twitter

Pages

Sabtu, 19 November 2016

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Praktik Table Manner di Cendana Hotel



Upaya Aplikasikan Teori dengan Praktik di Industri Perhotelan

14 Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Semester I Praktik Table Manner di Cendana Hotel

DEMI lebih mendekatkan diri mahasiswa dengan dunia kerja di industri pariwisata dan perhotelan, 14 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akademi Pariwisata (Akpar) Majapahit Semester I menghadiri acara Table Manner di Cendana Hotel Jl. Kombes Pol M. Duryat No. 6 Surabaya pada Jumat (18/11/2016).

Kedatangan rombongan mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit ke hotel bintang tiga, pagi itu, di dampingi dua dosen pembimbing yakni R Paulus W. Soetrisno M.Par. dan Peter ST.Par. 14 mahasiswa itu adalah A. Agus Triawan, Amanda Citra, Dhesy Hanifah, Eva Titania, Elmy Herdian, Fikky Eka, Hanna Sasmitha, John Jesaya, Lita Noveta, M. Dicky Hardiawan, Nikko Rikky, Novi Fitriani, Putra Wahyu dan Veby Anastasia.

Kedatangan rombongan mahasiswa Akpar Majapahit di hotel berbintang tiga yang sudah beroperasi 15 tahunan itu mendapat sambutan hangat dari General Manager (GM) Cendana Hotel Juli Rianto, Sales & Marketing Manager Andri, Food & Beverage (F&B) Product Manager Dhanu Setiadji (Head Chef), dan Supervisor Housekeeping Yoseph Febrian, Supervisor Engineering Rahmad Hidayat, Supervisor Front Office (FO) Nova Rahman di lobi hotel tersebut.

Selanjutnya mahasiswa diajak ke tempat acara di Kenzie Resto untuk mengikuti acara seremonial penyambutan. Sebelum meninjau fasilitas hotel dan mengikuti acara inti Table Manner, yang dipandu langsung oleh GM Cendana Hotel Juli Rianto dan Head Chef Dhanu Setiadji, rombongan mahasiswa tersebut diberikan kesempatan rehat sambil menikmati segarnya es lemon, teh atau hangatnya kopi dan makanan ringan yang disajikan.

Acara selanjutnya, mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit diajak meninjau sejumlah fasilitas hotel oleh Supervisor Housekeeping Yoseph Febrian dan jajarannya di dampingi dua staf Sales & Marketing, Olivia dan Luky. Layanan dan fasilitas hotel yang disambangi mahasiswa antara lain Room Hotel (Standard, Sweet dan Deluxe) di lantai 7 dan fasilitas Ballroom di lantai 8 (masih tahap renovasi), Office Room di lantai 2 dan Front Office (FO) di area lobi hotel. 

Sementara itu saat melihat-lihat fasilitas kamar hotel di lantai 7, mahasiswa juga ditunjukkan bagaimana petugas housekeeping menata bed cover dan cara membersihkan kamar sesuai Standard Operation Procedure (SOP). Selain itu, mahasiswa juga ditunjukkan Ballroom berkapasitas 500-1000 orang di lantai 8 yang saat ini masih dalam tahap renovasi.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa juga diajak melihat-lihat fasilitas Office Room di lantai 2,  tata cara reservasi kamar hotel, check in dan check out hotel di Front Office sekalian tanya jawab dengan petugasnya langsung. Mahasiswa juga melihat dari dekat fasilitas dapur (Main Kitchen) dengan dipandu Head Chef Dhanu Setiadji dan terakhir menyaksikan demo cara meracik dua macam minuman (cocktail) di restoran (Kenzie Resto) yang dibawakan Adam Suhendra.

Usai keliling hotel, Panitia kembali mengajak mahasiswa untuk mengikuti acara inti Table Manner Akpar Majapahit di Cendana Hotel yang dihelat sekitar pukul 11.00 hingga 13.30-an.  Acara tersebut dipandu langsung oleh GM Cendana Hotel Juli Rianto bersama Head Chef Dhanu Setiadji.

Sementara itu R. Paulus W. Soetrisno M.Par (Kaprodi D3 Perhotelan Akpar Majapahit dan Peter St.Par (Dosen Banquet dan Food Service Akpar Majapahit, proaktif mendampingi mahasiswanya mengikuti rangkaian kegiatan table manner

Menurut Juli Rianto, pengertian umum table manner adalah tata cara dan etika dalam perjamuan makan. Biasanya orang yang menghadiri acara table manner di hotel atau Kantor Walikota Surabaya, misalnya, sudah lebih dulu mendapat undangan dari Panitia (pihak yang punya hajat).

Atas dasar undangan itu, pihak tamu sudah tahu kapan waktu hajatan itu digelar, dress code-nya apa (bisa mengenakan busana batik atau stelan jas) dan sebagainya. Saat hadir di tempat jamuan makan, sikap duduk juga mesti diperhatikan dan dijaga yakni duduk tegak dengan sikap sempurna. 

Kedua tangan juga tidak diperkenankan menempel di meja. Bicara pun juga harus diatur sedemikian rupa dan tidak boleh terlalu keras karena aturan ini terkait dengan etika sebuah jamuan makan resmi.

Pada acara table manner, meja makan sudah di-set up untuk jamuan makan resmi. Ada gelas piala, berbagai ukuran sendok (sendok makan, sendok garpu dan sendok sup), pisau, napkin (celemek), dan tissue.

Keberadaan napkin (celemek) biasanya ditaruh di paha tamu. Saat tamu menikmati makanan yang disajikan, celemek ini boleh dipakai untuk membersihkan mulut jika ada sisa makanan yang masih menempel. 

”Sekalipun di meja makan sudah tersedia tissue, napkin atau celemek tetap boleh dipakai membersihkan mulut karena SOP-nya memperbolehkan hal itu atas pertimbangan faktor higienis dan etika,” terang Juli Rianto saat sesi tanya jawab dengan mahasiswa Akpar Majapahit.

Sedangkan 3-4 orang anggota tim dari Food & Beverage Service (FBS) juga tampak sibuk menyiapkan menu lengkap jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western) untuk Table Manner. Menu lengkap itu meliputi  Butter & Bread (B&B) dengan menyajikan Butter Roll, Amuse Bouche (Appetizer), Spinach Vs Pumpkin with Chicken Cream Soup (Soup), Grill Marinetted Deep Moshed Potato & Butter Battonet Vegetable with  Chef Sauce (Main Course) dan Banana Curry with Strawberry & Chocolate Sauce Ice Cream Vanilla (Dessert). 

B&B berupa Butter Roll disajikan untuk menunggu acara jamuan makan yang sesungguhnya. B&B biasanya berupa seiris roti tawar dan butter (mentega) yang disajikan di atas lepek dan sudah dilengkapi sebuah pisau kecil untuk mengoleskan butter ke cuilan roti.

Menginjak ke acara jamuan makan siang ala Barat (Lunch Western), menu makanan pembuka (Appetizer) yang disajikan adalah Amuse Bouche. Untuk menyantap Appetizer berukuran mini ini, tamu bisa menyantapnya langsung karena sudah tersaji di sendok makan. Makanan pembuka ini sifatnya tidak mengenyangkan dan diharapkan bisa merangsang nafsu makan tamu untuk menikmati sajian menu berikutnya.

Menu yang kedua adalah Spinach Vs Pumpkin with Chicken Cream Soup (Soup). Untuk menikmati sup yang lezat  ini, Anda bisa menggunakan sendok sup yang tersedia di meja. Sedangkan menu utama Grill Marinetted Deep Moshed Potato & Butter Battonet Vegetable with  Chef Sauce (Main Course)-nya dan sebagai makanan penutup (Desset)-nya adalah Banana Curry with Strawberry & Chocolate Sauce Ice Cream Vanilla.

Pada sesi tanya jawab, GM Cendana Hotel Juli Rianto juga memberikan cendera mata cantik kepada dua mahasiswa, tiga voucher makan malam (untuk dua orang) kepada dua mahasiswa dan satu dosen pembimbing karena jawabannya benar sempurna. 

Sebuah rangkaian acara yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Diharapkan pengalaman empiris ini kelak bisa dijadikan bekal mahasiswa –setelah mereka lulus kuliah tentunya-- untuk menerjuni dunia kerja di industri perhotelan dan pariwisata. Semoga. 

Nah, Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar