twitter

Pages

Selasa, 22 November 2016

Mahasiswa D3 Prodi UPW Akpar Majapahit Semester I Sambangi House of Sampoerna



Untuk Mengaplikasikan Mata Kuliah Basic Guiding

Mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata Akpar Majapahit Semester I Sambangi ”House of Sampoerna”

DEMI mengaplikasikan mata kuliah Basic Guiding yang diajarkan oleh Gatot Harjoso, Dosen Akpar Majapahit, 11 orang mahasiswa D3 Prodi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Akpar Majapahit Surabaya, mengunjungi Museum House of Sampoerna (HoS), Sabtu (12/11/2016) lalu.

Museum HoS itu merupakan salah satu ikon objek wisata yang ada di Kota Pahlawan. Lokasinya di kawasan Jembatan Merah (kota lama Surabaya), yang telah ditetapkan Pemkot Surabaya sebagai salah satu bangunan cagar budaya, yang keberadaannya wajib dipelihara dan dilestarikan sebaik-baiknya.

11 mahasiswa yang mengikuti Praktik Basic Guiding di Museum House of Sampoerna (HoS) itu adalah Alfin Dwi Ardandi, Astri W. Oqtavia, Joniarto Ngadu B., Nabilah Salsabila, Nurul Hamida, Dicky Tri D., Rusydi Fawaid, Sheila Donita, Sofyan Efendi, Tasya Novita dan Zakaria Latuputty.

Kehadiran mahasiswa ke Museum HoS di dampingi dosen pembimbing, Gatot Harjoso yang memandu anak didiknya melihat langsung bagaimana tugas seorang tour guide yang professional saat memandu wisatawan.

Nah, untuk memudahkan pelaksanaan di lapangan, rombongan mahasiswa D3 Akpar Majapahit tersebut dibagi dua kelompok. Kelompok I yang terdiri dari tujuh orang –diposisikan sebagai turisnya-- naik bus pariwisata yang disediakan pihak HoS untuk tur keliling kota (city tour) dengan dipandu Bagus, staff HoS, sebagai local guide-nya.

Bus berangkat dari area parkir Museum HoS Jl Taman Sampoerna menyusuri jalan Jembatan Merah, Veteran (Polrestabes Surabaya), Pahlawan (Kantor Gubernuran), Gemblongan, Tunjungan (Siola, dan Hotel Majapahit), Grahadi, Balai Pemuda (Jl. Gubernur Suryo),  Taman Bambu Runcing (Panglima Sudirman), Urip Sumohardjo, Raya Darmo.

Selanjutnya bus pariwisata memutar balik di depan Kebun Binatang Surabaya, kembali ke Raya Darmo (Museum Bank Indonesia, dulu Museum Mpu Tantular), menuju  Urip Sumohardjo, Basuki Rakhmad (Patung Sapi), Embong Malang, Blauran, Bubutan, Indrapura, Rajawali kembali ke home base di Museum HoS Jl Taman Sampoerna. Spot yang dikunjungi mahasiwa adalah Museum Bank Indonesia (BI) di Jl. Raya Darmo.

Sementara itu, Kelompok II yang terdiri dari lima mahasiswa –diposisikan sebagai wisatawannya-- bersama Gatot Harjoso, dosen pembimbing dengan dipandu local guide dari HoS, Ilham, fokus meng-explore koleksi yang ada di dalam Museum HoS.

Menurut Ilham,  Museum Sampoerna atau yang lebih dikenal publik dengan nama House of Sampoerna (HoS) adalah sebuah museum yang terletak di Surabaya lama. Bangunan yang bergaya kolonial Belanda dengan 4 pilar besar yang bertengger di depan gedung utama. Bangunan megah bergaya kolonial Belanda yang dibangun sekitar tahun 1862. Saat ini merupakan situs bersejarah yang dilestarikan.

Awalnya bangunan ini merupakan panti asuhan putra yang dikelola oleh pemerintah Belanda. Lalu, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna pada 1932, dan dijadikan tempat pertama produksi rokok Sampoerna.
Tidaklah sulit sebenarnya akses menuju House of Sampoerna (HoS) yang beralamat di Jl Taman Sampoerna 6, Surabaya. Ini karena letaknya yang berada di tengah Kota Surabaya. Walaupun harus masuk gang terlebih dahulu, namun sepanjang gang tersebut banyak plakat-plakat penunjuk arah menuju Museum HoS.
Di kompleks museum ini terdiri dari beberapa gedung. Gedung yang paling besarlah yang dijadikan museum dan dijadikan tempat produksi salah satu merek rokok yaitu Dji Sam Soe. Ada dua gedung lagi yang tepat berada di samping kanan dan kiri gedung utama.
Gedung sebelah kanan yang dijadikan rumah tinggal Keluarga Sampoerna. Sebelah kiri dijadikan cafe dan tempat galeri seni yang unik. Tepat di samping kanan gedung Auditorium terparkir mobil mewah keluaran Inggris, Rolls Royce, yang dipergunakan oleh keluarga Sampoerna.
Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin bergabung dengan civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar