wisata belanja seperti di Singapura, menyusul pesatnya pertumbuhan pusat-pusat grosir di Kota Pahlawan, Surabaya, akhir-akhir ini.

Gagasan itu tercetus setelah dirinya membaca kisah perjalanan dua mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Semester III –Olga Claudia dan Rocky Alexander-- yang dipercaya Drs Gatot Harjoso, Dosen Luar Biasa Basic Guiding dan Guiding Technics menjadi tour guide junior (pemandu wisata) rombongan wisatawan dari Riau dalam program tur 5 Day 4 Night (5D4N).

Kedua mahasiswa ini dipercaya mendampingi rombongan sebanyak 58 orang yang mengikuti kegiatan bertajuk Studi Banding Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Ukui, Pelalawan, Riau di  Malang dan Surabaya, pada tanggal 12-16 Oktober 2016 lalu.

Salah satu spot wisata yang menginspirasi Juwono dan meminta Dosen Prodi UPW Akpar Majapahit mengemas paket wisata belanja, karena rombongan wisatawan dari Riau, ketika itu, sempat diantar belanja ke pusat kerajinan sepatu dan tas Tanggulangin oleh tour leader (TL), Gatot Harjoso bersama tour guide junior-nya

Tidak hanya itu, pada agenda wisata Surabaya City Tour termasuk menyeberang ke Pulau Madura melalui Jembatan Suramadu, beberapa spot wisata yang didatangi wisatawan dari Riau ini antara lain Kebun Binatang Surabaya (KBS), berfoto bareng di Patung Suro & Boyo (di depan KBS), menyusuri pusat kota Surabaya dan mengunjungi Museum House of Sampoerna (HoS) di kota lama Surabaya.

Setelah puas keliling Surabaya dan menikmati puluhan koleksi Museum House of Sampoerna (HoS), rombongan melanjutkan perjalanan ke Madura lewat Jembatan Suramadu untuk melihat dari dekat kegiatan sehari-hari perajin batik khas Madura di Bangkalan. 

Usai melihat dari dekat aktivitas pembatik tradisional di Bangkalan, rombongan melanjutkan perjalanan untuk menikmati sajian santap siang (lunch) di Restoran Bebek Sinjay yang sajian nasi bebeknya sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner Nusantara.

Puas menikmati gurihnya bebek Sinjay dengan sambal pencit (mangga muda) dan lalapan, rombongan kembali ke Surabaya untuk menghadiri wisata belanja di ITC Mega Grosir (depan Pasar Atum Surabaya). 

Di ITC Mega Grosir Jl Gembong, tersedia berbagai kebutuhan rumah tangga, aneka koleksi baju modern, busana muslim, sepatu, sandal, tas, kosmetik, koleksi arloji, handphone  tipe terbaru hingga home appliances dengan harga grosir (partai) maupun ritel (eceran). 

”Nah, rombongan wisatawan dari Riau yang diajak ke salah satu pusat grosir di Surabaya, tentu menarik untuk dikemas dalam bentuk paket wisata belanja secara khusus. Saya optimistis paket wisata belanja seperti ini layak jual dan tidak ada salahnya jika ditawarkan kepada wisatawan domestik dari luar Jawa,” cetus Juwono Saroso kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dalam kesempatan terpisah, lanjut Juwono, gagasan ini juga sudah di-sharing-kan kepada Drs Gatot Harjoso, yang selama ini antusias membekali anak didiknya terutama mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit menjadi seorang pemandu wisata (tour guide) dan pelaku bisnis tour & travel yang andal dan professional. 

Gatot Harjoso yang sehari-hari juga menjadi Direktur Vivo Tour & Travel, sebuah Biro Perjalanan Wisata (BPW) di Surabaya, menyatakan kesiapannya membuat paket wisata belanja seperti harapan Direktur Akpar Majapahit Ir Juwono Saroso MM.

”Gagasan yang dilontarkan beliau layak kita apresiasi mengingat Surabaya saat ini telah menjelma menjadi pusat perkulakan yang melayani konsumen baik dari Jatim sendiri maupun Kawasan Timur Indonesia (KTI) dengan harga kompetitif dan kualitas baik,” kata Gatot Harjoso kepada kru www.culinarynews.info, sebelum melepas rombongan mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit study tour ke Kota Wisata Batu, Sabtu (03/12/2016) pagi. 

Sekadar informasi, Walikota Surabaya Tri Rismaharini mendorong pelaku usaha di Surabaya menyukseskan event tahunan Surabaya Great Sales (SGS), yang dihelat selama sebulan penuh, terkait dengan rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Pahlawan yang diperingati setiap tanggal 31 Mei.

SGS didukung sejumlah pengelola pusat perbelanjaan di Surabaya, mulai Jembatan Merah Plaza (JMP), Kapas Krampung Plaza (Kaza), International Trade Centre (ITC) Mega Grosir, Pusat Grosir Surabaya (PGS) Pasar Turi, BG Junction Blauran, Tunjungan Plaza (TP), Surabaya Plaza, Marvel City Ngagel, Darmo Trade Centre (DTC) Wonokromo, Plaza Surabaya, Giant Hypermart, City of Tomorrow (Cito), Surabaya Town Square (Sutos), Ciputra World (CW), Golden City Mall (Goci), hingga Pakuwon Trade Centre (PTC) di Kawasan Surabaya Barat.

Perhelatan SGS juga didukung oleh sejumlah anchor tenant seperti Sogo Department Store, Metro Department Store, Matahari Department Store, Hypermart, Carrefour, Cahya Department Store, Ramayana, dan tenant-tenant kecil menengah yang lainnya.

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031)8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar