twitter

Pages

Senin, 25 Juli 2016

Chef Otje H. Wibowo Ajarkan Cara Buat Terang Bulan dan Martabak Telur



Kursus Pastry di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit
A
Chef Otje H. Wibowo Berbagi Cara Buat Terang Bulan dan Martabak Telur

MATERI pelatihan membuat terang bulan dan martabak telur di Laboratorium Praktik Akpar Majapahit Jl  Raya Jemursari No. 244 Surabaya, sampai saat ini masih banyak diminati konsumen dan sangat cocok untuk buka usaha rumahan.

Untuk kali kesekian, Laboratorium Praktik Akpar Majapahit menjadi jujukan peserta kursus membuat terang bulan dan martabak yang diasuh oleh Chef Otje H. Wibowo, instruktur dari Akpar Majapahit.

Pelatihan yang dihelat pada Sabtu (23/07/2016), diikuti tujuh orang peserta. Mereka adalah Fetri Wiryanto (Solo), Budi Santoso Purnomo (Surabaya), Vincent Han (Surabaya), Andreas Andre Marusadi (Gresik), Wahyunik (Surabaya), Winarto Cahyo P. (Lamongan) dan Maharani (Surabaya).

Di antara peserta kursus itu ada yang sudah melayani order secara online system maupun by phone dari rumah, seperti yang dilakukan Budi Santoso Purnomo dan Vincent Han. Namun sebagian besar peserta tertarik ikut pelatihan membuat terang bulan dan martabak telur karena ingin buka usaha yang dinilai sangat menjanjikan tersebut.

Makanya, peserta dari luar kota, seperti Fetri Wiryanto (Solo), Andreas Andre Marusadi (Gresik) dan Winarto Cahyo P. (Lamongan), nampak bersemangat saat mengikuti materi kursusan itu sejak awal hingga akhir.

Sebelum praktik membuat terang bulan dan martabak telur, chef Otje H. Wibowo lebih dulu menjelaskan seputar bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat terang bulan dan martabak telur, peralatan serta cara pembuatannya.

Untuk membuat terang bulan yang legit dengan toping menarik, bahan untuk adonannya antara lain tepung terigu (kadar protein sedang), gula, garam, kuning telur, air, vanilla pasta dan baking powder.

Cara membuatnya: (1). Ayak tepung, campurkan gula dan garam, aduk rata, (2). Tambahkan kuning telur dan air, aduk rata, (3). Tambahkan vanilla pasta, aduk hingga 10 menit, (4). Diamkan adonan selama satu jam, (5). Larutkan baking powder dengan air secukupnya, masukkan ke dalam adonan, aduk rata dan (6). Adonan siap digunakan.

Selain itu, peserta juga dikenalkan bahan isi dan taburan, yakni butter wisjman (mentega), gula pasir, mesis, keju cheddar dan susu kental manis (SKM). Jika ingin menambah aneka taburan lainnya bisa menggunakan kacang tanah, kacang hijau, ketan hitam dan pisang raja.

Materi selanjutnya adalah membuat martabak telur. Pertama, chef Otje, sapaan akrabnya, mengajarkan teknik membuat kulit martabak. Bahannya adalah tepung terigu (kadar protein tinggi di atas 13 persen), garam secukupnya, telur, air dan mentega.

Cara membuatnya: (1). Ayak tepung, lalu aduk dengan garam hingga rata, (2). Tambahkan air, aduk hingga setengah kalis, (3). Tambahkan mentega, aduk hingga kalis, (4). Timbang adonan @ 60 gram, bulatkan, (5). Rendam adonan dengan minyak goreng, dan (6). Istirahatkan adonan selama 30 menit sebelum digunakan.

Kedua, peserta diajarkan cara membuat bahan isi martabak, yang bumbunya meliputi cabai besar, bawang putih, jahe bubuk, kunyit bubuk, ketumbar, cengkih, pala bubuk, kayu manis bubuk, jinten, kapulaga, pekak dan daging sapi yang telah dipotong dadu kecil-kecil.

Cara membuat bahan isi martabak: (1). Bumbu di-blender/dihancurkan jadi satu, (2). Bumbu ditumis dengan sedikit mentega hingga beraroma wangi, tambahkan potongan daging sapi, tumis hingga matang dan bumbunya meresap. Sedangkan bahan lainnya yang biasa ditambahkan untuk isi martabak adalah bawang prei, telur dan minyak goreng.

Nah, jika Anda tertarik menjadi peserta pelatihan kewirausahaan, silakan menghubungi Laboratorium Praktik Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar