twitter

Pages

Sabtu, 18 Juni 2016

Chef Haris Suseno Ajarkan Teknik Membuat Ayam Goreng Ala Kanton



Kisah Nuraini dan Any Farida, Kursus Masak di  Tristar Institute
A
Chef Haris Ajarkan Teknik Membuat Ayam Goreng ala Kanton, Ayam Madu, Ayam Rosemary dan Bistik Galatine  

TERMOTIVASI untuk menambah ragam menu baru selama Bulan Suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1437 H di rumah makan yang dikelolanya di kawasan Gresik Kota Baru (GKB), Nuraini dan Any Farida --ibu dan anaknya— ini kompak mengikuti kursus private masak Ayam Goreng ala Kanton, Ayam Madu (Honey Roasted Chicken), Ayam Rosemary dan Bistik Galatine di Akpar Majapahit.


Pengelola rumah makan Ayam Kremes Hidayat (belakang Giant Hypermarket) Jl Brotonegoro Barat No. 15, Gresik Kota Baru ini, praktik masak secara private dengan dipandu langsung oleh instruktur Tristar Institute Haris Suseno bersama asistennya Abdul Rozy, di Laboratorium Praktik Tristar Institute Jl  Raya Jemursari No. 234 Surabaya, Senin (13/06/2016).

Kepada kru www.culinarynews.info, Nuraini menuturkan, tekadnya belajar membuat Ayam Goreng ala Kanton, Ayam Madu, Ayam Rosemary dan Bistik Galatine kepada  ahlinya di Tristar Institute, karena pihaknya ingin ”menggoyang” Gresik Kota Baru dengan menu-menu baru yang enak dengan harga terjangkau yang disuka konsumen.

Wanita paro baya ini bertekad membuat sajian Ayam Goreng ala Kanton, Ayam Madu, Ayam Rosemary dan Bistik Galatine yang berbeda dengan yang ada di kawasan Gresik, baik dari aspek cita rasa, tekstur maupun cara penyajiannya, setelah dirinya belajar di Tristar Institute.

”Saat ini, saya baru membuka rumah makan di Gresek Kota Baru, dengan  menyajikan ayam kremes, gurami bakar, gurami kremes, patin bakar, patin kremes, aneka penyetan (ayam, ikan dan tempe) dengan sambalan (sambal terasi dan sambal cabai hijau),” ujar Nuraini di dampingi putrinya Any Farida, di sela kursus private.

Dalam kesempatan itu, Chef Haris menjelaskan, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Ayam Goreng ala Kanton, Ayam Madu, Ayam Rosemary dan Bistik Galatine.

Untuk membuat Ayam Goreng ala Kanton, misalnya, butuh bahan  ayam broiler, jeruk nipis, ngohyong, star anise, pewarna makanan kuning, garam, air, bebeko, chicken powder, jahe, cengkih dan kayu manis.

Selain itu, ada juga bahan isian perut ayam yakni bawang putih, bawang merah, bawang prei, garam, merica bubuk, ngohyong, jahe, cabe merah, kayu manis, cengkih dan bunga bawang. Sedangkan untuk bahan cocolannya adalah ngohyong, vetcin dan garam.

Selain Ayam Goreng ala Kanton, peserta juga belajar membuat Ayam Madu dengan menggunakan bahan sebagai berikut ayam ras, bawang putih, bawang merah, madu, asam, gula merah, merica, jahe, ketumbar, garam, penyedap, pewarna makanan red yellow dan air.

Resep masak ketiga adalah membuat Ayam Rosemary. Bahan yang dibutuhkan adalah dada ayam, sedangkan untuk membuat marinasinya maka bahan yang diperlukan adalah white wine, olive oil, basil, rosemary, bawang putih, garam dan merica secukupnya. Sementara itu untuk membuat sausnya, bahan yang dibutuhkan adalah  tepung, kaldu ayam, garam dan merica secukupnya.

Untuk resep masak yang terakhir yakni membuat Bistik Galatine, maka bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi roti tawar plus kulitnya, susu cair tawar, daging sapi, bawang bombay, bawang putih, pala parut halus, bubuk merica hitam, kecap asin, saus tiram, telur, gula pasir dan garam.

Sementara itu untuk membuat sausnya, maka bahan yang dibutuhkan adalah margarine, bawang bombay, bawang putih, merica bubuk, cengkih, kayu manis, pala parut halus, kecap manis, saus tomat, saus tiram, gula Jawa, air kaldu, maizena, garam dan irisan daun bawang.

Nah, jika Anda tertarik menjadi peserta kursus memasak di Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Tristar Institute, silakan menghubungi Tristar Institute cq Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-5, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar