twitter

Kursus di Surabaya

Tristar Jemursari
Telp: 031- 8480821-22.
031-8433224-25.
Simpati: 0813 3200 3300.
Satelindo: 085731804143
XL: 0817321024.
PIN BB: 2B4E0E95
Jln. Raya Jemursari 234 & 244.

Pages

Kamis, 26 Mei 2016

D1 Foodpreneur - Lulus Kuliah Langsung Buka Usaha



Tristar Machinery Sediakan Aneka Peralatan Masak Berkualitas

Cetak Calon Pengusaha Makanan, Politeknik Surabaya Buka Program Studi Foodpreneur dengan Jenjang Setara D1

POLITEKNIK SURABAYA, lembaga pendidikan baru di bawah jaringan usaha Tristar Group, membuka Program Studi (Prodi) Foodpreneur untuk Tahun Akademik (TA) 2017/2018, dengan jenjang pndidikannya setara D1 (satu tahun), D3 hingga S1 Teknologi Pangan.

Foodpreneur Program D1 selama satu tahun belajar industri makanan. Kelas dibuka mulai Oktober 2017. Mahasiswa mendapatkan sertifikat dari Politeknik Surabaya, kuliah praktik dengan Real Industrial Laboratory. Bisa lanjut ke jenjang pendidikian D3 dengan gelar AMd (Ahli Madya) hingga S1 Teknologi Pangan dengan gelar akademik STP.
 
Kuliah Usaha Kecil Menengah (UKM). Praktik kewirausahaan di setiap  Triwulan, Factory Visit dengan mengunjungi pabrik-pabrik pengolahan makanan. Kuliah Kerja Lapangan (KKL) di pabrik-pabrik skala menengah hingga besar.
 
Mahasiswa diajarkan mulai dari pemilihan bahan baku, pengetahuan bahan pangan, pengetahuan mengenai zat aditif (bahan pewarna, pengawet, anti oksidan, pengental, stabilizer, emulsifier, solubilizer, dan lain-lain) yang diperbolehkan dan kadar maksimum bahan tambahan pangan yang diizinkan Kementerian Kesehatan RI.

Proses produksi di laboratorium pangan skala industri (home industry) menggunakan mesin-mesin sederhana (atau biasa disebut teknologi tepat guna) yang biasa diaplikasikan oleh pelaku UKM. 

Mahasiswa juga diajarkan pengetahuan tentang proses pengawetan (produk tahan lama), proses pengemasan& design kemasan, cara menghitung HPP, pembukuan praktis UKM, pendaftaran izin PIRT, pendaftaran merek hingga pemasarannya.

Hasil produksi dalam kemasan ini bisa dijual di Toko Oleh-Oleh, Supermarket, Pasar Tradisional, untuk memasok Restoran, Hotel dan Catering.. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal kecil, tetapi bisa dikembangkan menjadi sebuah industri skala menengah hingga besar.


Mahasiswa Foodpreneur Program D1 selama satu tahun belajar industri makanan antara lain frozen food, permen, sirup, selai, natadecoco, kerupuk, keripik, snack, kecap, produk olahan susu (ice cream, yoghurt), minuman dalam kemasan, abon, dendeng, bumbu premix dan lain-lain.

Untuk mengapresiasi soft opening Politeknik Surabaya berkampus di Jl Kaliwaron No. 58-60 dan Raya Jermursari 234 Surabaya, salah satu unit usaha Tristar Group, yakni Tristar Machinery --menyediakan aneka peralatan masak berkualitas dengan harga terjangkau—siap men-support rencana tersebut. Hal ini demi mewujudkan impian Anda sebagai pengusaha makanan setelah lulus kuliah. 

Sekadar informasi, CV Tristar Machinery selain menyediakan alat pemotong roti tawar (bread slicer), juga berdagang aneka peralatan memasak lainnya seperti gas fryer, freezer, mesin presto bandeng duri lunak, oven, alat penapis minyak, mixer, blender, mesin pencetak bakso, mesin es krim, food processor

Aneka mesin dan peralatan masak yang ditawarkan Tristar Machinery kebanyakan adalah produksi China dan buatan Indonesia, sedangkan sisanya diimpor dari Jepang, Eropa dan Amerika Serikat (AS).

Dominasi produk China yang ditawarkan kepada pelanggan itu karena harganya sangat terjangkau, tetapi jika dibandingkan dengan produk buatan Jepang, terus terang kualitas produk Jepang berada jauh di atasnya. Hanya bedanya, harga peralatan masak buatan Jepang bisa terpaut sampai dua kali lipatnya dibanding harga produk sejenis dari China.

Memasuki Triwulan III tahun 2017 ini, permintaan berbagai jenis peralatan masak yang di-handle Tristar Machinery terus mengalir mulai mesin pencetak bakso, alat es puter manual, sausage stuffer (mesin filling sosis manual), mesin presto industri, freezer (mesin pendingin). food processor, blender, mixer, mini vacuum sealer, spiner, alat penapis minyak, cup sealer, hand sealer hingga continuous sealer

Setiap hari sedikitnya 10 calon konsumen yang datang langsung ke mari untuk mencari peralatan masak. Sedangkan calon konsumen lainnya terutama dari luar kota dan luar Jawa juga banyak yang menghubungi lewat telpon setelah mereka browsing internet. Selain tanya-tanya spesifikasi barang dan harganya, mereka juga menanyakan bagaimana pengiriman barang itu kalau pemesannya dari luar pulau.

Selain menanyakan spesifikasi barang dan harga, konsumen juga menanyakan layanan purna jual (after sales service) dan garansi pembelian. Menurut pihak Tristar Machinery, setiap produk yang dibeli ada garansi servis (sekitar 1 tahunan). Pembeli mesin presto industri juga mendapat spare part berupa satu buah seal karet untuk dipakai cadangan. 

Harga barang yang di-display di outlet Tristar Machinery hampir semuanya ada fasilitas diskonnya, maksimum 10 persen. Selain itu, untuk menarik pembeli, Tristar Machinery juga melayani jasa antar gratis di wilayah Surabaya dan sekitarnya, untuk pembelian dengan nilai tertentu.
”Sedangkan untuk pengiriman barang ke luar kota atau luar pulau, Banjarbaru (Kalsel), misalnya, pembeli dikenakan biaya ekspedisi yang besar kecilnya disesuaikan dengan jauh dekat alamat pelanggan dan ukuran (berat) barang yang akan dikirim,” tandas Sofyan, marketing CV Tristar Machinery kepada kru www.culinarynew.info.

Untuk informasi lebih lanjut seputar perkuliahan Foodpreneur Program D1 selama satu tahun dan sisik melik peralatan masak untuk usaha skala rumahan (home industry), Anda bisa menghubungi Tim Marketing Politeknik Surabaya Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar