twitter

Pages

Minggu, 20 November 2016

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Saksikan Demo Meracik Mocktail



Yang Tercecer dari Acara Table Manner di Cendana Hotel

14 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I Saksikan Demo Meracik Cocktail dan Cara Membuat Kopi

SEKALI merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Pepatah ini nampaknya pas untuk menggambarkan aktivitas mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Semester I, ketika menghadiri acara Table Manner di Cendana Hotel Jl. Kombes Pol M. Duryat No. 6 Surabaya pada Jumat (18/11/2016), akhir pekan lalu.


Selain mengikuti acara utama yakni praktik Table Manner di hotel berbintang, 14 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit itu juga memperoleh tambahan ilmu tentang tata cara meracik minuman (cocktail) dari Adam Suhendra, staff Food & Beverage Service (FBS) yang bertugas di Kenzie Resto Cendana Hotel.

Dalam kesempatan itu, Adam mendemontrasikan bagaimana teknik meracik dua resep cocktail yang sehat dan menyegarkan di hadapan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit, yakni blue sky soda dan inem pelayan seksi

”Sebetulnya, masih ada satu resep minuman non alkohol lagi yang juga menjadi andalan kami yakni mama minta pulsa, tetapi tidak sempat kami demokan di hadapan mahasiswa karena waktunya sudah masuk acara Table Manner,” kata Dhanu Setiadji,  Head Chef Cendana Hotel kepada kru www.culinarynews.info, Jumat (18/11/2016),  pekan lalu.

Sebelum demo meracik minuman non alkohol (cocktail), Adam juga mengajari mahasiswa bagaimana membuat aneka minuman berbasis kopi ala café dengan mengaplikasikan alat canggih coffee maker. Dengan memanfaatkan mesin coffee maker seperti ini, Anda bisa meracik sendiri coffee cappuccino atau coffee latte yang bercitarasa tinggi dan harum aroma kopinya.

14 mahasiswa yang menyaksikan demo meracik minuman itu adalah A. Agus Triawan, Amanda Citra, Dhesy Hanifah, Eva Titania, Elmy Herdian, Fikky Eka, Hanna Sasmitha, John Jesaya, Lita Noveta, M. Dicky Hardiawan, Nikko Rikky, Novi Fitriani, Putra Wahyu dan Veby Anastasia.
 
Tidak hanya menyaksikan demo meracik minuman (cocktail) yang disuguhkan oleh staff FBS di Kenzie Resto Cendana Hotel, namun lebih dari itu, mahasiswa juga bisa melihat langsung praktik housekeeping –menata dan mengganti bed cover—di kamar hotel  yang ditampilkan staff hotel tersebut. 

Tidak hanya diajari cara mengganti bed cover, mahasiswa juga bisa bertanya langsung kegiatan staff hotel bagian housekeeping tentang bagaimana kiat mereka dalam menjaga kamar hotel agar senantiasa bersih dan nyaman, sesuai standard operation procedure (SOP) di industri perhotelan.

Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit di hotel bintang tiga, pagi itu, di dampingi dua dosen pembimbing yakni R Paulus W. Soetrisno M.Par (Kaprodi D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit) dan Peter ST.Par (Dosen Food Product dan Banquet).

Kehadiran rombongan mahasiswa Akpar Majapahit di hotel yang sudah beroperasi 15 tahunan itu mendapat sambutan hangat dari General Manager (GM) Cendana Hotel Juli Rianto, Sales & Marketing Manager Andri, Food & Beverage (F&B) Product Manager Dhanu Setiadji (Head Chef), dan Supervisor Housekeeping Yoseph Febrian, Supervisor Engineering Rahmad Hidayat, Supervisor Front Office (FO) Nova Rahman di lobi hotel tersebut.

Sebuah rangkaian acara yang betul-betul sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Diharapkan pengalaman empiris ini kelak bisa dijadikan bekal mahasiswa –setelah mereka lulus kuliah tentunya-- untuk menerjuni dunia kerja di industri perhotelan dan pariwisata. Semoga. 

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar